Konotasi Makna Libas dalam Pernikahan: Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Q.S al-Baqarah [2]:187
DOI:
https://doi.org/10.14421/jkii.v9i1.1372Keywords:
Libas, Pernikahan, Semiotika Roland BarthesAbstract
Di Indonesia sering dijumpai bahasa-bahasa kiasan, seperti kata libās dalam Q.S al-Baqarah [2]:187 yang sering digunakan oleh para pendakwah ketika menyampaikan mauizahnya pada acara pernikahan. Tujuan tulisan ini adalah untuk menjelaskan makna libas dalam Q.S al-Baqarah [2]: 187, yang mana kandungan dalam surah tersebut sering digunakan para pendakwah ketika acara resepsi pernikahan sebagai basis argumen mereka ketika menyampaikan mauizahnya. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif-analisis dengan menggunakan teori semiotika yang ditawarkan oleh Roland Barthes mengenai konsep mitologinya. Hasilnya, bahwa kata libās yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah ayat 187 secara denotasi memiliki makna pakaian yang berfungsi untuk melindungi dan menutupi anggota badan layaknya sebuah pakaian. Kemudian, makna konotasi atau mitologinya kata tersebut mengandung pesan yang ditujukan kepada suami istri untuk memiliki sikap kesalingan kepada pasangannya. Ketersalingan untuk saling menasihati, memberikan ketenangan dan saling menghiasi dalam kehidupan rumah tangga. Hal yang demikian merupakan salah satu aspek untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang harmonis.
[ In Indonesia, figurative language is often found, such as the word libās in Q.S al-Baqarah [2]:187 which is often used by preachers when delivering mauizah at weddings. The purpose of this paper is to explain the meaning of libās in Q.S al-Baqarah [2]: 187, which is often used by preachers during wedding receptions as the basis of their arguments when delivering their mauizah. This paper uses a descriptive-analytical method using the semiotic theory offered by Roland Barthes regarding the concept of mythology. The result is that the word libas found in Q.S Al-Baqarah verse 187 denotatively has the meaning of clothing that serves to protect and cover the limbs like a garment. Then, the connotation or mythological meaning of the word contains a message addressed to husbands and wives to have an attitude of submission to their partners. Submission to advise each other, provide peace and adorn each other in domestic life. This is one aspect of realising a harmonious home life.]
Downloads
References
Abdurrahman, Roni, and Mohamad Zaka Al-Farisi. “Konsep Makna Mau’izah Dalam Al-Qur’an: Implementasi Teori Semiotika Roland Barthes Terhadap Qs. An-Nahl Ayat 125.” Rayah AlIslam 7, no. 2 (2023).
Al-Asfihani, Ar-Roghib. Kamus Al-Qur’an: Al-Mufradat Fi Gharib Al-Qur’an. Edited by Ruslan Nurhadi. Vol. 02. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id, 2017.
Al-Baghawī, Muhammad al-Husein Ibn Masūd. Tafsīr Al-Baghawī: Mālim at-Tanzīl. Lebanon: Dār Ibn Hazm, 1423.
Al-Sya’labī, Imam. Al-Kasyif Wa Al-Bayān. Juz 2. Beirut: Dār Ihyā’ al-Turāṡ al-‘Arabī, 1422.
Alfiyanti, Laila. “Konsep Libas Dalam Al-Qur’an ( Studi Komparasi Dalam Penafsiran Surat Al-A’raf Ayat 26 Antara Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Azhar).” IAIN SALATIGA, 2017. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2864/.
An-Nisaburi, Al-Wahidi. Terjemahan Asbaabun Nuzul. Edited by A. Syifa’ul Qulub. Surabaya: Amelia Surabaya, 2014.
Asy-Syaukani. Tafsir Fathul Qadir. Jilid 1. Pustaka Azzam, 2008.
Azizah, Fazat. “Penafsiran Muhammad Syahrur Atas Pakaian Perempuan Dalam Al-Qur’an.” UIN Suana Kalijaga Yogyakarta, 2006.
Barthes, Roland. Mythologies. New York: The Noonday Press, 1972.
Dofio, Marten Anggara. “Konsep Makna Pakaian Dalam Al-Qur’an (Studi Deskriptif Analisis Tafsir Tematik).” IAIN CURUP, 2023.
Finora, Sri, and Jummi Nelli. “Mewujudkan Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Menuju Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Ulama’Tafsir (Qs. Al-Baqarah Ayat 187).” Jurnal Hukumah 4, no. 2 (2021).
Hamidah, Hamidah, and Ahmad Syadzali. “Analisis Semiotika Roland Barthes Tentang Fenomena Jilboobs.” Jurnal Studia Insania 4, no. 2 (2016): 117. https://doi.org/10.18592/jsi. v4i2.1124.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jilid 1. jakarta: Pustaka Nasional Pte Ltd Singapura, 1989.
Innayati, Mafisah, and Fikru Jayyid Husain. “Konsep Syura’ Dalam Al-Qur’an (Analisis Semiotika Roland Barthes).” Jurnal Contemplate 4, no. 01 (2023): 36–52.
Jalaluddin Al-Maalli, Jalaluddin As-Suyuti. Terjemahan Tafsir Jalalain. 1st ed. Sinar Baru Algensindo, n.d.
Kaṡir, Ismā’īl bin Umar bin Ibnu. Tafsīr Al-Qur’ān Al-’Aẓīm. Juz 1. Beirut: Dār al-Kitab al-‘Ilmīah, 1419.
Khikmatiar, Azkiya. “Konsep Poligami Dalam Al-Qur’an.” Qof 3, no. 1 (2019): 55–66. https://doi.org/10.30762/qof.v3i1.903.
Kodir, Faqihuddin Abdul. Qira’ah Mubadalah: Tafsir Progresif Untuk Keadilan Gender Dalam Islam. Edited by Rusdianto. Yogyakrta: IRCiSoD, 2019.
Mayyadah, Riadatul. “Konsep Libas Dalam Al-Qur’an (Studi Komparatif Atas Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim Karya Ibnu Ktasir Dan Tafsir Al-Muyassar Karya Aidh Bin Abdullah AlQarni Pada Surah Al-A’raf Ayat 26).” UIN MATARAM, 2018. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-casea7e576e1b6bf.
Mughnīah, Muhammad Jawād. Tafsīr Al-Kāsyif. Jilid 1. Beirut: Dār al-‘Anwār, n.d.
Mukti, Jatayu. “Makna Pakaian ( Libas ) Bagi Pasangan Dalam Al- Qur ’ an.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.
Munawwir, Ahmad, and Yusran. “Konsep Libas (Pakaian) Dalam Al-Qur’an.” Tafsere 9 (2021): 192–210.
Murni, D, and H Asparul. “Penafsiran Ayat Al-Libảs Dalam Tafsir Kontemporer.” SYAHADAH: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan …, 2021, 15–27.
http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/367%0Ahttp://ejournal.fiaiunisi.ac.id/ index.php/syahadah/article/download/367/278.
Mustautina, Inayatul. “Al-Kitāb Wa Al-Qur’ān: Qirā’ah Mu’aṣirah.” Jurnal Al-Fanar 3, no. 1 (2020): 27–40. https://doi.org/10.33511/alfanar.v3n1.27-40.
Nabihati, Khansa Hashifa. “Konsep Asma Al-Qur ’ an Dalam AlQur ’ an ( Analisis Semiotika Roland Barthes ).” Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 7 (2023): 2652–63.
Nihayah, Rohatun. “Term Al-Libas Dalam Al-Qur’an: Kajian Tafsir Tekstual-Kontekstual.” Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum V (2019).
Qurthubi. Terjemah Tafsir Al-Qurthubi. Edited by Mukhlis B. Mukti. Jilid 2. Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.
Sari, Maula, and Fahrudin. “Konsep Keharmonisan Rumah Tangga Dalam Al- Qur ’ an ( Interpretasi Ma ’ Na -Cum-Maghza Atas Term Libas Dalam QS . Al-Baqarah : 187 ).” Al-Dzikra 15, no.
(2021).
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Volume 2. Jakarta: Penerbit Lentera Hati, 2000.
Tamara, Junisti. “Kajian Semiotika Roland Barthes Pada Poster Unicef.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 3, no. 2 (2020): 726–33. https://doi.org/10.34007/ jehss.v3i2.403.
Umaroh, Dewi. “Makna ’Abasa Nabi Muhammad Dalam Al-Qur’an (Aplikasi Semiotika Roland Barthes Terhadap Q.S. ’Abasa [80]: 1).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir 5, no. 2 (2020): 116–27. https://journal.uinsgd.ac.id/index. php/Al-Bayan/article/view/11640/5308.
Wismanto, Agus. “Strukturalisme Mistik: Tahayul/Mitos/Dongeng De Saussure (1857-1913) & Roland Barthes (1915-1980).” Sasindo 6, no. 1 (2019). https://doi.org/10.26877/sasindo. v6i1.3699.
Zuhaili, Wahbah. Terjemah Tafsir Al-Munir. Jilid 13. Gema Insani, 2016.