Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kekurangmampuan masyarakat Padukuhan Tritis terutama Lansia dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ada di Padukuhan Tritis agar dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan aturan bacaan (Tajwid) yang benar. Setelah melakukan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode belajar; Talqin, ceramah, latuhan pengulangan, dan penugasan, ditemukan beberapa temuan, diantaranya: meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an, serta partisipasi lansia dalam belajar membaca Al-Qur’an menjadi lebih kondusif.References
Basleman, A., & Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramayulis. (1994). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Solfema. (2013). Andragogi Konsep dan Penerapannya. Malang: Wineka Cipta.
Sudjana, D. (1991). Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah & Teori Pendukung Asas. Bandung: Nusantara Press.
Supriadie, D., & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S. (1989). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.