Dakwah Youtube Sebagai Komoditas Masyarakat Perkotaan

Authors

  • Iin Nur Zulaili UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jkii.v3i2.1204

Keywords:

Dakwah Islam, Youtube, Masyarakat Perkotaan, Gerakan Dakwah

Abstract

Dakwah Youtube menjadi salah satu alat media untuk mentransformasikan ilmu tentang ajakan, larangan maupun berita melalui YouTube. Jika hal itu dijadikan sebagai medium aktivitas maka persepsi tentang dakwah sebagai aktivitas keluar rumah atau berpidato di depan orang banyak tentu mengalami perubahan. Dakwah saat ini mengalami pergeseran makna dan gerakan. Metode yang penulis lakukan ialah metode kualitatif diperkuat dengan teori New Social Movement. Metode ini untuk mengungkapkan makna dari beberapa konten Islami yang ada di Youtube yang digerakkan oleh masyarakat perkotaan sehingga akan terlihat bagaimana media dakwah tersebut memberikan dampak yang terjadi pada kebanyakan anak muda saat ini. Kemudian teori gerakan sosial baru akan memberikan gambaran secara global bahwa gerakan dakwah lewat media Youtube tersebut tmengartikulasikan gerakan perubahan pola pikir pada masyarakat Indonesia dalam menyikapi dan memanfaatkan media.

[Da'wah Youtube is one of the media tools to transform knowledge about invitations, prohibitions and news through YouTube. If it is used as a medium of activity, the perception of da'wah as an activity to leave the house or make speeches in front of the crowd will certainly experience a change. Da'wah is currently experiencing a shift in meaning and movement. The method used by the author is a qualitative method reinforced by the theory of the New Social Movement. This method is to reveal the meaning of some Islamic content on Youtube that is driven by urban communities so that it will be seen how the preaching media has an impact on most young people today. Then the new social movement theory will provide a global picture that the da'wah movement through Youtube media articulates a movement of changing mindsets in Indonesian society in responding to and utilizing the media.]

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 408 times | PDF downloaded = 329 times

References

Abdul Aziz, Muhammad. Jurus Jitu Da’i Profesional:Materi-Materi Ceramah.

Kediri:Lirboyo Press. 2015.

Amin, Samsul Munir. 2008. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam.

Jakarta:Amzah.

Arifin, Anwar. Dakwah Kontemporer:Sebuah Studi Komunikasi.

Yogyakarta:Graha Ilmu. 2011.

Aripudin, Acep. Dakwah Antarbudaya. Bandung:PT Remaja Rosdakarya. 2012.

Didin Hafidhuddin, Dakwah Aktual. Jakarta:Gema Insani Press. 1998.

Harahap, Nasruddin. Dakwah dan Pengembangan Masyarakat.

Yogyakarta:Pustaka Pesnatren. 2011.

Masyhur, Mushtafa. Fiqih Dakwa:. Jilid I. Jakarta:Al-I’tishom. 2000.

Muhaemin Abda, Slamet. Prinsip-Prinsip Metodologi Da’wah. Surabaya:Al-

Ikhlas. 1994.

Puteh, Jakfar. Dakwah di Era Globalisasi:Strategi Menghadapi Perubahan

Sosial. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2000.

Saeful Muhtadi, Asep . Komunikasi Dakwah:Teori, Pendekatan, dan Aplikasi.

Bandung:Simbiosa Rekatama Media. 2012.

Singh, Rajendra. Gerakan Sosial Baru. Yogyakarta:Resist Book. 2010.

https://geotimes.co.id

https://www.youtube.com/watch?v=IDYJpfzYz0s.

Downloads

Published

2021-03-09

How to Cite

Zulaili, I. N. (2021). Dakwah Youtube Sebagai Komoditas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 3(2), 193–209. https://doi.org/10.14421/jkii.v3i2.1204

Issue

Section

Articles