Transformatif Generasi Digital: Mengoptimalkan Penggalangan Dana Daring dan Literasi Filantropi Melalui Warung Bumbu Langit
Keywords:
Transformasi Filantropi , Generasi Digital, Warung Bumbu LangitAbstract
Digitalisasi telah mendorong peningkatan aktivitas filantropi modern yang menunjukkan bentuk nyata dari meningkatnya kepedulian masyarakat. Berkat adanya kemajuan teknologi membuat kegiatan amal yang dahulu dilakukan secara langsung, kini dapat dilakukan dengan lebih mudah, salah satunya melalui kegiatan donasi sehingga dapat memberikan akses lebih luas kepada siapa saja untuk berkontribusi. Generasi muda yang tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya digitalisasi tidak dapat dipisahkan dari digitalisasi dan media sosial. Generasi muda memang secara nominal belum bisa memberikan bantuan dalam jumlah yang banyak, tetapi mereka mampu memberikan ide kreatif dan inovasinya dalam penggalangan dana. Mereka mampu mengubah cara pandang masyarakat dalam hal filantropi Islam khususnya zakat, infak dan sedekah. Melalui media sosial dan platform online lainnya menjadi sarana generasi muda menyuarakan atau mempublikasikan literasi filantropi kepada masyarakat umum. Strategi pengumpulan dana melalui platform online ini dilakukan oleh lembaga amal di Wonosobo yaitu Warung Bumbu Langit. Pemanfaatan media sosial dan platform online lainnya sangat penting digunakan untuk pembayaran digital maupun promosi program yang ditawarkan oleh Warung Bumbu Langit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu studi kasus deskriptif analitis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa potensi generasi muda dalam memajukan filantropi di era digital, serta merumuskan model penguatan literasi dan partisipasi masyarakat melalui media.
[ Digitalization has driven an increase in modern philanthropic activities that show a real form of increasing public concern. Thanks to advances in technology, charitable activities that used to be carried out directly can now be done more easily, one of which is through donation activities so that it can provide wider access to anyone to contribute. The younger generation who grew up along with the growth of digitalization cannot be separated from digitalization and social media. The younger generation is indeed not yet able to provide assistance in large amounts, but they are able to provide creative ideas and innovations in fundraising. They are able to change the way society views Islamic philanthropy, especially zakat, infaq and sedekah. Through social media and other online platforms, it becomes a means for the younger generation to voice or publish philanthropic literacy to the general public. The strategy of raising funds through this online platform is carried out by a charity in Wonosobo, namely Warung Bumbu Langit. The use of social media and other online platforms is very important for digital payments and promotion of programs offered by Warung Bumbu Langit. This study uses a qualitative method, namely a descriptive analytical case study. This study aims to analyze the potential of the younger generation in advancing philanthropy in the digital era, as well as formulating a model for strengthening literacy and community participation through the media].
Downloads


References
Abdullah, Amin. Multidisiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin; Metode Studi Agama dan Studi Islam di Era Kontemporer. Yogyakarta: IB Pustaka, n.d.
Abdussamad, H. Zuchri, and M. Si Sik. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. Accessed July 18, 2024. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=metode+penelitian+&redir_esc=y#v=onepage&q=metode%20penelitian&f=false
Afiyana, Indria Fitri, Lucky Nugroho, Tettet Fitrijanti, and Citra Sukmadilaga. “Tantangan Pengelolaan Dana Zakat Di Indonesia Dan Literasi Zakat.” Akuntabel 16, no. 2 (2019).
Alfayani, Venny, Darwis Harahap, and Rodame Monitorir Napitupulu. “Tingkat Kesadaran Generasi Milenial Bersedekah melalui Kitabisa.com.” Journal of Islamic Social Finance Management 2, no. 2 (December 31, 2021).
Alwasilah, A. Chaedar, and Senny Suzanna Alwasilah. Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Kiblat Buku Utama, 2022.
Anggraini, Yuanita Nur, and Rachma Indrarini. “Analisis Pengaruh Literasi Zakat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Melalui Zakat Digital Pada Masyarakat Di Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 5, no. 1 (2022).
Ardiansyah, Firman, Fitriyana Agustin, and Ridan Muhtadi. “Digitalisasi Filantropi Islam Pada Pesantren Di Pulau Madura.” IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and
Hidayat, Aisyah Ayu Anggraeni. “Platform Donasi Online Dan Filantropi Digital (Kajian Aktivitas Filantropi Dan Komodifikasi Kampanye Sosial Melalui Kitabisa. Com).” PhD Thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2019. Accessed May 24, 2025. https://repository.unair.ac.id/87205/.
HN. “Wawancara Volunter Warung Bumbu Langit,” September 20, 2024.
Holilur Rahman. “Inovasi Pengelolaan Zakat Di Era Digital (Studi Akses Digital Dalam Pengumpulan Zakat).” Jurnal Kajian Islam 6, no. 2 (2021): 53–63.
Janatin, Risqa Puspa, and Maya Dewi Kurnia. “Upaya Pengembangan Karakter Pada Generasi Muda Di Era Digital.” Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 1, no. 2 (November 15, 2022): 109–115.
Junidar, Ulfa. “Strategi Pemasaran Digital Lembaga Filantropi Islam:(Studi Terhadap PKPU Dan Rumah Zakat Di Indonesia).” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam 2, no. 2 (2020): 190–218.
Kharima, Nadya, Fauziah Muslimah, and Aninda Dwi Anjani. “Strategi Filantropi Islam Berbasis Media Digital.” EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial 10, no. 1 (2021): 45–53.
Kurniaputri, Mega Rahma, Dwihapsari, Rindani, Nurul Huda, Rini Nova, and Rini Nova. “Intensi Perilaku Dan Religiusitas Generasi Millenials Terhadap Keputusan Pembayaran ZIS Melalui Platform Digital.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 7, no.2 (2020): 15–22.
Makhrus, M., N. Al Ngizati Ngama Yasifah, Istianah Istianah, and Mega Octaviany. “Peningkatan Literasi Digital Melalui Idebergerak. Com Sebagai Gerakan Filantropi Berbasis Komunitas.” Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 1 (2023): 9–21.
Muntazah, Arina, and Rosiana Andhikasari. “Peran Media Digital Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Lembaga Filantropi Islam Di Indonesia.” JKOMDIS: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial 2, no. 1 (2022): 1–7.
Owner Warung Bumbu Langit. “Wawancara Owner Warung Bumbu Langit,” September 20, 2024.