STRATEGIC CAPACITY BUILDING DI ORGANISASI DAKWAH MELALUI PENGEMBANGAN LAYANAN BARU
DOI:
https://doi.org/10.14421/jmd.2021.71-03Abstract
Seiring dengan perkembangan tantangan dakwah, maka peningkatan kapasitas menjadi hal yang tidak dapat dielakkan oleh organisasi dakwah. Penelitian ini hendak mendeskripsikan strategi peningkatan kapasitas melalui pengembangan layanan baru di organisasi dakwah. Tiga pertanyaan yang dijawab antara lain: bagaimana pemetaan strategik yang menjadi landasan rencana strategi peningkatan kapasitas di organisasi, mengapa pengembangan layanan baru menjadi strategi peningkatan kapasitas yang efektif dan bagaimana organisasi mentransformasi pengembangan layanan baru menjadi pendorong peningkatan kapasitas organisasi. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian adalah Komunitas Pecinta Al-Qur’an (KAPAL) Surabaya dengan sumber data Ketua pengurus dan ustadzah yang aktif mengajar ta’lim. Pengumpulan data melalui interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan analisis naratif. Penelitian ini menjelaskan mengapa dan bagaimana pengembangan layanan baru di organisasi dakwah menjadi strategi peningkatan kapasitas organisasi yang efektif melalui tiga analisis. Pertama, pengembangan layanan baru dirumuskan melalui pemetaan serta analisis kebutuhan dan kapasitas aktual di organisasi dakwah. Kedua, pengembangan layanan baru menjadi strategi yang efektif dalam peningkatan kapasitas organisasi karena menjadi jawaban atas tuntutan dan kebutuhan dari mad’u (objek dakwah) yang semakin berkembang. Ketiga, pengembangan layanan baru ditransformasikan dengan menggunakan elemen-elemen peningkatan kapasitas organisasi antara lain penyelarasan visi misi organisasi, strategi, struktur, skill organisasi, SDM, sistem dan infrastruktur, sehingga layanan baru tidak menjadi beban melainkan strategi yang efektif bagi peningkatan kapasitas organisasi.
Abstract viewed: 404 times
|
PDF downloaded = 416 times
References
Rosidin, ‘Persepsi Jamaah Terhadap Pemberdayaan oleh Takmir Masjid di Kota Madiun Jawa Timur’, INFERENSI Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(1), 177-194, 2018.
De Vita, C. J., Fleming, C., Twombly, E. C., ‘Building Nonprofit Capacity, A Framework for Addressing the Problem’, Building Capacity in Nonprofit Organizations, Washington DC: The Urban Institute, 2001.
Gilmer, S. D. & Hughes, C., ‘Human Resource Capacity Building and Nonprofit Organizations: Addressing Potential Leadership Shortages’, Journal of the North American Management Society, 7(1), 119-127, 2013.
Cox, K., Jolly, S., Staaij, S. V. D. & Stolk, C. V., Understanding the Drivers of Organizational Capacity, Santa Monica: RAND, 2018.
Nurdin, ‘Dakwah Terumbu Karang, Membumikan Karakter Ekologis Melalui Penguatan Kapasitas Kelembagaan pada Masyarakat Pesisir Kepulauan Tukang Besi’, Al-Munzir, 8(2), 211-228, 2015.
Yudiawan A. & Ahmadi, ‘Pelatihan dan Pendampingan Dai Muda sebagai Upaya Penyiapan Benteng Dakwah Wilayah Muslim Minoritas Papua Barat’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 155-164, 2020.
Mas’od, M. M. & Zainuddin, M., ‘Implementasi Sumber Daya Manusia Pengelola Masjid-Masjid Nahdliyyin di Kabupaten Sidoarjo (Studi Historis PC LTMNU Sidoarjo Periode 2006-2011)’, Jurnal Dakwah Risalah, 29(2), 174-188, 2018.
Madya, E. B., ‘Pentingnya Pembinaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Dakwah’, AL-IDÂRAH, 5(6), 1-12, 2018.
Setiawan, A. I., ‘Budaya Organisasi dalam Lembaga Islam’, ANIDA, 14(2), 341-355, 2015.
Mansyur, A. Y. & Ahmad, ‘Budaya Organisasi dan Aktivitas Dakwah’, Jurnal Psikologi Talenta, 1(1), 37-44, 2015.
Wing, K. T., ‘Assessing the Effectiveness of Capacity-Building Initiatives: Seven Issues for the Field’, Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 33(1), 153-160, 2004.
Gilmer, S. D. & Hughes, C., ‘Human Resource Capacity Building and Nonprofit Organizations: Addressing Potential Leadership Shortages’, Journal of the North American Management Society, 7(1), 119-127, 2013.
Nurdin, ‘Dakwah Terumbu Karang, Membumikan Karakter Ekologis Melalui Penguatan Kapasitas Kelembagaan pada Masyarakat Pesisir Kepulauan Tukang Besi’, Al-Munzir, 8(2), 211-228, 2015.
Hill & Jones, Essentials of Strategic Management 3rd Edition, Mason: Cengage Learning, 2012.
Steiss, Strategic Management for Public and Nonprofit Organizations, New York: Marcel Dekker, 2003.
Gilmer, S. D. & Hughes, C., ‘Human Resource Capacity Building and Nonprofit Organizations: Addressing Potential Leadership Shortages’, Journal of the North American Management Society, 7(1), 119-127, 2013.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., Berry, L. L., ‘A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research’, Journal of Marketing, 49(4), 41-50, 1985.
Edvardsson, B., & Olsson, J., ‘Key Concepts for New Service Development’, The Service Industries Journal, 16(2), 140-164, 1996.
Yu, E., & Sangiorgi, D., ‘Service Design as an Approach to Implement the Value Cocreation Perspective in New Service Development’, Journal of Service Research, 21(1), 40-58, 2017.
Kusuma, B. M. A., & Octastefani, T., ‘Negosiasi Dakwah dan Politik Praktis: Membaca Orientasi Organisasi Sayap Keagamaan Islam pada Partai Nasionalis’, Al-Balagh Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 1-24, 2017
Ridla, M. R., ‘Perencanaan Dalam Dakwah Islam’, Jurnal Dakwah, 9(2), 149-162, 2008.
Dewi, R. S., ‘Pemberdayaan Masjid di Indonesia dalam Perspektif Intitutional Building’, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(1), 7-16, 2019.
Nurdin, ‘Dakwah Terumbu Karang, Membumikan Karakter Ekologis Melalui Penguatan Kapasitas Kelembagaan pada Masyarakat Pesisir Kepulauan Tukang Besi’, Al-Munzir, 8(2), 211-228, 2015.
Araniri, N., Jamaludin, G. M., Nahriyah, S., ‘Penguatan Kapasitas Guru sebagai Da’i melalui Worskshop Penerapan Manajemen Da’wah’, Parahita Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 63-73, 2019.
Mohajan, H. K., ‘Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects’, Journal of Economic Development, Environment and People, 7(01), 23-48, 2018.
Hatch, M. J., ‘The Role of the Researcher - An Analysis of Narrative Position in Organization Theory’, Journal of Management Inquiry, 5(4), 359-374, 1996.
Thomas, D. T., ‘A General Inductive Approach for Analyzing Qualitative Evaluation Data’, American Journal of Evaluation, 27(2), 237-246, 2006.
https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/07/27/pcitvp384-survei-ini-tunjukkan-harapan-generasi-muda-terhadap-masjid, diakses pada 16 Maret 2021.
https://www.tempo.co/abc/3680/dianggap-kuno-dakwah-masjid-mulai-ditinggalkan-milenial-indonesia, diakses pada 16 Maret 2021.
https://tirto.id/survei-partisipasi-anak-muda-jakarta-dalam-kegiatan-agama-cBGu, diakses pada 16 Maret 2021.
https://bpsdm.pu.go.id/bacaberita-pembukaan-tiga-pelatihan-secara-paralel-di-banjarmasin, diakses pada 7 April 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal MD agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






