Peran Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Yoga Achmad Ramadhan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda http://orcid.org/0000-0003-3707-2553
  • Rio Adi Nugroho
  • Siti Khumaidatul Umaroh Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Silvia Eka Mariskha Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpsi.v11i1.2757

Keywords:

Prokrastinasi Akademik, Self Regulated Learning, Siswa Madrasah

Abstract

Academic procrastination is a detrimental behavior, including in the context of students at Madrasah Tsanawiyah. This study aims to analyze the role of self-regulated learning towards academic procrastination in Madrasah Tsanawiyah students. The study population was students from class VII to class IX at Madrasah Tsanawiyah IB, totaling 215 students consisting of 111 male students and 104 female students. Determination of research samples using cluster random sampling technique and obtained a sample of 140 students. The research data was obtained using a self-regulation scale in learning with a reliability value of 0.899 and an academic procrastination scale with a reliability value of 0.903. Simple linear regression was chosen as the research data analysis. Based on the results of the analysis it is known that self-regulation in learning is negatively related to academic procrastination with a regression coefficient of -0.817 with a value of p = 0.000 (p <0.05). The role of self-regulation in learning towards academic procrastination is shown by the R-Square of 0.421, meaning that the variable of self-regulated learning plays a role of 42.1% on the variable of academic procrastination.

 

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang merugikan, tidak terkecuali dalam konteks siswa di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini bertujuan untuk emnganalisis peran regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VII sampai dengan kelas IX Madrasah Tsanawiyah, berjumlah 215 orang yang terdiri dari 111 orang siswa laki-laki dan 104 orang siswa perempuan. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 140 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan skala regulasi diri dalam belajar dengan nilai reliabilitas sebesar 0,899 dan skala prokrastinasi akademik dengan nilai reliabilitas sebesar 0,903. Regresi linier sederhana dipilih sebagai analisis data penelitian. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa regulasi diri dalam belajar berhubungan negative dengan prokrastinasi akademik dengan koefisien regresi sebesar -0,817 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Peran regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan R-Square sebesar 0,421, bermakna variabel regulasi diri dalam belajar berperan sebesar 42,1% terhadap variabel prokrastinasi akademik.

Author Biographies

  • Yoga Achmad Ramadhan, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
    saya dosen di fakultas psikologi untag samarinda
  • Rio Adi Nugroho
    Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

References

Aditiantoro, M., & Wulanyani, N. M. S. (2019). Pengaruh Problematic Internet Use dan Regulasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana,205-215.https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52547

Anisa., & Ernawati. (2018). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Biotek, 6(2), 88-95. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6256

Ardiansyah, A., & Indrawati, E. S. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Santri Asrama Mts Pondok Pesantren Pabelan Magelang. Jurnal EMPATI, 2(4), 33-42. https://doi.org/10.14710/empati.2013.7389

Arum, A,. & Konradus, N. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengikuti Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.56127/jukeke.v1i2.67

Asri, D. N., Setyosari, P., Hitipeuw, I., & Chusniyah, T. (2017). The influence of project-based learning strategy and self-regulated learning on academic procrastination of junior high school students’ mathematics learning. American Journal of Educational Research, 5(1), 88-96. https://doi.org/10.12691/education-5-1-14.

Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Journal Of Guidance Counseling 3 (3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i3.3787

Fathoni, A., & Indrawati, E. . (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(07), 1018–1026. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i7.646

Hasim, F., Rahman, I. K., & Hakiem, H. (2019). Hubungan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sman 6 Kota Bogor. Annual Conference On Islamic Education And Social Sains 1(1). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/313

Kusaeri, K., & Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan regulasi diri siswa dan dampaknya terhadap prestasi belajar matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 31-42. https://core.ac.uk/download/pdf/294833888.pdf

Limone, P., Sinatra, M., Ceglie, F., & Monacis, L. (2020). Examining procrastination among university students through the lens of the self-regulated learning model. Behavioral Sciences, 10(12), 184. https://doi.org/10.3390/bs10120184

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90-98. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1884.

Mardhiyah, K. Z., & Indianti, W. (2018). Mediasi Konsep diri akademik dalam peran regulasi diri belajar terhadap komitmen kepada pilihan karir siswa SMA. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 67-83. https://ejournal.upi.edu/index.php/insight/article/view/15169

Motie, H., Heidari, M., & Sadeghi, M. A. (2012). Predicting academic procrastination during self-regulated learning in Iranian first grade high school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 69, 2299-2308. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.02.023

Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 26–31. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/314

Nisva, L., & Okfrima, R. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) di Universitas Negeri Padang. Psyche 165 Journal, 155-164. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v12i2.35

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00

Noviyanti, N., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2019). Hubungan antara self regulated learning dan prokrastinasi akademik.ALIBKIN(Jurnal Bimbingan Konseling),7(3).http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19285

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662.

Rahman, I. K., Indra, H., & Kasman, R. (2018). Perilaku Prokrastinasi Akademik Dan Layanan Bimbingan Dan Konseling. Tadbir Muwahhid, 2(2), 111-119. https://pdfs.semanticscholar.org/73a0/b163cdcf1d75250f64fa10b7950438df6c85.pdf

Rakes,G., & Dunn,K. (2010). The Impact of Online Graduate Students' Motivation and Self-Regulation on Academic Procrastination.Journal of interactive online learning,9(1).https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.611.2177&rep=rep1&type=pdf

Rifa’i, H. R., & Syahrina, I. A. (2019). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dan Self Compassion Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Man 2 Solok. Jurnal PSYCHE 165 Fakultas Psikologi, 12(2), 134-143. https://core.ac.uk/download/pdf/229586501.pdf

Rizanti, F. D. (2013). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Mahasantri Ma’had ‘Aly Masjid Nasional Al-akbar Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/4582

Rochillah, A., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Kelas XI Sunan Giri Gresik. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/38920

Rohmaniyah, A. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Anggota BEM Universitas X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/24847

Ruminta, R., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Perbedaan regulasi diri belajar pada siswa Sekolah Dasar kelas VI ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 30-38. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.2059

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2017). Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44-49. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14946

Saputra, M. A., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2019). Relationship Self Regulation Learning With Interpersonal Comunication In Students. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19074

Saputra, W. N. E., Alhadi, S., Supriyanto, A., Wiretna, C. D., & Baqiyatussolihat, B. (2018). Perbedaan Self-regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(3), 131-138. https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p131

Saputri, D., & Ilyas, A. (2020). The Relationship Of Self Regulation With Academic Procrastination Of Students. Jurnal Neo Konseling Vol. 2 No 2. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1738889

Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Ilmiah Vol. 9 No 3. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI/article/view/14112

Setiawan, S. (2017). Pengaruh Bentuk Pola Asuh Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Disiplin Siswa. Psikoborneo, 5(2), 310-319. https://file:///C:/Users/user/Downloads/4372-12007-1-PB-2.pdf

Setiawan, A. D., & Mamahit, H. C. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Mengelola Waktu Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Viii Smp Kristoforus 1 Jelambar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psiko-Edukasi Vol 18 No 2. Hlm 121-136. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2000194

Sholehah, S., Sangka, K. B., & Hamidi, N. (2019). Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1). https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39826

Supriyadi, Y., & Wibowo, D. E. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Time Management Untuk Menimalisir Prokrastinasi Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Khusus Yatim As-Syafi’iyah. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 16(02), 29-34. https://doi.org/10.34005/guidance.v16i02.726

Triyono. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa Sma (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). Jurnal Al Qalam, 19(2), 57-74. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/517

Ulum, M. I. (2016). Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153-170. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/view/1107

Wardani, A. K., & Nurwardani, M. (2019). Prokrastinasi akademik ditinjau dari regulasi diri dan adversity quotient pada mahasiswa yang bekerja di Perguruan Tinggi “X” Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 7(1), 14-21. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1202554

Yamada, M., Goda, Y., Matsuda, T. et al. How does self-regulated learning relate to active procrastination and other learning behaviors?. J Comput High Educ 28, 326–343 (2016). https://doi.org/10.1007/s12528-016-9118-9

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50-60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9

Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil, I. (2016). Self Regulated Learning Siswa Dilihat dari Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 98-102. https://doi.org/10.29210/12016240

Zacks, S., & Hen, M. (2018). Academic interventions for academic procrastination: A review of the literature. Journal of prevention & intervention in the community, 46(2), 117-130. https://doi.org/10.1080/10852352.2016.1198154

Zahra, Y., & Hernawati, N. (2015). Prokrastinasi akademik menghambat peningkatan prestasi akademik remaja di wilayah perdesaan. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 8(3), 163-172. https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.3.163

Zhou, M., Lam, K. K. L., & Zhang, Y. (2022). Metacognition and Academic Procrastination: A Meta-Analytical Examination. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 40(2), 334-368. https://doi.org/10.1080/026999394084089421994

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Peran Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. (2023). Jurnal Psikologi Integratif, 11(1), 87-108. https://doi.org/10.14421/jpsi.v11i1.2757