KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL DAN PPM PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE GTG DITINJAU KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.14421/kaunia.1082Keywords:
aktivitas belajar siswa, pendekatan CTL dan pendekatan pemecahan masalah, metode group to group, prestasi belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Pemecahan Masalah (PPM) menggunakan metode Group to Group (GG) pada pembelajaran matematika ditinjau dari keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu VIII A dan VIII C sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa terhadap matematika. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles published in Kaunia are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International license, with the copyright to these articles held by the journal. Anyone is free to read, download, copy, distribute, print, search, link to full text articles, or transform an article, in any medium or format, provided they do so non-commercially, give appropriate credit to Kaunia, and distribute any derivative work under the same (or equivalent) terms.
By submitting to Kaunia, authors agree to both the terms of the CC BY-NC-SA license and the automatic transfer of the copyright to their article if it is accepted.