Profesionalitas Dan Penilaian Kinerja Guru PAI: Studi Pada Guru SMP Di Kabupaten Magelang
DOI:
https://doi.org/10.14421/jkii.v6i1.1146Keywords:
Profesionalitas Guru, Motivasi Mengajar, Hasil Penilaian Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa adanya pengaruh profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bersertifikasi dan motivasi mengajar terhadap hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG). Populasi dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam bersertifikasi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Magelang, yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Guru PAI sertifikasi yang masuk dalam kategori hasil PKG sangat baik berjumlah 52 guru (100%). Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan profesionalitas GPAI sertifikasi dan motivasi mengajar terhadap hasil PKG, sumbangan relative (SR) masing-masing variabel bebas yaitu, profesionalitas GPAI sertifikasi menyumbang 61,3% dan motivasi mengajar menyumbang sebesar 38,7%. Sumbangan efektif (SE) masing-masing variabel bebas yaitu, profesionalitas GPAI sertifikasi menyumbang 38,6% dan motivasi mengajar menyumbang sebesar 24,4%. Besarnya sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 63% sedangkan 37% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
[This study aims to analyze the effect of the professionalism of certified Islamic Religious Education (PAI) teachers and teaching motivation on the results of the Teacher Performance Assessment (PKG). The population of this study were teachers of Islamic Religious Education certified at the Junior High School (SMP) level in Magelang Regency, totaling 52 people. Data collection techniques using a questionnaire. The analytical method used is multiple linear regression. The results of this study indicate that: first, the certified PAI teachers who fall into the category of very good PKG results are 52 teachers (100%). Second, there is a positive and significant effect of GPAI certification professionalism and teaching motivation on PKG results, the relative contribution (SR) of each independent variable, namely, GPAI certification professionalism contributed 61.3% and teaching motivation contributed 38.7%. The effective contribution (SE) of each independent variable, namely, GPAI certification professionalism contributed 38.6% and teaching motivation contributed 24.4%. The effective contribution (SE) of the two independent variables to the dependent variable is 63%, while 37% is influenced by other variables not examined in this study.]
Downloads
References
Am, Sardiman. “Interaksi dan motivasi belajar mengajar.” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Ardana, Komang. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
Arikunto, Suharsimi. “Prosedur penelitian dan pendekatan praktek.” Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Dimyati, dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Guza, Afnil. Undang-undang SISDIKNAS dan Undang-undang Guru dan Dosen. Asa Muda, 2009.
Hamalik, Oemar. Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Jalal, Fasli, dan Dedi Supriadi. Reformasi pendidikan dalam konteks otonomi daerah. Diterbitkan atas kerjasama Depdiknas, Bappenas, Adicita Karya Nusa, 2001.
Kadarisman, Muhammad. “Manajemen pengembangan sumber daya manusia.” Jakarta: Rajawali Pers 2 (2012): 13.
Khoirunnisa, Rofiqoh. Pemenuhan Kebutuhan Dasar Guru SMA Ma’arif NU 1 Kemrajen Kaitannya dengan Sertifikasi Guru dan Keagamaan. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2018.
Lestari, Sri. “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010. https://digilib.uin-suka.ac.id/4351/.
Mubarok, Ahmad. Studi Komparasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bersertifikasi dengan Guru Non Sertifikasi Pendidik Mata Pelajaran SAINS pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Metro, Lampung. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Mulyasa, E. Standar Kompetisi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Mulyasa, Endang. “Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Muslich, Masnur. “Sertifikasi guru menuju profesionalisme pendidik.” Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Payong, Marselus R. Sertifikasi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks, 2011.
Priansa, D.J. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta, 2014.
Ridla, M Rasyid. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2008).
Rusman. Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Alfabeta, 2009.
Sanusi, Achmad. Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: IKIP Bandung Departemen P dan K, 1991.
Sarimaya, Farida. “Sertifikasi Guru, Apa, mengapa dan bagaimana.” Bandung: Yrama Widya, 2008.
Sarjono. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Jur PAI Fak. TY, UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Solihin, Ahmad. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Mangajar Guru Di SD Kota Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2007.
Sulistyowati, Tri. “Pengaruh Predikat Profesionalitas Guru Bersertifikat Pendidik, Masa Kerja, dan Usia terhadap Mutu Pembelajaran di MI Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.” Masters, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. http://digilib.uin-suka.ac.id/27795/.
Sumarni, Sri. “The Teachers’ Self-Adjustment Dynamics In Joining National Certification And The 21th Century Demand Fullfillment: A Case Of Profession Education Implementation Of Multicultural Teachers At UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.” International Journal Of Scientific & Technology Research 8, no. 10 (2019).
Uno, Hamzah B. “Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran.” Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
———. “Teori motivasi & pengukurannya.” Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Uno, Hamzah B., dan Nina Lamatenggo. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Wahab. Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama, 2011.