Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Technoscience: Optimalisasi Kecerdasan Buatan Untuk Pembelajaran Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.14421/kaunia.4865Keywords:
learning innovation, artificial intelligence, Islamic learning methods, technoscienceAbstract
Perkembangan teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), telah membawa perubahan mendasar pada dunia pendidikan secara global, termasuk dalam pendidikan Islam. Penelitian ini berfokus pada upaya optimalisasi AI untuk membangun kembali metode pembelajaran Islam yang lebih inovatif dan adaptif guna memenuhi kebutuhan siswa abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan analisis kualitatif melalui survei yang dilakukan terhadap guru dan siswa untuk mengeksplorasi berbagai aplikasi AI yang relevan, seperti chatbot untuk tutor virtual, sistem pembelajaran adaptif, serta analisis big data yang bertujuan untuk mempersonalisasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Islam melalui pendekatan yang lebih personal, interaktif, dan fleksibel. Penggunaan chatbot berbasis AI mampu memfasilitasi interaksi pembelajaran yang lebih intensif, sementara sistem pembelajaran adaptif dapat menyesuaikan materi dengan tingkat pemahaman mahasiswa. Selain itu, analisis big data memberikan wawasan yang lebih dalam bagi para pendidik untuk mengenali kebutuhan belajar individu peserta didik. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan sejumlah tantangan, seperti rendahnya literasi digital di kalangan guru dan siswa serta kekhawatiran terkait etika penggunaan AI dalam konteks pembelajaran agama. Dengan demikian, rekonstruksi pendidikan Islam berbasis technoscience melalui integrasi AI merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan pendidikan di era digital. Meskipun masih ada kendala yang harus diatasi, potensi AI dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Islam sangat besar. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan AI, peningkatan literasi digital bagi pendidik, serta penerapan AI yang selaras dengan nilai-nilai agama.
References
Ali, N., Hayati, M., Faiza, R., & Khaerah, A. (2023). Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan Islam: trends, persepsi, dan potensi pelanggaran akademik di kalangan mahasiswa. Injire, 1(1):51–66, DOI:https://injire.org/index.php/journal/article/view/18.
Deto, A., Putra, R., & Mada, U. G. (2024). How Artificial Intelligence ( AI ) Unlock the New Challenge in Strategic Communications for Marketing? How Artificial Intelligence ( AI ) Unlock the New Challenge in Strategic Communications for Marketing?. Gadjah Mada University-Postgraduate Program of Communication Science, pages 0–44, DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19431.66727.
Dito, S. B. & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2):59–65, DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65.
Hanila, S. & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2):221–226, DOI: https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4890.
Huda, M. & Suwahyu, I. (2024). Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 2(2):53–61, DOI: https://doi.org/10.61220/ri.v2i2.005.
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1):302–310, DOI: https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493.
Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi,
D. I. (2023). Hubungan Perkembangan
Teknologi Ai Terhadap Pembelajaran Mahasiswa.
Jurnal Pendidikan IPS, 4(2):53–60, DOI:
Mustopa, M., Hapidin, A., Rayana, J., Bumaeri, A. D. A., & Ahyani, H. (2021). Eksistensi Model Perguruan Tinggi di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang dan Tantangannya di Era 4.0). Hikmah, 18(1):81–90, DOI: https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.92.
Nawawi, M. & Aliyyah, R. R. (2024). Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju kualitas dan Profesionalisme. Karimah Tauhid, 3(2):2374–2390, DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12055.
Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1):1–17.
Setyawan, R. D., Hijran, M., & Rozi, R. (2023). Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2):270–279, DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867.
Sholeh, M. I. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta, 5(2):104–126, DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
Sulaiman, M., Rukhmana, T., Irawan, I., Muhammadong, M., Al Haddar, G., & Supriyanto, A. (2024). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Muhammad. Journal on Education, 6(2):14626–14631.
Winata, M. S. & Nugraha, R. N. (2024). Transformasi Digital Dalam Pendidikan Indonesia Untuk Menghadapi Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5):101–110.
’Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., & Sari, N. I. P.(2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 13(2):109–128, DOI: https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3978.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All articles published in Kaunia are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International license, with the copyright to these articles held by the journal. Anyone is free to read, download, copy, distribute, print, search, link to full text articles, or transform an article, in any medium or format, provided they do so non-commercially, give appropriate credit to Kaunia, and distribute any derivative work under the same (or equivalent) terms.
By submitting to Kaunia, authors agree to both the terms of the CC BY-NC-SA license and the automatic transfer of the copyright to their article if it is accepted.