AKTIVITAS ANAK - ANAK DAN PEMUDA DALAM PENGGUNAAN INTERNET

Authors

  • Andi Irawan

DOI:

https://doi.org/10.14421/csecurity.2018.1.2.1372

Keywords:

Internet, pemuda, APJII, cyberbulying

Abstract

Penggunaan internet pada kalangan pemuda mulai menunjukkan dampak negatif yang cukup banyak, dibuktikan dengan perilaku para pemuda mengakses internet yang tidak sesuai norma, di antaranya seperti kasus cyber bullying, penipuan, penghinaan, dll, menurut survey yang dilakukan oleh APJII, peringkat pertama pengguna internet diindonesia diduduki oleh para kalangan anak – anak dan pemuda, dengan perkiraan umur antara 12 -34 tahun. peningkatan dan penanganan dalam upaya mengurangi dampak negatif yang diakibatkan oleh internet sudah dilakukan berbagai macam cara di antaranya memberikan pemahaman tentang dampak negatif dan melakukan pengawasan berkaitan dengan aktivitas para pemuda di_dunia maya. Media sosial seperti ( Whatsapp, twitter, instagram, dll) memiliki peranan penting dalam aktivitas pemuda di_dunia maya, selain untuk berkomunikasi, media sosial juga digunakan untuk saling bertukar informasi. Dari hasil review dari beberapa sumber , paper mengulas tentang aktivitas para pemuda dan anak – anak dalam menggunakan internet, dan bagaimana cara menanggulangi dampak negatif dalam penggunaan internet. Terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan untuk membatasi akses ke internet, di antaranya internet positif, family safety, dll.

References

https://apjii.or.id/survei2017 (diakses tanggal 5 Juli 2018).

Ali, A, iqbal, A., Iqbal, K, 2016. effects of social media on youth: a case study in university of sargodha, 4(11), 369-372, International Journal of Advanced Research

Faruckh, F, Sadwick, R., Villasenor,J , 2014. Youth Internet Safety: Risks, Responses, and Research Recommendations, Center Tecnhnology Innovation at Brookings

Savoldi, F ., Abreu, P , 2016, Bullying, cyber bullying and Internet usage among young people in post-conflict Belfast, 2: 1132985, cogrnt social science.

Setiawan, T, 2009. Internet Untuk Anak: Panduan Wajib bagi Orang Tua, Yogyakarta: A ‘Plus Book.

Tracy,L , 1997, Sahabat Internet, ITB, Bandung

Ariesto, A, 2009. Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment.

Michele L., Ybarra., Alexnder,C, 2015, Depressive symptomatology, youth Internet use,and online interactions: a national survey, 36 (2015) 9 –18, journal of Adolescent health.

Erratum, 2006. Depressive symptomatology, youth Internet use, and online interactions: A national survey, 368(2006) 92, journal of Adolescent health.

Mitchell, K. J., Jones, L., Finkelhor, D., & Wolak, J. 2014. Trends in Unwanted online experiences and Sexting. Durham, NH: Crimes Against Children Research Center.

Jacobsen, W. C., &Forste, R. (2011). The Wired Generation: Academic and Social Outcomes of Electronic Media Use Among University Students. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 14(5), 275-280.

Savoldi, F., & Ferraz de Abreu, P. (2014). Internet, social capital, and e-Inclusion in post-conflict Belfast: Expectations of community workers. Journal of Urban Technology, 21, 49–66. doi:10.1080/10630732.2014.940712

Sofo, M. & Sofo, F. (2013). Social networking, cyber bullying, and the role of community education. In V. C. Bryan & V. C. X. Wang (Eds.), Technology use and research approaches for community education and professional development .ISBN13: 9781466629554.

Downloads

Published

12-03-2019

How to Cite

[1]
A. Irawan, “AKTIVITAS ANAK - ANAK DAN PEMUDA DALAM PENGGUNAAN INTERNET”, csecurity, vol. 1, no. 2, pp. 50–56, Mar. 2019.