PENGUATAN EKONOMI DAN STRATEGI PEMASARAN UMKM BATU BATA DI DESA MUNGGUNG, KECAMATAN KARANGDOWO, KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH
PDF

Keywords

UMKM
Batu Bata
Strategi Marketing
Penguatan Ekonom

How to Cite

Marfuah, A. H., Ningrum, K. A., Noratirany, A. S., & Rohmahtika, I. H. (2021). PENGUATAN EKONOMI DAN STRATEGI PEMASARAN UMKM BATU BATA DI DESA MUNGGUNG, KECAMATAN KARANGDOWO, KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(2), 117–128. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2395

Abstract

Pembuatan batu bata merupakan salah satu UMKM yang terdapat di Desa Munggung. Namun karena kurang efektifnya strategi pemasaran serta belum ada organisasi semacam koperasi yang mampu mengorganisasi dan menjadi wadah bagi perajin batu bata, sehingga kurang mampu mengoptimalkan UMKM batu bata untuk menjadi suatu komoditas unggul yang dapat menjadi salah satu ciri khas dari Desa Munggung. Metode untuk mengurai hal tersebut menggunakan metode community development yang menekankan usaha atau potensi yang dimiliki masyarakat diintegrasikan dengan sumber daya yang dimiliki pemerintah untuk memperbaiki kondisi ekonomi, sosial, dan kebudayaan masyarakat. Dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat Desa Munggung, dilakukan pengembangan UMKM dan marketing berupa memasarkan produk dengan sistem yang jelas mulai dari pengaturan keorganisasian, mitra atau channel dalam pengembangan dan strategi pemasaran. Upaya pengembangan UMKM dilakukan dengan pembuatan video dan foto batu bata yang melibatkan pelaku UMKM dan mengunggahnya ke beberapa platform sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Youtube.

https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2395
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 The Author(s)

Downloads

Download data is not yet available.