Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Sikap Disiplin di SD IT Salsabila Yogyakarta
PDF

Keywords

Kebijakan kepala sekolah
Disiplin

How to Cite

Rohmah, I., & Hidayat, N. (2019). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Sikap Disiplin di SD IT Salsabila Yogyakarta. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 19(1), 29–40. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v19i1.1910

Abstract

Abstrak.Pendidikan merupakan suatu tolak ukur dalam kemajuan suatu negara. Suatu negara dikatakan maju apabila pendidikan merata dikalangan masyarakat untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan adalah suatu hal yang sangat mendukung dalam pembangunan dan kemajuan suatu negara. Oleh sebab itu ada sinegri antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mencetak kualitas dan karakter yang tinggi, dan ketiga komponen tersebut saling mendukung. Sekolah merupakan lembaga yang paling baik dan stategis dalam menanamkan nilai karakter peserta didik, dalam kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. Melalui kebijakan yang baik akan menumbuhkan kedisiplinan dikalangan sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meluputi, 1) bagaimana Upaya kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter sikap disiplin di SDIT Salsabila Al-Muthi’in, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Upaya Kepala Sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter disiplin di SDIT  Salsabila Al-Muthi’in. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan melalui pengamatan, wawacara dan dokumentasi.

https://doi.org/10.14421/aplikasia.v19i1.1910
PDF

References

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ardy Wiyani Novan. 2012. Membukan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Baharudin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fattah, Nanang. 2013. Analisi Kebijakan Pendidikan, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Ghony, Djunaidi dkk. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hafidudin, Didin. 2003. Manajemen Sya’riah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Hambubi M. 2012. Pendidikan Karakter Aswaja Sebagai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Kholis, Nur. 2003. Menegemen Berbasis Sekolah. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Marzuki. 2015 Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Meleong, Lexy J. 2001.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tentang Krisis Multidimensional . Jaklarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Dedy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. 2012. Caracter Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta Ar-Ruz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 28 tahun 2010 Tentang Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, pasal 1

Poerwodarminto W.JS. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto. 2010. Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Modern. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Putra, Nusa. 2013 Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Rimm Sylvia.2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sulityowati, Endah 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yogyakarta:PT Citra Adi Pratama.

Syah Muhibbin, 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufiq Andrianto,Tuhana. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim penyusun. 2010. Desain Induk pendidikan Karakter. Kemendiknas.Sikdikna. Bandung, Penerbit Citra Umbara.

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengebangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal BAB 1 Pasal 1 Ayat 1.

Wibowo, Agus. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi.. Jakata: Prenadamedia Group.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter:Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

¬¬¬_________2012. Disain Pembentukan Karakter Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup 201 cet 2

Zuchdi, Damiyati dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Cv.Multi presindo.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.