ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013

Authors

  • Nur Rochmah Lailly Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Asih Widi Wisudawati Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/kaunia.1079

Keywords:

Higher Order Thinking Skill (HOTS), stimulus, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, soal UN Kimia

Abstract

Berdasarkan dari segi isi dan kontruksi, soal UN tahun 2012/2013 dilaksanakan dengan tes objektif pilihan ganda dan digunakan sebagai standar nasional. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisis karakteristik soal HOTS dalam soal UN Kimia SMA Rayon B tahun 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes dan Focus Group Discussion (FGD). Sumber data dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, dua guru kimia, dan dua dosen kimia. Pengambilan keputusan sekaligus keabsahan data dilakukan dengan FGD, yaitu diskusi terfokus oleh para narasumber. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa karakteristik  soal tipe HOTS  yang ada pada soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013 yaitu stimulus, sedangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif belum dapat dihasilkan kesimpulan. Bentuk stimulus dan persentase masing-masing bentuk yang terdapat pada soal UN tersebut yaitu gambar/grafik/diagram sebesar 15%, tabel sebesar 15%, simbol/rumus/persamaan kimia sebesar 47,5%, contoh sebesar 22,5%, dan penggalan kasus sebesar 32,5%.

Downloads

Published

2015-05-01

How to Cite

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 11(1), 27–39. https://doi.org/10.14421/kaunia.1079

Issue

Section

Articles