KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL DAN PPM PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE GTG DITINJAU KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA

Authors

  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/kaunia.1082

Keywords:

aktivitas belajar siswa, pendekatan CTL dan pendekatan pemecahan masalah, metode group to group, prestasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Pemecahan Masalah (PPM) menggunakan metode Group to Group (GG) pada pembelajaran matematika ditinjau dari keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu VIII A dan VIII C sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa terhadap matematika. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika

Downloads

Published

2015-05-01

How to Cite

Nuryadi, N. (2015). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL DAN PPM PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE GTG DITINJAU KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 11(1), 60–71. https://doi.org/10.14421/kaunia.1082

Issue

Section

Articles