PANDANGAN DOSEN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PENGGUNAAN CADAR: STUDI KOMPARATIF PUSAT STUDI WANITA DAN PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA

Amamur Rohman Hamdani(1)
(1) Pegiat Literasi di Jaringan Ulama Muda Nusantara (JUMAT) Yogyakarta

Abstract

Kebijakan membina dan mendata mahasiswi bercadar di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menuai kontroversi.Banyak yang mendukung kebijakan tersebut namun tak sedikit pula yang menolak karena dianggap melanggar hak-hak mahasiswi dalam menentukan model pakaiannya. Di sisi lain, rektor UIN Sunan Kalijaga beralasan bahwa pembinaan dan pendataan tersebut untuk membendung paham radikal yang sedang berkembang. Dalam konteks ini maka perlu diketahui bagaimana pandangan dosen-dosen UIN Sunan Kalijaga terkait penggunaan cadar.Tulisan ini secara spesifik membahas pandangan dosen UIN Sunan Kalijaga yang bergiat di Pusat Studi Wanita dan Pusat Pengembangan Bahasa.Keduanya merupakan lembaga resmi di bawah naungan UIN Sunan Kalijaga yang mempunyai konsentrasi kajian berbeda.Pusat Studi Wanita dengan kajian wanita yang bercorak moderat dan progresif sedangkan Pusat Pengembangan Bahasa dengan kajian pengembangan bahasa Arab dan bahasa Inggris.Namun bukan berarti keduanya tidak dapat diperbandingkan karena penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis yang memfokuskan bagaimana interaksi sosial dan budaya di masing-masing lembaga sehingga dapat diketahui latar belakang atau faktor dari hasil kesimpulan pandangan masing-masing lembaga tentang penggunaan cadar bagi wanita muslimah.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdulsyani, Sosiologi: Skematika, Teori dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

´Asqallanī, Ahmad bin Hajar, al-, Fath al-Bãrī bi Syarhi şahīhi al-Bukhãrī, Vol. IV, Tashih: Nashiruddin al-Albani, Maktabah Salafiyah, tanpa tahun.

Bajuri, Ibrahim al-, Hasyiah al-Bãjȗrī ʻala ibni Qãsim al-Ghãzī, Surabaya: al-Haramain, T.T.

Batiar, Deni Sutan, Berjilbab dan Tren Buka Aurat, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2009.

Dimyathi, Utsman bin Muhammad Syattha ad-, Hãsyiah Iʻãnah al-Thãlibīn, Beirut: Dãr al-Kutub al-ʻIlmiyah, 2015.

Engineer, Ashgar Ali, Pembebasan Perempuan, terj. Agus Nuryanto, Yogyakarta: LKiS, 2003.

Guindi, Fadwa El, Jilbab Antara Kesalehan, Kesopanan, dan Perlawanan, Jakarta: Serambi, 2003.

Khin, Musthafa Saʻid al-, Atsãr al-Ikhtīlãf fī al-Qawa´idi al-Uşȗliyyah, Beirut: Ar-Resalah Publisher, 1981.

Khoiri, Alim, Fiqh Busana: Telaah Kritis Pemikiran Muhammad Syahrur, Yogyakarta: Kalimedia, 2016.

Khuduri, Abi Husain Ahmad bin Muhammad al-, Mukhtaşar al-Khuḑȗrī fi al-Fiqhi al-Hanafī, Kairo: Dãr al-Salãm, 2013.

Latifah, Umi, “Perempuan Bercadar dalam Gerakan Pemberdayaan: Studi Kasus Komunitas Perempuan di Yayasan pendidikan Islam al-Atsari di Pogung Dalangan Sinduadi Sleman.” Skripsi Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Qudamah, Ibnu, Muʻjam al-Mughnī fi Fiqhi al-Hanbalī, jilid II,Beirut: Dãr al-Fikri, 1973.

Saqqaf, Al-Sayyid Alwi bin Ahmad al-, Tarsyīh al-Mustafīdīn, Surabaya: Syirkah Bungkul Indah, T.T.

Sarwono, Sarlito Wirawan, Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Terapan, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

______________________, Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: Rajawali, 1984.

Shahab, Husein, Jilbab Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah, Bandung: Mizan, 1986.

Sharma, Arvind, Perempuan Dalam Agama-Agama Dunia, Yogyakart: SUKA Press, 2006.

Shihab, M. Quraish, Jilbab Pakaian Wanita Muslimah: Pandangan Ulama Masa Lalu & Cendekiawan Kontemporer, Tangerang: Lentera Hati, 2012.

Siauw, Felix Y., Yuk Berhijab!,Jakarta: al-Fatih Press, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Taimiyah, Ibnudkk, Jilbab dan Cadar dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, alih bahasa: Abu Said al-Ansori, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1994.

Umar, Nasaruddin, dalam Jurnal Ulumul Qur’an, No. 5, Vol. VI, 1996.

Wahyuni, Ajeng, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketercapaian Skor IKLA Mahasiwa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga tahun 2014”, skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Warsito, Joko, “ Eksperimentasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Facebook di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Zuhaili, Wahbah al-, al-Fiqhu al-Islãmi wa Adillatuhu, Damaskus: Dãr al-Fikri, cet. Ke 10, 2007.

http://psw.uin-suka.ac.id/id/page/prodi/133.

http://psw.uin-suka.ac.id/id/page/prodi/136.

http://psw.uin-suka.ac.id/id/pages/prodi/134

Authors

Amamur Rohman Hamdani
jumat.nkri@gmail.com (Primary Contact)
PANDANGAN DOSEN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PENGGUNAAN CADAR: STUDI KOMPARATIF PUSAT STUDI WANITA DAN PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA. (2018). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 6(1), 1-37. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v6i1.1532

Article Details

How to Cite

PANDANGAN DOSEN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PENGGUNAAN CADAR: STUDI KOMPARATIF PUSAT STUDI WANITA DAN PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA. (2018). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 6(1), 1-37. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v6i1.1532