STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UMRAH DAN HAJI KHUSUS DI PT. AL-ANSHOR MADINAH BAROKAH YOGYAKARTA

Authors

  • M. Maharani Universiti Kebangsaan Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-06

Abstract

Berkembangnya perusahaan jasa pelayanan ibadah umrah dan haji khusus di Indonesia yang jumlahnya terus meningkat mengakibatkan adanya persaingan antar perusahaan sehingga setiap perusahaan berusaha untuk menyediakan pelayananan terbaiknya. Pemberian pelayanan atau jasa yang baik akan memberikan kepuasan pada para jemaah dan menciptakan persepsi yang baik serta membuat jemaah tersebut loyal pada biro travel yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan umrah dan haji khusus yang ada di PT. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran orang secara individu maupun secara kelompok melalui wawancara dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta sudah memberikan pelayanan yang baik kepada jama’ah dengan mengikuti standar pelayanan dari PMA No. 8 Tahun 2018 tetntang Penyelenggaraan Perjalananan Ibadah Umrah (PPIU) yang mengatur rangkaian kegiatan perjalanan ibadah umrah diluar musim haji yang meliputi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jama’ah yang dilaksanakan oleh pemerinta atau penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Selain itu PT. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta juga membuat trobosan strategi baru seperti melakukan bimbingan door to door, sistem bayar lunas diakhir juga Program umrah sebanyak tiga kali selama di tanah suci, untuk memudahkan para jema’ah yang ingin melakukan badal. Namun demikian, PT. Al-Anshor sendiri tidak merasa memiliki strategi pelayanan khusus karena merasa itu hal yang wajar dilakukan untuk konsumen sehingga membuat proses implementasinya kurang maksimal dan dilakukan seadanya saja.

Keywords: Strategi, Kualitas Pelayanan, Umrah dan Haji Khusus

Abstract viewed: 920 times | PDF downloaded = 900 times

References

Bayu Mitra Adhyatma Kusuma, “Membumikan Dynamic Governance dalam Meningkatkan Profesionalisme Manajemen Penyelenggaraan Haji”, Journal of Public Sector Innovation Vol. 1 No. 1, 2016.

Dipo Khairul Islami, “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Haji dan Umroh PT. Margi Suci Minarfa”, Skripsi, Jakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2014.

Fandy Tjiptono, Strategi Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Haras, “Manajemen Pelayanan Umrah Pada PT. Global Inspira Indonesia”, Skripsi, Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, 2017.

John W. Creswell, Qualitative Inquiry and Research Design, New York: Sage Publications, 1998.

Kasmir, Etika Customer Service, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

M. Nur Ichwan, “Governing Hajj: Politics of Islamic Pilgrimage Services in Indonesia Prior to Reformasi”, Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies Vol. 46 No. 1, 2008.

Nurrawi Arif, Menuju Pelayanan Prima Haji Berbasis SMM ISO 9001: Dinamika Persfektif Haji di Indonesia, Jakarta: Direktorat Penyelenggara Haji dan Umroh, 2008.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Maharani, M. (2020). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UMRAH DAN HAJI KHUSUS DI PT. AL-ANSHOR MADINAH BAROKAH YOGYAKARTA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 6(2), 257–273. https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-06

Issue

Section

Articles