Jurnal Sosiologi Reflektif

IJEN CAR FREE DAY: Gelanggang Olahraga Imajiner di Kota Malang

Authors

  • Indhar Wahyu Wira Harjo
    Universitas Brawijaya

Downloads

Article Galley

DOI https://doi.org/10.14421/jsr.v14i2.1758
Page: 341-358
926 views
706 PDF Downloads

How to Cite

IJEN CAR FREE DAY: Gelanggang Olahraga Imajiner di Kota Malang. (2020). Jurnal Sosiologi Reflektif, 14(2), 341-358. https://doi.org/10.14421/jsr.v14i2.1758

Abstract

The availability of sports facilities and the number of residents in Malang shows a lack of balance in proportion. The government of Malang city has made some attempts to collaborate with any parties to allocate the proportional sports facilities for the residents. To deal with the problem, the government has designed a program called Ijen Car Free Day (ICFD) as one alternative of solutions. The Ijen Street, which mostly functions as the main street, has also served as a sport center. The present study aims at investigating the utilization of roads of Ijen Street as one of sports centers. The analysis is carried out to re-observe the use of public space that has experienced some transformations. The data collected are examined thoroughly by implementing the research method of descriptive qualitative. The result of the study indicates that the Ijen Street is a sterile road section of motor vehicles at 06:00 up to 10:00, and during the time, the road is used for some sports activities. The so-called elite region of Malang city has transformed into courts for morning gymnastics and jogging tracks along the way. In addition, the area is also used as a social, economic, and cultural spaces. The visitors of Ijen CFD often takes the chance to sell some products, join some communities, and perform some shows of art and culture. The comprehension of the models of space use is necessary to optimize the management of Ijen CFD in the future.  

Proporsi ketersediaan fasilitas olahraga dengan jumlah penduduk di Kota Malang memperlihatkan ketimpangan. Pemerintah Kota Malang berupaya melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan fasilitas olahraga yang proporsional bagi warga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Malang merancang Program Ijen Car Free Day (ICFD) sebagai alternatif solusi dengan mengalihfungsikan Jalan Besar Ijen sebagai wahana olahraga. Penelitian ini menelaah penggunaan ruas Jalan Besar Ijen sebagai gelanggang olahraga. Telaah tersebut untuk meninjau kembali penggunaan ruang publik yang mengalami transformasi pemanfaatan. Data diulas menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan Jalan Ijen menjadi ruas jalan yang steril dari kendaraan bermotor sejak pukul 06.00 hingga 10.00. Di rentang waktu itu, jalan raya dimanfaatkan untuk ruang olahraga. Sepanjang kawasan itu berubah menjadi ‘lapangan’ untuk senam pagi, joging track, atau jalan santai. Selain itu, kawasan tersebut juga digunakan sebagai ruang sosial, ekonomi dan budaya. Para pengunjung ICFD acapkali menggunakan kesempatan itu untuk berjualan, berkumpul dengan komunitas, dan melakukan pertunjukan seni-budaya. Pemahaman terhadap model-model penggunaan ruang tersebut diperlukan untuk mengoptimalkan pengelolaan Ijen CFD.

Keywords:

Social Space, Transformation, Sports, Facilities.

Author Biography:

  • Indhar Wahyu Wira Harjo, Universitas Brawijaya
    Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References:

Ardani, Krisna Sandy, Hartati Sulistyo Rini, dan Rini Iswari. “Pemanfaatan dan Pemaknaan Ruang Publik Bagi Masyarakat di Kawasan Jalan Pahlawan Kota Semarang.” Solidarity 5, no. 1 (2016).

Ardiansyah, Mohammad Naufal. “Keseruan Senam Zumba HUT ke 41 FKPPI di CFD Ijen Malang.” Times Indonesia, 2019. https://www.timesindonesia.co.id/read/234319/20191020/080457/keseruan-senam-zumba-hut-ke-41-fkppi-di-cfd-ijen-malang/.

Arwini, Ni Putu Decy, I. N. Widana Negara, dan I.P. Alit Suthanaya. “Analisis Dampak Pelaksanaan Car Free Day di Kota Denpasar (Studi Kasus: Jalan Raya Puputan Niti Mandala Renon).” Jurnal Spektran 3, no. 1 (2015): 56–64.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. “Jumlah Penduduk di Kota Malang Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin, 2011-2020,” 2019. https://malangkota.bps.go.id/dynamictable/2019/05/15/19/jumlah-penduduk-di-kota-malang-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin-2011-2020.html.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Damara, Diken Yus, Irawan Wisnu Wardhana, dan Endro Sutrisno. “Analisis Dampak Kegiatan Car Free Day Terhadap Kualitas Udara Karbon Monoksida ( Co ) Di Sekitar Area Simpang Lima Menggunakan Program

Caline 4 Dan Surfer Studi Kasus : Kota Semarang.” Jurnal Teknik Lingkungan 6, no. 1 (2017): 1–11.

Devi, Cut Sri, dan Amrazi Zakso. “Dampak Car Free Day Bagi Pedagang Kaki Lima di Kota Pontianak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 5, no. 11 (2016): 1–15.

Farda, Muhammad, dan Chandra Balijepalli. “Exploring the effectiveness of demand management policy in reducing traffic congestion and environmental pollution: Car-free day and odd-even plate measures for Bandung city in Indonesia.” Case Studies on Trasnport Policy 6, no. March (2018): 577–90.

Hariyati, Nabila, Moch. Agus Krisno Budiyanto, dan Husamah. “Hubungan Higiene Sanitasi Pedagang Sosis Bakar di Car Free Day (CFD) Kota Malang terhadap Jumlah Koloni Bakteri.” Jurnal Ilmu Dasar 19, no. 2 (2018): 71–76.

Hussein, Ananda Sabil. “How Event Awareness , Event Quality and Event Image Creates Visitor Revisit Intention?: a lesson from car free day event” 35, no. October 2015 (2016): 396–400. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)00049-6.

Leander, Bob Bimantara. “Di Panggung Senam CFD, Komunitas Senam Malang Bikin Aksi Sosial. Apa Itu?” Radar Malang, 2019. https://radarmalang.id/di-panggung-senam-cfd-komunitas-senam-malang-bikin-aksi-sosial-apa-itu/.

Linggasani, Made Anggita Wahyudi, dan Ida Bagus Gede Parama Putra. “Pembentukan Identitas Ruang Oleh Suatu Komunitas Kreatif di Ruang Publik (Area Car Free Day) Dago, Bandung.” UNDAGI: Jurnal Ilmiah Arsitektur 5, no. 2 (2017): 27–32.

Mardiana, Siska, dan Annisarizki. “Pengaruh Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Pedagang Paguyuban Wirausaha Cilegon (Pawon) dalam Cilegon Car Free Day.” SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis X, no. 2 (2017): 116–29.

Miles, Mathew B., A. Michael Huberman, dan Jhonny Saldana. Qualitative Data Anallysis: A Sourcebook. Los Angeles: Sage, 2014.

Neuman, W. Lawrence. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 7 ed. Jakarta: PT Indeks, 2017.

Parahiyanti, Cesya Rizkika, dan Ananda Sabil Hussein. “The Determinants of Visitor ’ s Revisit Intention : A Lesson from Ijen Car Free Day.” Asia-Pacific Management and Business Application 3, no. 2 (2014): 74–85.

Pemerintah Kota Malang. Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Malang Tahun 2010-2030 (2011).

Prabowo, Fajar S A, Arif Partono Prasetio, Ikeu Kania, Abdullah Ramdhani, Diena Siti Hanifah, dan Dini Turipanam Alamanda. “Investigating the True Meaning of Car Free Day for Indonesian People.” In Advances in Social Science, Education and Humanities Reseach, 306:10–15. Atlantis Press, 2018.

Rahmayanti, Henita. “Kebijakan Pemerintah Daerah Kota dalam Menangani Polusi Udara di Wilayah Perkotaan.” Jurnal Menara II, no. 2 (2007): 8–28.

Ratri, Nurlayla. “Ada Aturan Baru, CFD Ijen Pantang Buat Agenda Politik.” Malang Times, 2018.

Rukminasari, Nita, Yusran Nur Indar, Farida Sitepu, Basse Siang Parawansa, Suharto, Irmawati, Dwi Fajriyati Inaku, dan Khusnul Yaqin. “Pengelolaan Lingkungan Pantai Melalui Pengembangan Bank Sampah sebagai Upaya Bersih Pantai dan Pemberian Nilai Tambah Sampah Daur Ulang di Pantai Losari, Kota Makassar.” Panrita Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2016): 67–75.

S, Nazhifah Husna. “Penyelenggaraan Parkir Insidentil Menurut Tiga Peraturan Daerah Kota Malang dan Hukum Islam.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Sekarsari, Retno Wulan, dan Suyeno. “Evaluasi Kebijakan Penyelenggaran Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Kota Malang.” Jurnal Ketahanan Pangan 2, no. 2 (2018): 165–75.

Sukawruh, Sukinsi, Heru Sufianto, dan Sigmawan Tri Pamungkas. “Aplikasi Teknologi Smart Seating System pada Ruang Main Hall Gedung Olahraga di Kota Malang.” Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, 2016.

Thorik, Muhamad Jamal. “Aksi Kolektif dalam Bersepeda: Studi Banding Atas Sego Segawe (Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe) dan JLFR (Jogja Last Friday Ride) di Kota Yogyakarta.” Sosiologi Reflektif 9, no. 2l (2015): 247–72.

Vido, Elfran. “Ribuan Orang Antusias Ikuti Senam Zumba Dalam Millenial Road Safety Festival Car Free Day Kota Malang.” Radar Malang, 2019. https://radarmalang.id/ribuan-orang-antusias-ikuti-senam-zumba-dalam-millenial-road-safety-festival-car-free-day-kota-malang/.