Metode Pendidikan Anak Berbasis Qishshah AL-Anbiyâ’ dan Kontekstualisasinya di Perguruan Tinggi Islam
PDF

Keywords

methods
education
children
stories
the prophet .

How to Cite

Syamsuddin, M. (2018). Metode Pendidikan Anak Berbasis Qishshah AL-Anbiyâ’ dan Kontekstualisasinya di Perguruan Tinggi Islam. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 1–13. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1243

Abstract

The purpose of this paper is to make the children's stories of the Prophets in the Koran as a basic method of child education. The background of the lack of studies in children's education that makes the Koran as the basis for the development of education and learning theory. In addition, the College of Religious Islam is supposed to close by the Koran thus many choose Western- secular theory . The theory used in this paper is a story in the Quran and learning methodologies . Using data from the literature and discourse analysis, this paper found that the prophetic method of educating children in the Koran are prenatally using monologues and after birth using the method of dialogue with intuitive engineering - shar'ī , case studies , emotive and scientific debate.

Tujuan tulisan ini adalah menjadikan kisah-kisah anak para Nabi dalam Alquran sebagai dasar metode pendidikan anak. Ini dilatarbelakangi dari minimnya kajian dalam pendidikan anak yang menjadikan Alquran sebagai dasar pengembangan teori pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang seharusnya dekat dengan Alquran justru banyak memilih teori Barat-sekuler. Teori yang digunakan dalam tulisan ini adalah qashâsh al-qur’ân dan metodologi pembelajaran. Dengan menggunakan data pustaka dan analisis wacana tulisan ini menemukan bahwa metode kenabian dalam mendidik anak dalam Alquran adalah sebelum lahir menggunakan metode monolog dan setelah lahir menggunakan metode dialog dengan teknik intuitif-syar‘i, studi kasus, emotif dan debat ilmiah.

https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1243
PDF

References

Alûsĭ, Abĭ al-Fadhl Syihâb ad-Dĭn al- ( t.t.): Rûh al-Ma‘ânĭ fĭ Tafsĭr al-Qur’ân al-‘azhĭm wa Sab‘ al-Matsânĭ. Bierut: Dâr al-Fikr. Juz. 19.

Bâqĭ, Muhammad Fu‘âd ‘Abd al- (2001): al-Mu‘jam al-Mufahras li-Alfâzh al-Qur’ân al-Karĭm. Kairo: Dâr al-Hadĭts.

Bungin, Burhan (2008): Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Chirzin, Muhammad. (2003): Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: PT Dana Bakti Prisma Yasa.

Djajasudarma, Fatimah (2006): Metoda Linguistik Ancangan Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Hamĭd, Râjih ‘Abd al- (t.t.): Nazhariyah al-Ma‘rifah bain al-Qur‘ân wa al-Falsafah. Riyâd: Maktabah al-Muayyadah..

Hanafi, Hasan. (1996): Oksidentalisme; Sikap Kita terhadap Tradisi Barat. Jakarta: Paramadiana.

Huda, Miftahul. (2008): Interaksi Pendidikan; 10 Cara Qur’an Mendidik Anak. Malang: UIN Malang Press.

Jabirĭ, Muhammad ‘Âbid al- (2006): Madkhal ilâ al-Qur’ân al-Karĭm. al-Juz’ al-Awwal. fĭ al-Ta‘rĭf bi al-Qur’ân. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wahdah al-‘Arabiyyah.

Kullĭ, Amĭn al- (1995): Manâhij Tajdĭd fi al-Nahw wa al-Balâgah wa al-Tafsĭr wa al-Adab. Kairo: al-Haiah al-Mishriyyah al-’Ammah li al-Kitâb.

Mahsun (2005): Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mufarrokhah, Anissatul. (2009): Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Munawir, Fajrul dkk. Al-Qur’an. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga. 2005.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005): Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Patria, Nezar & Andi Arief. (1999): Antonio Gramsci Negara & Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Qaththân, Mannâ’ al- (t.t.): Mabâhits fĭ ‘Ulûm al-Qur’ân. Kairo: Mansyûrât al-Ashr al-Hadĭts.

Qurthûbĭ, Abĭ ‘Abd Allâh Muhammad Ibn Muhammad al- (1988): Al-Jamĭ‘ li Ahkâm al-Qur’ân. Bierut: Dâr al-Fikr. Juz. 7.

Rahĭm, Muhammad ‘Abd ar- (t.t.) Mu‘jizah wa ‘Ajâib min al-Qur’ân al-Karĭm. Beirut: Dâr al-Fikr.

Sahrûr, Muhammad (2000): Al-Kitâb wa al-Qur’ân: Qirâ’ah Mu‘âshirah. Beirut: Syirkah Mathbû‘ah.

Sâlih, Ahmad Zakĭ (1977): ‘Ilm an-Nafsĭ at-Tarbawĭ. Kairo: Maktabah an-Nahdhah al-Mishriyyah.

Shiddieqy, M. Hasbi Ash- (1972: Ilmu-Ilmu Alquran. Jakarta: Bulan Bintang.

Suyanto, Slamet (2003): Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyûthĭ, Jalâl ad-Dĭn as- (t.t.): Ad-Durr al-Manthûr fĭ tafsĭr al-ma’tsûr. Bierut: Dâr al-Fikr.

Syah, Hidayat (2010): Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif. Pekanbaru: Suska Press.

Syaltût, Mahmûd (1966): Al-Islâm ‘Aqĭdah wa as-Syarĭ‘ah. Beirut: Dar al-Qalâm.

Tarigan, Henry Guntur (2009): Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Walgito, Bimo (1993): Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Jakarta: Andi Offset, h. 202.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.