The Determinants of Waqf Preference Toward Money-Cash Waqf

Authors

  • Jauhar Faradis Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic University, Sunan Kalijaga, Yogyakarta-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/grieb.2015.023-05

Keywords:

Money Cash, Factor Analysis, Preference

Abstract

This research is based on the lackness of societie’s understanding toward cash Waqf and its big chance. The purpose of this research is to understand the factors causing Waqf preference toward the product of money-cash Waqf. The method of this research is factors analysis, and is applied in the Province of Yogyakarta include: Yogyakarta City, Sleman, Kulonprogo, Bantul and Gunung Kidul Regency. The results of this research are the determinants of muslim sociatie’s preference toward Money-Cash Waqf are: wakif’s attitude factor, complain factor, productive action factor, equity factor, product characteristic factor, and religiosity factor as well as generosity factor.

Downloads

Abstract viewed: 704 times | PDF downloaded = 638 times

References

Amirudin, 2009, Identifikasi dan Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sinkronisasi Dokumen Anggaran Pandapatan dan Belanja Daerah dengan Dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (Studi Kasus Propinsi D.I Yogyakarta TA 2008). Tesis S-2 Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (tidak dipublikasikan).

Antonio, Muhammad Syafi’I, 2004, “Cash Waqf dan Anggaran Pendidikan”, makalah dalam Kumpulan Hasil Seminar Perwakafan, Tim Depag RI. Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaran Haji, Jakarta.

Anwar, Syamsul, 2007, Studi Hukum Islam Kontemporer, RM Books, Jakarta.

Assail, Henry, 2001, Consumer Behavior and Marketing Action, Ohio, USA, South-Western Collge Publishing.

Bettman, James R, Mary Frances Luce and John W. Payne, 1998, Contructive Consumer Choice Prosses, Journal of Consumer Research, Vol.25.

Budi, Triton P, 2006, ”SPSS 13.0 Terapan,” Riset Statistik Parametrik, Andi, Yogyakarta

Bolton Ruth N. dan James H. Drew, A Longitudinal Analysis of the Impact of Service Changes on Customer Attitudes, The Journal of Marketing, Vol. 55, No. 1 (Jan., 1991), diakses pada tanggal 14/04/2010

Cooper, Donal R., dan Emory, C. William, 1998, Metode Penelitian Bisnis, Jilid 2, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta.

Culligan, Mattew J. 1996, Manajemen Back to Basic, alih bahasa Hermoyo, Mitra Utama, Jakarta.

Djunaidi, Achmad dan Thobieb Al-Asyhar, 2006, Menuju Era Wakaf Produktif (Sebuah Upaya Progresif untuk Kesejahteraan Umat), Mitra Abadi Press, Jakarta.

Donna, D.R., 2008, “Penerapan Wakaf Tunai pada Lembaga Keuangan Publik Islam”. Journal of Islamic Business and Economics, Vol.1, No.1.

Donna, D.R., 2008, The Dynamic Optimization of Cash Waqf Management: an Optimal Control Theory Approach, http.//lebi.fe.ugm.ac.id.

Fatwa Majelis Ulama’ Indonesia Tanggal 11 Mei 2002 Tentang Wakaf Uang.

Fornell Claes, A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience, The Journal of Marketing, Vol. 56, No. 1 (Jan., 1992), diakses pada tanggal 14/04/2010

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Cetakan IV, Edisi Keempat, BP UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam, 2008, Struktural Equation Modeling, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasanah, Uswatun, “Strategi Pengembangan Ekonomi Dhu’afa Melalui Pengembangan Wakaf Produktif”, makalah disampaikan pada seminar nasional tentang zakat dan wakaf tunai produktif sebagai sistem pengelolaan ekonomi umat, diselenggarakan oleh Yayasan Amal Ihsan Fi Sabilillah Yogyakarta, 11 juni 2005

Kastaman, R., Kramadibrata, Ade M., Susanto, A., Permana, Y., dan Bambang, 2003, Studi Percepatan Investasi Industri Akibat Asuransi Teknologi (ASTEKNO) dan Perlindungan Pengetahuan Tradisional (LINTRAD), Laporan Akhir Penelitian, Universitas Padjadjaran, Bandung (tidak dipublikasikan).

Khotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Koentjaraningrat, 1989, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad dan Suhardjono, 2002, Manajemen Perbankan: Teori dan Aplikasi, BPFE, Yogyakarta.

Lubis, Suhrawardi K dkk., 2010, Wakaf dan Pemberdayaan Umat, Sinar Grafika, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mannan, M.A., tt, Sertifikasi Wakaf Tunai Sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam, CIBER PKTTI-UI, Jakarta.

Mantel, Susan Powel and Frank R.Kades, 1999, The Role of Direction of Comparison, Attribute-Based Processing, and attitude-Based Processing in Consumer Preference, Journal of Consumer Research, Vol.25 No.4

Mowen, John C, and Michael S. Minor, 2001, Consumer Behavior, A Framework, New York, Prentice Hall.

Nasution, Mustafa Edwin dan Uswatun Hasanah (ed)., 2006, Wakaf Tunai Inovasi Finansial Islam (Peluang dan Tantangan dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat, Program Studi Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia, Jakarta.

Nasution, Edwin, “Potensi Wakaf Tunai Di Indonesia”dalam www.tazkiaonline.com diakses pada 27 Oktober 2009.

Parasuraman, A. Valarie A. Zeithaml, Leonard L. Berry, The Behavioral Consequences of Service Quality, The Journal of Marketing, Vol. 60, No. 2 (Apr., 1996) diakses pada 14/04/2010

Soeratno dan Lincolin Arsyad, 2008, Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Sudarsono, Heri, 2007, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsi dan Ilustrasi, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Suhadi, Imam, 2002, Wakaf Untuk Kesejahteraan Umat, PT. Dana Bhakti Prima, Yogyakarta.

Suliyanto, 2005, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.

Sumarni, Murti, 2002, Manajemen Pemasaran Bank, Liberty, Yogyakarta.

Tim Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Depag RI., 2004, Kumpulan Hasil Seminar Perwakafan, Direktorat Jenderal Pengembagan Zakat dan Wakaf Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Jakarta.

Tim Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Depag RI., 2005, Pedoman Pengelolaan Wakaf Tunai, Direktorat Jenderal Pengembagan Zakat dan Wakaf Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Jakarta.

Tim Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Depag RI., 2006, Strategi Pengembangan Wakaf Tunai di Indonesia, Direktorat Jenderal Pengembagan Zakat dan Wakaf Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Jakarta.

Tim Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Depag RI, 2006, Perkembangan Pengelolan Wakaf di Indonesia, Direktorat Jenderal Pengembagan Zakat dan Wakaf Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Jakarta.

Tim Penulis dan Peneliti Center for the Stuy of Religion and Culture (CSRC) UIN Syarif Hidayatullah, 2006, Filantropi Islam dan Keadilan Sosial: Studi tentang Potensi, Tradisi dan Pemanfaatan Filantropi Islam di Indonesia. Center for the Stuy of Religion and Culture. Jakarta.

Undang-undang No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.

Usman, Rachmadi, 2009, Hukum Perwakafan di Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.

Wadjdy, Farid dan Mursyid, 2007, Wakaf Kesejahteraan Umat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Downloads

Issue

Section

Articles