STRATEGI PENGGUNAAN AL QUR’AN BRAILLE SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI DIFABEL NETRA

Authors

  • Ferra Puspito Sari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Okti Setiyani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2021.72-04

Abstract

Media dakwah Islam digunakan untuk mempermudah penyampaian pesan dakwah dengan memperhatikan sasarannya. Difabel netra membutuhkan media khusus untuk mempelajari agama Islam, terutama dalam ibadah membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai strategi penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di BRTPD Yogyakarta dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang instruktur dan empat difabel netra. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa strategi penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra di Balai Rehabilitasi Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta dilakukan dengan menerapkan metode drill dalam bimbingan baca tulis Arab braille. Difabel netra akan dikenalkan huruf hijaiyah braille yang bisa diraba dengan urutan materi berdasarkan iqra’. Kegiatan ini diawali dengan asosiasi membangun suasana, merumuskan tujuan, kemudian penyampaian materi dilanjutkan latihan menulis dan membaca huruf hijaiyah braille yang dilakukan secara berulang-ulang. Di akhir sesi difabel netra diminta kembali untuk membaca apa yang telah dipelajarinya, selanjutnya evaluasi dan tindak lanjut. Penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra sesuai dengan salah satu prinsip dakwah yang harus disampaikan dengan menyesuaikan tingkat kemampuan mad’u atau sasaran dakwah. Strategi penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra dirasa tepat karena telah sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh difabel netra. Nilai-nilai dakwah bisa tersampaikan dengan baik, keterbatasan penglihatan tidak membatasi difabel netra untuk tetap dapat melakukan ibadah membaca Al-Qur’an melalui bentuk braille.

Abstract viewed: 378 times | PDF downloaded = 455 times

References

Abdullah, Muhammad Qadaruddin, Pengantar Ilmu Dakwah, Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Abdurrahman, Beny, ‘Media Pembelajaran Hurif Latin Dan Hijaiyah Braile Dengan Output Suara Untuk Siswa Tunanetra Di SLB A Yaketunis Yogyakarta’, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Al Qur’an Terjemah, Jakarta: Sygma Exagrafika, 2015.

Al-Qur'an an and Others, ‘Pemberantasan Buta Huruf Latin dan Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga dan Remaja Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang-Banten’, Info Abdi Cendekia, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 1, 2019.

Brivania, Astrid, ‘Penggunaan Metode Al-Baroy Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Membaca Al-Qur’an Braile Pada Siswa Tunanetra’, Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

Chirzin, Muhammad, Kearifan Al Qur’an, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2020.

Djamarah, Syaiful Bahri; Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Fahriani, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Surah Al Falaq Metode Drill Siswa Kelas 4 SDN Talan’, in Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Palangka Raya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Palangka Raya, 2021.

‘Jenis-Jenis PMKS’, Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, 2019 <http://dinsos.jogjaprov.go.id/jenis-jenis-pmks/>

Librianti, Eka Octalia Indah, and Zaenal Mukarom, ‘Budaya Tahlilan Sebagai Media Dakwah’, Prophetica : Scientific and Research Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 5.1 (2019), 1–20 <https://doi.org/10.15575/prophetica.v5i1.1306>

Maftuhin, Arif dkk, Melawan Mustahil, Yogyakarta: Maghnun Pustaka Utama, 2019.

Riinawati, Riinawati, ‘Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.4 (2021), 2305–12 <https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886>

Saifudin, Ahmad, ‘Al-Qur’an Braille: Sejarah Dan Kaidah Penulisan Al-Qur’an Braille Di Indonesia’, Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 2007.

Sari, Ferra Puspito, and Mochammad Sinung Restendy, ‘Implementasi Komunikasi Total Pada Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Tunarungu Di Yayasan Spirit Dakwah Indonesia’, Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 02, No. 02, 2020.

Setiyani, Okti, ‘Metode Bimbingan Baca Tulis Arab Braile Bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Penyandang Dosabilitas Netra Di Balai Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta’, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.

Syahraini Tambak, M.A., ‘Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Al-Thariqah, 13.2 (2016), 110–27 <http://journal.uir.id/index.php/althariqah/article/view/614>

Syarbini, Amirullah; Jamhari, Sumantri, Kedasyatan Membaca Al-Qur’an, Jakarta: Ruang Kata imprint Kawan Pustaka, 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, 2016

Winata, I Komang, ‘Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5.1 (2021), 13 <https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062>

Zulaiha, Eni, and Busro Busro, ‘Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran Terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab Di Kalangan Pelajar SMA/SMK Umum Di Kota Bandung’, AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4.2 (2020), 259–74 <https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1770>

Zulfa, Yunita Laila, ‘Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra’, ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 3.2 (2020), 154–66 <https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v3i2.26463>

Downloads

Published

2021-12-25

How to Cite

Sari, F. P., & Setiyani, O. (2021). STRATEGI PENGGUNAAN AL QUR’AN BRAILLE SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI DIFABEL NETRA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 7(2), 277–299. https://doi.org/10.14421/jmd.2021.72-04

Issue

Section

Articles