FILANTROPI PONDOK PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN ISLAM WASATIYAH (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
PDF

Keywords

Filantropi
Pondok Pesantren
Islam Wasatiyah

How to Cite

Setiawan, A. (2021). FILANTROPI PONDOK PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN ISLAM WASATIYAH (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(2), 137–142. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2397

Abstract

Islam merupakan agama yang Rahmatan lil ‘alamin, namun akhir-akhir ini pendidikan Islam di Indonesia tengah menghadapi arus globalisasi. Berbagai macam aliran atau organisasi keagaaman (ormas) bermunculan dan berideologi Islam transnasional. Pemahaman keagamaan tersebut memiliki harakah yang radikal dan ekstrem. Sasaran dari Islam transnasional tersebut yaitu mencoba merasuki lembaga pendidikan. Melalui organisasi yang didirikannya di sekolah -sekolah mereka meminta waktu untuk mentoring peserta didik. Kegiatan mentoring yang berlangsung berbulan-bulan ini dapat mengubah pikiran peserta didik ke dalam paradigma Islam yang agak radikal dan ekstrem. Lembaga pendidikan pondok pesantren dan madrasah memiliki sumbangsih yang besar dalam mengembangkan dan mensyiarkan pendidikan Islam yang wasatiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan filantropi pondok pesantren dalam mewujudkan pendidikan islam wasatiyah (studi kasus pondok pesantren wahid hasyim yogyakarta). Metode penelitian ini adalah menggunakan studi literatur atau kepustakaan, dengan mengambil data primer dari buku dan jurnal terkait. Hasil penelitian ini adalah (1) peran filantropi pondok pesantren (2) kontribusi pendidikan Islam (3) implementasi Islam wasatiyah.

https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2397
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 The Author(s)

Downloads

Download data is not yet available.