Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Ganda Daya Ananda

Authors

  • Bella Fadilah UIN Sunan Kalijaga
  • Nurhasanah
  • Zarah Usra
  • Astri Novi Anti
  • Hani Lidyananda

Abstract

Anak berkebutuhan khusus diartikan sebagai anak yang memerlukan pendidikan layanan khusus sehingga bisa mengembangkan potensi yang dimiliki secara sempurna. Dalam pendidikan, kata luar biasa adalah mereka yang mempunyai kekurangan dan penyimpangan yang tidak dimiliki orang normal. Dalam segi minat dan bakat anak berkebutuhan khusus sama seperti anak normal pada umumnya, mereka mempunyai minat dan kemampuan pada sesuatu seperti melukis, mewarnai, menjahit, membuat aksesoris. Potensi anak seperti minat, bakat, kreativitas dan ketrampilan harus dikembangkan secara optimal.

Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaiamana cara meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak berkebutuhan khusus di SLB-G Daya Ananda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan observasi dan wawancara maka disimpulkan bahwa cara meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak-anak berkebutuhan khusus di SLB-G Daya Ananda adalah dengan cara mengajarkan mereka membuat keterampilan-keterampilan yang sebelumnya belum mereka ketahui, dalam segi kreativitas sendiri mereka diarahkan sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Nantinya, hasil dari karya yang telah mereka buat akan di letakkan di galeri agar nanti dibeli oleh donatur-donatur yang datang, selain itu juga akan dipromosikan oleh guru-guru serta akan dijual di dalam acara-acara expo.

 

Children with disabilities are defined as children who need special education services so that they can develop their potential perfectly. In education, extraordinary words are those who have shortcomings and deviations that are not possessed by normal people. In terms of interests and talents of children with special needs just like normal children in general, they have an interest and ability in something like painting, coloring, sewing, making accessories. Children's potentials such as interests, talents, creativity and skills must be developed optimally.

The purpose of this study was to find out how to improve the creativity and skills of children with special needs in SLB-G Daya Ananda. The research method used in this study is a qualitative research method, with data collection techniques using the method of observation and interviews. Based on the results obtained after observing and interviewing it was concluded that the way to improve the creativity and skills of children with special needs in SLB-G Daya Ananda is by teaching them to make skills that they had not previously known, in terms of their own creativity they were directed in accordance with the talents and interests they have. Later, the results of the work that they have made will be put in the gallery so that later it will be bought by donors who come, but it will also be promoted by teachers and will be sold at expo events.

Abstract viewed: 33 times | pdf downloaded = 39 times

Downloads

Published

2024-02-09

How to Cite

Fadilah, B., Nurhasanah, Zarah Usra, Astri Novi Anti, & Hani Lidyananda. (2024). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Ganda Daya Ananda. Altruism: The Indonesian Journal of Community Engagement, 1(1), 17–23. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/aijce/article/view/1553