Abstract
KKN merupakan bagian integral sistem pendidikan tinggi. Oleh karena itu, sering perubahan IAIN menjadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dimana paradigm keilmuannya juga berubah menjadi integrasi-interkoneksi, KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seyogyanya juga menganut paradigm tersebut. Berdasarkan hal tersebut, ada dua hal yang ingin dijawab dari tulisan ini, yaitu bagaimana paradigma integrasi-interkoneksi dirumuskan dan dilaksanakan dalam bentuk program kerja, dan apa factor penghambat dan pendoroangnya. Untuk menjawab persoalan tersebut, penulis melakukan penelitian di dua lokasi KKN di dusun Sanggrahan dan Rajek Wetan dengan peserta 30 orang. Agar tidak semata-mata teoritis, penelitian ini metode semi participatory action research. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa untuk merumuskan KKN Integratif-interkonektif perlu kesadaran bahwa antarilmu (agama dan sekular) harus saling terkait untuk menyelesaikan problem masyarakat. Hambatan yang sering terjadi adalah ketidak pahaman mahasiswa atas peran yang harus dilakukan sebagai peserta KKN.References
Adi R. Thahir. 2006. “Pola Pelatihan Kader Bagi Masyarakat” (makalah). Jakarta: LPM Universitas Trisakti.
Akhmad Sudrajat. “Pendekatan Sosial dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata” (KKN) (makalah).
Amin Abdullah. 2010. Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amin Abdullah. 2010. “Integrasi dan Interkoneksi: Pengembangan Paradigma Keilmuan (teori-Praksis) di UIN Sunan Kalijaga” dalam Workshop Pengembangan Calon Dosen UIN Sunan Kalijaga Angkatan I. 11 Oktober 2010
Azyumardi Azra. (2003) IAIN di Tengah Paradigma Baru Perguruan Tinggi, Jurnal Inovasi Pendidikan Tinggi Agama Islam, Vol. VI/No. 02/2003
Francisco Budi Hardiman (1990) Kritik Ideologi: Pertautan Pengetahuan dan Kepentingan. Yogyakarta: Kanisius.
Gerungan, WA. 1977. Psychologi Sosial. Bandung : Eresco.
Hanna Djumhana Bastaman. (1995) Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huzni Thoyyar. “Model-Model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam (Survey Literatur terhadap Pemikiran Islam Kontemporer)” (makalah).
Indal Abror (ed). 2010. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. LPM UIN Sunan Kalijaga.
Jalaluddin Rakhmat. 1985. Psikologi Komunikasi. Bandung : C.V. Remaja Karya.
Joko Prastowo dan Eko Agus Suyono (ed). 2007. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Perguruan Tinggi Di Indonesia. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2007
Kartika Wangsarahardja. 2006. Pendekatan Sosial (makalah). Jakarta: LPM Universitas Trisakti.
Kartika Wangsarahardja. 2006. Penyuluhan Kepada Masyarakat (makalah). Jakarta: LPM Universitas Trisakti.
Mulyadhi Kartanegara. (2005) Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik. Bandung: Arasy (Mizan Group).
Yuni Retna Dewi. “Teknik Komunikasi Pada Proses Pendekatan Masyarakat” (makalah). Jakarta: LPM Universitas Trisakti.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.