Potret Dakwah Kontroversial Tayangan Televisi
PDF

Keywords

Potret
Dakwah Kontroversial
Tayangan Televisi

How to Cite

Zamroni, M. (2016). Potret Dakwah Kontroversial Tayangan Televisi. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 35–50. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1173

Abstract

Salah satu tayangan Televisi bermuatan dakwah kontroversial adalah program acara Khazanah berdasarkan substansi, sistem pengemasan, dan jam tayang diproduksi oleh stasiun Trans7.Secara substansi dan tema lebih mengedepankan sisi kelompok masyarakat yang tidak suka tanpa memberikan ruang buat kelompok yang senang mengamalkannya. Padahal mereka tentulah juga  memiliki dalil dan argument yang kuat. Ujung-ujungnya bisa menggiring pada pembodohan masyarakat dan menjurus kearah konflik. Dalam pengemasan program acara Khazanah juga dianggap sudah baik, hanya saja gambar-gambar (feature) hanya diambil dari youtube bukan langsung produksi sendiri terkesan hanya dicocok-cocokkan. Durasi yang relatif tidak lama, yakni 30 menit adalah cukup, sehingga tidak membosankan.Respon khalayak NU, Muhammadiyah dan Syi’ah dengan jam tayang program acara Khazanah di Trans7 yang disiarkan mulai jam 05.30 sampai dengan jam 06.00 adalah prime time ditanggapi berbeda-beda. Paling tidak tercatat ada empat (4) episode yang dianggap kontroversial yaitu pertama, edisi 14 November 2012 menyalahkan praktek ziarah kubur yang dilakukan oleh mayoritas umat Islam Indonesia sebagai perbuatan syirik; Kedua, pada edisi 02 April 2013 menyalahkan praktek doa dan tawasul; Ketiga, edisi 04 April 2013 menyalahkan ajaran Ulama dan Kyai aliran (faham) Ahlussunnah wal Jamaah serta menyudutkan sosok seorang kyai sebagai sosok pelaku syirik; dan Keempat, edisi 31 Oktober 2013 berjudul mengenal Syiah.

https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1173
PDF

References

Adi, Tri Nugroho. 2008. Identitas Kultural Dan Televisi Lokal (Studi Tentang Konstruksi dan Representasi Identitas Kultural dalam Tayangan Banyumas TV). Thesis Magister Pascasrjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tidak diterbitkan.

Arifin, Zaenal, 2007, Syi’ar Deddy Mizwar. STAIN Purwokerto Press.

Azra, Azyumardi, 1999, Konteks Berteologi di Indonesia: Pengalaman Islam. Jakarta: Paramadina.

Baudrillard, Jean. The Consumer Society. London: Sage Publication.

Barker, Chris. Cultural Studies: Theory and Practice (2nd edition). London: SAGE Publishers

Bennet, Tonny. “Media, Reality Signification” dalam Michel Gurevitch (ed), Culture, Society and the Media. Metheun

Beniger, J.R. dan J.A.Gusek. “The Cognitive Revolution in Public Opinion and Communication Research” dalam Public Opinion and the Communication of Consent (T.L.Glasser and C.T. Salmon. Eds). New York: The Guilford Press.

Berger, Peter dan Thomas Luckman. Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Sebuah Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan (terjemahan). Jakarta: LP3ES

Berlo, David. The Process Communication: An Introduction to Theory an Practice. New York: Rinehart and Winston’

Budiyanto, Irmayanti Meliono. 2004. Ideologi Budaya. Kota Kita.

Burton, Graeme. Talking Television: An Intoduction to The Study of Talk Television. London: Hodder Arnold

Blumer, Herbert. Symbolic Interaction. New York: Prentice Hall.

Bourdieu, P. Outline of a Theory of Practice. Cambridge: Cambridge University Press. Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste. Cambridge: Harvard University

Bungin, Burhan. Imaji Media Massa: Konstruksi dan Makna Realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik. Yogyakarta: Jendela.

Creswell, John W. Research Design. Qualitative & Quantitative Approaches. USA: SAGE Publication.

De Fleur, Melvin L., and Rokeach, Sandra-Ball. 1982. Theories of Mass Communication, Fourth Edition. New York & London: Longman.

Du Guy.P dan Hall, dkk. Doing Cultural Studies. Berkeley: Sage & Buckingham, Open Unversity

Effendi, Bachtiar, 2009, Islam dan Negara, Ys. Wakaf Paramadina.

Eldin, Achyar. 2003. Dakwah Stratejik. Jakarta: Pustaka Tarbiyatuna.

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media., Yogyakarta: LKiS.

Foley, William A.,(1997), "Anthropological Linguistics An Introduction", Malden USA: Balckwell Publishers Inc.

Fairclough, Norman. Critical Discourse Analysis. New York: Longman Group Limited.

Fidler, Roger. Mediamorfosis: Understanding New Media. California: Pine Forge Press

Fiske, John. Television Culture. London: Routledge

Geertz, Clifford. 1972. The Interpretation of Culture. New York: Basic BookGoffman, Erving. 1973. Frame Analysis. An Essay on the Organization of Experience London:Harper & Row Publishers

Hamad, Ibnu, 2008, ”Manajemen Dakwah di TV”, Makalah Seminar ”Pembinaan Dakwah Media Elektronik”. KODI DKI Jakarta.

Habermas, Jurgen. The Theory of Communicative Action Vol. 2 (terj. Thomas McCharty). Boston: Beacon Press

Hall, Stuart. “The Centrality of Culture: Notes on the Cultural Revolutions of Our Times” dalam K. Thompson (ed.) Media and Cultural Regulations. London: Sage.

Hidayat, Helmi, 2008, ”Membumikan Ajaran Islam melalui Dakwah Interaktif di Televisi”, Makalah Seminar “Pembinaan Dakwah Media Elektronik”. KODI DKI Jakarta.

Jensen, Klaus Bruhn, “ News as Social Resources,” Dalam European Journal of Communication 3. 3 : 275-301, 1988

----------. “Media Audiences. Reception Analysis; mass communication as the social production of meaning“.Dalam Klaus Bruhn Jensen & Nicholas W Jankowski. (eds.). A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Communication Research.London : Routledge,1999.

Jensen, Klaus Bruhn & Rosengen,Karl Erik. “Five Tradition in Search of Audience”.Dalam Oliver Boyd-Barret & Chris Newbold (ed.). Approaches to Media A Reader.New York :Oxford University Press Inc, 1995.

Jensen, William I. Rivers-Jay W.- - Theodore Paterson, 2008, Media Massa & Masyarakat Modern, Kencana Prenada Media Group.

Kontowijoyo, 1985, Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia. Yogyakarta: Salahudin Press.

Kohar, Wakidul, M.Ag, dalam: Amir Mahmud (ed.), 2005, Islam dan Realitas Sosial Di mata Intelektual Muslim Indonesia, Edu Indonesia Sinergi.

Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI, 2007, Dakwah Satu Dasawarsa: Daro seruan ke Pelayanan.

Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication.(7ed.)USA: Wadworth.

Marris, Paul & Sue Thornham. , 1996. Media Studies A Reader 2ed. Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Morley, David. 1986. Family Television: Cultural Power and Domestic Leisure.London: A Comedia Book.

Michel Faucoult, dalam: Mujiburrahman, 2008, Mengislamkan Indonesia, Pustaka Pelajar Offset.

Murdock, dan Golding. 1992. “Culture, Communications and Political Economy”, dalam Mass Media and Society, Ed. James Curran and Michael Gurevitch. London, New York, Melbourne, Auckland: Edward Arnold.

Mulyana, 2005, Kajian Wacana Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi. PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan lainnya, PT, Remaja Rosda Karya.

McQuail, Dennis. 2000. McQuail’s Mass Communication Theory. London: Sage Publications

Mc Quail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, edisi kedua. Penerjemah Agus Dharma dan Aminuddin Ram. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nugoho, Bimo. Dead Media Society. Jakarta: Medialink “Menyoal Infotainment di Televisi” dalam News Letter KPI, Edisi Januari-Maret

Nugroho, Garin. Kekuasaan dan Hiburan. Yogya: Yayasan Bentang Budaya “Periode Kedua Industri Televisi Visi Baru dalam Dunia Serba Gampang” dalam Kompas (Minggu, 16 November). “Televisi Musuh di Ruang Keluarga” dalam Kompas (Rabu, 9 Juni)

Pawito . Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : LkiS, 2007.

Smith, Philip. 2001a “The Durkheimians: Ritual, Classification and The Sacred” dalam Cultural Theory: An Introduction. Oxford & Massachusetts: Blackwell Publishers

----------2001b Cultural Theory: An Introduction. Oxford & Massachusetts: Blackwell Publishers

Suparta, Munzier dan Harjani (Ed.), 2003, Metode Dakwah, Jakarta: Rahmat Semesta.

Sunandar. 2008, “Tantangan dan Problematika Dakwah di Televisi”, Makalah Seminar “Pembinaan Dakwah Media Elektronik”. KODI DKI Jakarta.

Sutrisno, Mudji, dan Hendar Putranto. (ed.),2005, Teori-Teori Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius.

Winarto, Yunita T. dkk. (Peny.), 2004, Karya Tulis Ilmiah Sosial. Ys. Obor Indonesia.

Wolf, Eric R. Pathways of Power: Building an Anthropology of the Modern World. Berkeley: University of California Press.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.