Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru PAUD di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul
PDF

Keywords

Pembelajaran
pembelajaran bahasa untuk anak usia dini
simulasi
PAUD

How to Cite

Sudirman, A., Widyarin, T. L., & Maulana, W. A. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru PAUD di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 19(2), 131–136. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v19i2.2234

Abstract

Pelatihan Bahasa Inggris ditujukan untuk para guru PAUD yang mengajar di PAUD Dusun
Ngijo agar mereka memperoleh gambaran tentang tahapan perkembangan anak sejak lahir sampai lima
tahun dan beberapa tonggak penting lainnya dalam proses belajar dan mengajar Bahasa Inggris. Selain itu,setiap anak berbeda dan berkembang, dan tugas guru PAUD adalah menerima setiap perbedaan anakanak dan mendukung perkembangannya.Pelatihan ini menjadi kerangka kerja untuk memahami
kebutuhan anak, bagaimana otak anak berkembang, dan pentingnya interaksi dalam proses belajar
mengajar, pentingnya bermain dalam perkembangan dan pembelajaran anak, konsep keterikatan dan
timbal balik, dan pentingnya pendidikan anak usia dini. Para guru PAUD menjadi bagian penting dari
pembelajaran dan perkembangan anak-anak melalui panduan perilaku positif, terutama untuk anak-anak
balita. Pelatihan ini membutuhkan waktu sekitar 1, 5 jam dengan 5 pertemuan selama 2 minggu, dan diisi
dengan kegiatan-kegiatan diskusi, simulasi mengajar, bagaimana berkreativitas, menonton video pendek,
dan mengadakan kuis dan memberikan penilaian.Dalam kegiatan Abdimas ini pemecahan masalah terkait
dengan kemampuan para guru PAUD dalam mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak balita dilakukan
melalui pelatihan selama 2 pertemuan dalam 2 minggu dengan alokasi waktu 2 jam per pertemuan.
Pemecahan masalah dalam pelatihan ini mementingkan keterlibatan bersama antara para guru PAUD di
dusun Ngijo, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul dengan para instruktur atau
pemateri pelatihan. Kegiatan-kegiatan pelatihan erat kaitan dengan pemakaian media pembelajaran
Bahasa Inggris sehingga para guru PAUD belajar meningkatkan kemampuan mengajar Bahasa Inggris,
bagaimana mengelola kelas, memberikan kuis dan mengevaluasinya. Hal ini menjadi bagian penting dari
pemecahan masalah dengan menggunakan teknik simulasi, dan total physical response.


https://doi.org/10.14421/aplikasia.v19i2.2234
PDF

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.