TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM LEMBAGA BIMBINGAN HAJI DAN UMRAH: STUDI PADA KBIHU DI AREA YOGYAKARTA

Authors

  • Noor Hamid Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-03

Abstract

Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU) memiliki peran penting dalam penyelenggaraan proses ibadah haji dan umrah yang ada di Indonesia. KBIHU adalah kelompok yang menyelenggarakan bimbingan ibadah haji dan ibadah umrah yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama. Keberadaan KBIHU sangat diperlukan sebagai mitra pemerintah dalam membantu jemaah haji dan umrah untuk belajar dan mendalami manasik. Seiring peningkatan jumlah KBIHU di indonesia, terdapat beberapa persoalan yang dihadapi yang harus dipecahkan, diantaranya adalah semakin banyaknya jumlah KBIHU yang beroperasi membuat persaingan antar KBIHU tidak dapat dihindarkan, sementara kualitas pengelolaan KBIHU sampai saat ini juga belum bisa dikatakan baik, masih banyak pembimbing manasik haji yang kurang kompeten dan kurang profesional, usia pembimbing yang sudah tua, kondisi  jamaah haji atau umrah  yang masih awam, rata-rata belum memahami tentang aturan-aturan dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah, jemaah pemula belum pernah berangkat haji dan umrah, serta tingkat pemahaman ilmu keagamaan Islam yang beragam, menuntut KBIHU untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pembinaan dan bimbingan kepada jemaah haji dan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk memotret penyelenggaraan pengelolaan KBIHU yang ada di Yogyakarta dalam perspektif Total Quality Management. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan in depth interview, studi dokumentasi dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis tematik(thematic analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengelolaan KBIHU yang ada di Yogyakarta telah mengacu pada konsep TQM. Meskipun demikian beberapa indikator harus dapat ditingkatkan kembali. Diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan pembinaan dan bimbingan kepada jemaah haji dan umrah.

Keywords: Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, Total Quality Management, Yogyakarta

Abstract viewed: 680 times | PDF downloaded = 602 times

References

Adli. “Keberhasilan Penerapan SIA Sebagai Variabel Pemoderasi Atas Hubungan Komitmen Organisasional Dan Kinerja.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam 2, no. 2 (June 14, 2019): 127–42. https://doi.org/10.35836/jakis.v2i2.45.

Ahmad, Muchtar. “Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Dalam Pelayanan Rumah Sakit.” Artikel - Jurnal. Vol. 1, October 18, 2013. https://repository.ung.ac.id/hasilriset/show/1/116/analisis-manajemen-mutu-terpadu-tqm-dalam-pelayanan-rumah-sakit.html.

Anna. “KBIHU Nur Azizah.” 2019.

Anonim. “KBIHU Al Barokah Kab Sleman.” 2020.

Audina Sito P, Visca. “Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur.” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 6, no. 1 (2018): 1–7.

Eferi, Adri. “Internal Dan Eksternal Dalam Penerapan Total Quality Management ( TQM ) Di Lembaga Pendidikan Islam.” Attarbiyah I, no. 1 (November 15, 2016): 149–78. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i1.149-178.

Farasi, Adimas. “KBIHU Annur Sleman.” 2020.

Firmansyah M, Abraham Lomi, and Dhayal Gustopo. “Meningkatkan Mutu Kain Tenun Ikat Tradisional Di Desa/Kelurahan Roworena Secara Berkesinambungan Di Kabupaten Ende Dengan Pendekatan Metode TQM.” Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri 3, no. 1 (2017): 5–13. https://doi.org/10.36040/jtmi.v3i1.171.

Hackman, J. Richard, and Ruth Wageman. Total Quality Management: Empirical, Conceptual, and Practical Issues. Administrative Science Quarterly. Vol. 40. Total Quality Management: Empirical, Conceptual, and Practical Issues. Division of Research, Harvard Business School, 1995. https://doi.org/10.2307/2393640.

Hajarianto. “KBIHU Darul Qu’an Gunung Kidul.” 2020.

Hakim, H Lukmanul, and S Ag M Si Abstrak. “Kualitas Pelayanan Haji Oleh Kelompok Bimbingan Manasik Haji (KBIH) Annihayah Karawang.” Jurnal Politikom Indonesiana. Vol. 2, July 8, 2017. https://doi.org/10.35706/JPI.V2I1.937.

Herman. “KBIHU Ar Raudhah.” 2020.

Herwanto, Trisno Sakti. “Pentingnya Komitmen Penuh Organisasi Dan Stakeholders Dalam Mewujudkan Inovasi Publik.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 1, no. 2 (November 1, 2015): 19–26. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2015.001.02.4.

Husni Anggoro. “6Ribu Orang Raih Sertifikat Pembimbing Jemaah Haji | Website Haji Dan Umrah Kementerian Agama RI,” February 28, 2020. https://haji.kemenag.go.id/v4/6ribu-orang-raih-sertifikat-pembimbing-jemaah-haji.

Ishikawa, Kaoru. What Is Total Quality Control? The Japanese Way. Englewood Cliffs N.J.: Prentice-Hall, 1985.

Ismail, Feiby. “Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no. 2 (February 26, 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.591.

Khoiri, Imam. “Kasi Bina Haji Bidang Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kanwil Kemenag DIY.” 2020.

Kusnawan, Aep, Arif Rahman, Dede Lukman, and Encep Dulwahab Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati. “Manajemen Mutu Input Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia *.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11, no. 2 (December 30, 2017): 277–92. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i.2399.

Lamato, Brian R, Arrazi Bin Hasan Jan, Merlyn Mourah Karuntu, Arrazi Jan, and Merlyn Karuntu. “Analisis Total Quality Management ( TQM ) Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT . Asegar Murni Jaya Desa Tumaluntung Kab . Minahasa Utara.” Jurnal Emba 5, no. 2 (April 25, 2017): 423–32. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/15698.

Lim, Ai-Fen, Radha Krishnan Nair, Pik-Yin Foo, Ai-Fen Lim, Radha Krishnan Nair, and Pik-Yin Foo. “TQM and Organisational Innovation: A Systematic Review and Research Framework.” International Journal of Innovation and Learning 26, no. 3 (2019): 273–300. https://econpapers.repec.org/RePEc:ids:ijilea:v:26:y:2019:i:3:p:273-300.

Maghfiroh, Lailatul. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Total Quality Management (TQM) Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 1 (January 31, 2018): 19–39. https://doi.org/10.29062/TA’LIM.V1I1.623.

Magister Manajemen, Jurnal, Muhammad Hatta, and Said Musnadi. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh.” Bisnis Unsyiah 1, no. 1 (September 28, 2017): 70–80. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JMM/article/view/9268.

Menteri Agama Republik Indonesia. PMA No.13 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler (2018).

———. Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (2019).

Mitreva, Elizabeta, and Bardhyl Gorkov, Parapunova, Elena and Gjorshevski, Hristijan and Tushi. “Application of the Total Quality Management (TQM) Philosophy in a Macedonian Air Conditioning Company - UGD Repository.” Accessed August 9, 2020. http://eprints.ugd.edu.mk/23955/.

Muhammad Ali Yusni. “Studi Tentang Pelayanan Haji Di Kementerian Agama Kota Samarinda.” EJoournal Ilmu Pemerintahan 3, no. 1 (2015). https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1260.

Munizu, Musran. “Pengaruh Penerapan Praktik Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Kualitas (Studi Persepsi Karyawan Pada PT. Sermani Steel Makassar).” Iqtishoduna, 2012, 1–16. https://doi.org/10.18860/iq.v0i0.1749.

Muthiah, Ibah. “KBIHU Muslimat Kulonprogo.” 2020.

Novrianto, Yusuf, Rudy Soenoko, and Purnomo Budi Santoso. “Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Industri Pertahanan Nasional (Studi Kasus Pada Industri Senjata).” Journal of Engineering and Management Industial System 2, no. 1 (February 13, 2014): 19–25. https://doi.org/10.21776/ub.jemis.2014.002.01.3.

Octaviani, Nuning. “Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Maqdis Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Calon Jamaah Haji Tahun 2017.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 17, no. 1 (June 25, 2019): 75–94. https://doi.org/10.15575/anida.v17i1.5054.

Palandeng, Indrie Debbie, Gaspar Enjelina Chintia, Pondang J Jessy. “Pengaruh Total Quality Management ( Tqm ) Terhadap Kualitas Layanan Pada Pt . Pln ( Persero ) Area Manado The Effect Of Total Quality Management On Service Quality In Pt . Pln ( Persero ) Area Manado.” Jurnal EMBA 7, no. 4 (2019): 5860–69.

Pejović, Gordana, Jovan Filipović, Ljiljana Tasić, and Valentina Marinković. “Towards Medicines Regulatory Authorities’ Quality Performance Improvement: Value for Public Health.” International Journal of Health Planning and Management 31, no. 1 (January 1, 2016): E22–40. https://doi.org/10.1002/hpm.2265.

Poniman. “KBIHU Multazam.” 2020.

Pratama, Abdul Aziz Nugraha, and Fira Nur Maghfiroh. “Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Di BMT Taruna Sejahtera Ungaran, Jawa Tengah.” Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 7, no. 1 (June 1, 2016): 93. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.93-117.

Pratiwi, Anisa. “Manajemen Pelayanan Calon Jama’ah Haji Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Ikhwan Bandar Lampung,” April 24, 2018.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (2019).

Ramli, Abdul Haeba, and Rizki Yudhistira. “Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Pada PT. Infomedia Solusi Humanika Di Jakarta.” Seminar Nasional Cendekiawan Ke. Vol. 4, October 16, 2018. https://doi.org/10.25105/SEMNAS.V0I0.3339.

Retnoningsih, Nur. “Pelaksanaan TQM DI Sekolah Islam Terpadu MI Luqman Al Hakim Tegal.” Educational Management 1, no. 2 (2012). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman.

Rismawanti, Erni. “Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Laba P.T. Joyfull Bakery Makassar.” Economix. Vol. 4, February 17, 2016. https://ojs.unm.ac.id/economix/article/view/8369.

Saijan. “KBIHU Hajar Aswad.” 2020.

Siwi, Bramasta Raga, Susatyo Nugroho, and W P St. “Aplikasi Six Sigma DMAIC Dan KAIZEN Sebagai Metode Pengendalian Dan Perbaikan Kualitas Produk PT. Sarandi Karya Nugraha.” Industrial Engineering Online Journal. Vol. 5. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2016. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/14054.

Subrata, Suwandi Danu. “KBIHU Aisyiah Bantul.” 2020.

Sumaryadi. “KBIHU Aisyah Sleman.” 2020.

Sya’adah, Elis. “Efektivitas Pelatihan Sertifikasi Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pembimbing Manasik Haji Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Tahun 2016,” September 25, 2017. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49025.

Syarifah, Liah Siti. “Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Pesantren? The Implementation of Total Quality Management (TQM) in Islamic Boarding Schools?” Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan Volume 30, no. 1 (2020): 93–112.

Teguh Arif Handoko, and SB Handayani. “Pentingnya Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Teduh Makmur Semarang.” Proceedings 1, no. 1 (May 9, 2017). http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/250.

Tjiptono, Fandy, Anastasia Diana, Diana, Fandy Tjiptono, and Anastasia Diana. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2001.

Wahid, Abd. “Peranan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji ( KBIH) Dalam Mencetak Kemandirian Jamaah Calon Haji.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 10, no. 1 (March 15, 2019): 126–43. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v10i1.3476.

Widjaya, O E Y Hannes, and Ian Nurpatria Suryawan. “Pengaruh Total Quality Management Dan Quality Management Information Terhadap Kinerja Perusahaan.” Media Bisnis 6, no. 2 (2014): 88–96.

Zainal, Zaidah. “Case Study as a Research Method.” Jurnal Kemanusiaan 5, no. 1 (2007). https://jurnalkemanusiaan.utm.my/index.php/kemanusiaan/article/view/165.

Zakia, Rahima, and Ani Sulistina Wati. “Manajemen Bimbingan Manasik Haji Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Hikmah Muaro Sijunjung.” Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah, 2019, 63–71.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Hamid, N. (2020). TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM LEMBAGA BIMBINGAN HAJI DAN UMRAH: STUDI PADA KBIHU DI AREA YOGYAKARTA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 6(2), 193–224. https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-03

Issue

Section

Articles