ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.14421/kaunia.1079Keywords:
Higher Order Thinking Skill (HOTS), stimulus, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, soal UN KimiaAbstract
Berdasarkan dari segi isi dan kontruksi, soal UN tahun 2012/2013 dilaksanakan dengan tes objektif pilihan ganda dan digunakan sebagai standar nasional. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisis karakteristik soal HOTS dalam soal UN Kimia SMA Rayon B tahun 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes dan Focus Group Discussion (FGD). Sumber data dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, dua guru kimia, dan dua dosen kimia. Pengambilan keputusan sekaligus keabsahan data dilakukan dengan FGD, yaitu diskusi terfokus oleh para narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik soal tipe HOTS yang ada pada soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013 yaitu stimulus, sedangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif belum dapat dihasilkan kesimpulan. Bentuk stimulus dan persentase masing-masing bentuk yang terdapat pada soal UN tersebut yaitu gambar/grafik/diagram sebesar 15%, tabel sebesar 15%, simbol/rumus/persamaan kimia sebesar 47,5%, contoh sebesar 22,5%, dan penggalan kasus sebesar 32,5%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles published in Kaunia are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International license, with the copyright to these articles held by the journal. Anyone is free to read, download, copy, distribute, print, search, link to full text articles, or transform an article, in any medium or format, provided they do so non-commercially, give appropriate credit to Kaunia, and distribute any derivative work under the same (or equivalent) terms.
By submitting to Kaunia, authors agree to both the terms of the CC BY-NC-SA license and the automatic transfer of the copyright to their article if it is accepted.