IMPLEMENTASI MODERNISASI DAN DIGITALISASI DI PESANTREN NURUL ISLAM PUMEE WITYA SCHOOL, THAILAND
PDF

Keywords

Pesantren, Digitalization, Modernization, Resistance.
Digitalisasi
Modernisasi
Resistensi
Pesantren

How to Cite

Reina Syafia Salma Wonnink, & Aep Kusnawan. (2025). IMPLEMENTASI MODERNISASI DAN DIGITALISASI DI PESANTREN NURUL ISLAM PUMEE WITYA SCHOOL, THAILAND. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 24(2), 165–176. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v24i2.3871

Abstract

This study examines the implementation of modernization and digitalization at Pesantren Nurul Islam Pumee Witya in Pattani, Thailand which is a traditional pesantren institution to see the response to modern learning and the use of technology. Using the Sisdamas method, this study found an initial resistance to new teaching methods, such as games and songs in learning English, although on the student side they have an interest in this modern learning patterns. Digitization efforts, including the updating of the pesantren's Google Maps profile, aim to increase accessibility and visibility without compromising traditional values. The findings suggest that, despite the challenges of initial resistance, the implementation of modernization and digitalization within pesantren certainly offers opportunities to improve the quality of education and outreach of Pesantren Nurul Islam Pumee Witya in Pattani, Thailand.

=============================================

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan modernisasi dan digitalisasi pada Pesantren Nurul Islam Pumee Witya di Pattani, Thailand yang merupakan lembaga pesantren tradisional guna melihat respon terhadap pembelajaran modern dan pemanfaatan teknologi. Menggunakan metode Sisdamas, penelitian ini menemukan adanya resistensi awal dari pihak pesantren terhadap metode pengajaran baru, seperti permainan dan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris, meskipun pada sisi siswa mereka memiliki ketertarikan terhadap pola pembelajaran modern. Upaya digitalisasi, termasuk pembaruan profil Google Maps pesantren, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas tanpa mengorbankan nilai-nilai tradisional. Temuan ini menunjukkan bahwa, meskipun ada tantangan yakni penolakan di awal, penerapan modernisasi dan digitalisasi di lingkup pesantren tentu menawarkan peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan jangkauan dari Pesantren Nurul Islam Pumee Witya di Pattani, Thailand.

https://doi.org/10.14421/aplikasia.v24i2.3871
PDF

References

Anam, N. (2019). DEVELOPMENT OF COMPUTER BASED INSTRUCTION MULTIMEDIA DIGITALIZATION OF ARABIC LANGUAGE LEARNING IN LPBA BASIC CLASS OF AL-QODIRI ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Journal AL-MUDARRIS, 2(1), 53. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i1.194

Fridayanti, F., Sururie, R. W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah, Z., & Mardiansyah, Y. (2019). Model Kkn Sisdamas Uin Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan Dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.15575/jak.v2i1.4832

Harahap, H. S., & Azwar Lubis, M. S. (2022). Resistensi Pondok Pesantren Di Era Digitalisasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru). Jurnal Al-Fatih, 5(1), 1–12.

Hidayah, N. (2019). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyah. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 60. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1505

M Sahibudin, M. S. (2017). Pesantren Dan Pendidikan Tinggi. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 4(2), 266–278. https://doi.org/10.31102/alulum.4.2.2017.266-278

Mufidak, I. S., Mulyani, D. S., DAmayanti, A., Hanif, M. N., & Irhami. (2024). INOVASI DIGITAL DI PONDOK PESANTREN AL-QURAN AZ-ZAYADIY Humano : Jurnal Penelitian , Vol . 15 No . 1 Edisi Juni 2024 Urgensi peningkatan kebutuhan digitalisasi menjadi faktor kunci dalam menghadapi tantangan sekaligus persaingan di era globalisasi yang me. Humano: Jurnal Penelitian, 15(1), 311–327.

Rumainur, R., Fauzan, U., & Malihah, N. (2022). Characteristics of Islamic Religious Education in Boarding School Curriculum. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(2), 197–207. https://doi.org/10.21093/sajie.v4i2.4593

Saifullah Aldeia, A., Izazy, N. Q., Aflahah, S., & Libriyanti, Y. (2023). Modernisasi Manajemen Pesantren Menyongsong Era Society 5.0. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(1), 17–30. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i1.1287

Saimima, M. S., & Dhuhani, E. M. (2021). Kajian Seputar Model Pondok Pesantren Dan Tinjauan Jenis Santri Pada Pondok Pesantren Darul Qur’an Al Anwariyah Tulehu. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.33477/alt.v6i1.1858

Supriadi, U., Romli, U., Islamy, M. R. F., Parhan, M., & Budiyanti, N. (2021). The Role of Islamic Education Teachers in Preventing Radicalism at Madrasa Aliyah. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 74–90. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.1073

Supriyanto, S., Puspitasari, F. F., & Sriyanto, A. (2020). The Modernization of Islamic Educational Institutions: Answering Educational Challenges. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 133–142. https://doi.org/10.22219/progresiva.v9i2.13518

Ulya, A., Muqtadiroh, F. A., & Muklason, A. (2021). Identifikasi Faktor Resistansi Guru Terhadap Teknologi Sebagai Pendukung Pembelajaran di Pondok Pesantren Salaf. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.18-26

Zahraini, Z., & Zainudin, Z. (2021). Modernization of Islamic Education: Study on the Alteration of Education Managerial at Nurul Hakim Islamic Boarding School West Lombok West Nusa Tenggara. International Journal of Multicultural and …, 8(3), 477–483.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 The copyright of published articles belongs to the author(s)

Downloads

Download data is not yet available.