METODE TAHFIZ AL QUR’AN PADA SANTRI KALONG DI PESANTREN ROUDLOTUL QURAN SEMARANG

Authors

  • Novianis Nur Mufidah Insititut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta
  • Muh Subhan Ashari Insititut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta
  • Aris Nurlailiyah Insititut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/mjsi.61.2865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ta pada santri ‘kalong’ di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode field research. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tahfiz Al-Qur’an yang diterapkan kepada santri kalong adalah: pertama, metode Wahdah.  Sebuah metode pengulangan ganda, menghafal urutan-urutan ayat, menggunakan satu jenis mushaf, memahami arti dari lafadz kunci yang dihafal serta memperhatikan ayat-ayat serupa). Kedua, metode Sima’i. Sebuah metode menyetorkan hafalan kepada seorang guru. Adapun faktor penunjang dalam mengimplementasikan metode tahfiz di pesantren ini adalah kebebasan proses pembelajaran, mujahadah, motivasi, doa, dukungan guru dan orang tua, berfikir positif, lingkungan yang mendukung, melaksanakan salat malam, lebih menghargai waktu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas, kurang optimal dalam menghafal, masalah pribadi, kesehatan kurang baik, kapasitas ingatan kurang baik, kurangnya waktu luang, serta sugesti buruk tentang menghafal.

Kata Kunci: Ta Al-Qur’an, Metode Hafalan, Santri

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Novianis Nur Mufidah, Muh Subhan Ashari, & Aris Nurlailiyah. (2022). METODE TAHFIZ AL QUR’AN PADA SANTRI KALONG DI PESANTREN ROUDLOTUL QURAN SEMARANG. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.14421/mjsi.61.2865

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 255 times | pdf downloaded = 253 times