‘Illat, Hikmah, Qiyas: Studi Pemikiran Imam Ar-Razi dan Imam Al-Amidi tentang Penetapan Hukum dalam Istinbat Qiyasi

Muhammad Minanur Rahman(1), Wawan Gunawan Abdul Wahid(2)
(1) UIN Sunan Kalijaga,
(2) UIN Sunan Kalijaga

Abstract

The majority of scholars state that hikmah cannot be considered as an ‘illat (legal cause) due to its abstract and elusive nature. This article aims to examine the views of Imam ar-Razi and Imam al-Amidi regarding hikmah as an ‘illat in Islamic jurisprudence, identify their similarities and differences, and explore the implications for legal deduction. This research uses a literature review methodology with a comparative analysis of the works of Imam ar-Razi and Imam al-Amidi as the primary data sources. The article utilizes usul al-fiqh, a methodological approach to the study of legal issues based on the framework of ‘illat and the hikmah of the law in Islamic jurisprudence. The findings of this article indicate that Imam ar-Razi rejects the use of hikmah as an ‘illat, arguing that hikmah is uncertain and its nature is not constant for every law. On the other hand, Imam al-Amidi suggests that a law accompanied by a clear nature can contain hidden hikmah. The commonality in the thinking of both scholars lies in their rejection of ta’lilul ahkam bi al-hikmah. They argue that hikmah is difficult to ascertain and possesses an abstract nature. There are three key differences between these two scholars: in terms of methodology, thinking, and implications.

[Sebagian besar ulama berpendapat bahwa hikmah tidak dapat menjadi ‘illat karena sifatnya yang abstrak dan sulit dipahami. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Imam ar-Razi dan Imam al-Amidi mengenai hikmah sebagai ‘illat hukum, menemukan persamaan dan perbedaannya, serta implikasinya terhadap istinbat hukum. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan analisis komparatif berdasarkan karya Imam ar-Razi dan Imam al-Amidi sebagai sumber data utama. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah usul al-fiqh, yang merupakan pendekatan untuk memahami masalah hukum berdasarkan kerangka teori ‘illat dan hikmah hukum dalam usul fiqh. Penemuan dalam artikel ini menunjukkan bahwa Imam ar-Razi menolak penggunaan hikmah sebagai ‘illat dengan alasan bahwa hikmah itu tidak dapat diketahui dengan pasti dan sifatnya tidak tetap untuk setiap hukum. Di sisi lain, Imam al-Amidi berpendapat bahwa hukum yang disertai dengan sifat yang jelas dapat mengandung hikmah yang tersembunyi. Persamaan dalam pemikiran kedua tokoh ini adalah penolakan terhadap ta’lilul ahkam bi al-hikmah. Mereka berpendapat bahwa hikmah sulit untuk ditemukan dan bersifat abstrak. Terdapat tiga perbedaan utama antara kedua tokoh tersebut: dalam metode, pemikiran, dan implikasi hukumnya.]

Full text article

Generated from XML file

References

Atha’ bin Khalil. Usul Fiqh, Kajian Usul Fiqh Mudah dan Praktis. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah. 2011.

Anshari, Zakariya Al-. Ghoyatul Wusul. Surabaya: Haramain, 2014.

Amidi, Saifuddin al-. al-Ihkam. Beirut: Darul Kutub al’Arabi, 1986.

Ansoriy, Abdul Ali Muhammad bin Nidhomuddin al-. Fathur Rohamut bi Syarh Muslim. Beirut: Darul Kutub al-Ilmiah, 2002.

Ashfihani, Mahmud bin Abdurrahman al-. Bayanul Mukhtashor Syarh Mukhtashor Ibnul Hajib. Arab Saudi: Darul Madani, 1986.

Bactiar. S, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif,” Jurnal Teknologi Pendidikan 10, no. 1 (2010).

Bay, Kaizal. “Metode Mengetahui ‘Illat dengan Nas (al Qur’an dan Sunnah) dalam Qiyas,” Jurnal Usuluddin 18, no.2 2021.

Djamil, Fathurrahman. Filsafat Hukum Islam, Ciputat: Logos Wacana Ilmu. 1999.

Faizi, Nur. “Penentuan Manat Al Hukm Antara ‘illat dan Hikmah Serta Aplikasinya Dalam Hukum Mu’amalah”, Skripsi S1. Yogyakata: UIN Sunan Kalijaga, 2005.

Ghazali, Muhammad al-. al Mustasfa Min ‘Ilm al-’Usul. Kairo: Syirkah at-Tiba’ah al-Fanniyah al-Muttahidah; tt.

Ghomidi, Nashir bin Ali Al-. “Juz’un Min Syarhi Tanqih al-Fusul Fi ‘Ilmi al-Usul,” Tesis S2. Makkah: Universitas Ummul Qura, 2000.

Hadiyana, Irwan. “Ta’lil Dengan Hikmah Dalam Qiyas Sebagai Penetapan Hukum Islam (Studi Atas Pemikiran Asy Syatibi),” Skripsi S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hanafi, Ahmad bin Ali Abu Bakr al-Jassas al-. Al-Fusul fil Usul. Kuwait: Lembaga Wakaf Kuwait. 1994), IX.

Haroen, Nasrun. Usul Fiqh. Pamulang: PT. Logos Wacana ilmu, 1997.

https://www.alukah.net/sharia/0/09655/ (diakses pada tanggal 20 Januari 2022).

Isma’il, Syu’ban ‘Muhammad. Dirasat haula Ijma’ wal Qiyas, Mesir: Maktabah an-Nahdah al-Misriah, 1993.

Isti’anah, Siti. “Pandangan Saif Ad-Din al-Amidi Tentang Ijtihad dan Impilasinya terhadap Konstelasi Pemikiran Hukum Islam,” Skripsi S1 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2002).

Jamil, Roid Nasri. “Ta’lil bil hikmah wa ataruhu fi qowa’id al-fiqh wa Usulihi diro>sah tahliliyyah”, Tesis S2 Universitas Yordania, 2010.

Khallaf, Abd al-Wahab. Ilmu Usul Fiqh. Jakarta: Darul Kutub al Islamiy. 2002.

---------, Abdul Wahab. Masadir at-Tasyri’ Fi Ma La Nassa Fih. Kuwait: Darul Qalam. 1972.

Ma’luf, Louis. Al Munjid fil Lugah wal A’lam. Beirut: Darul Masyriq, 1986.

Mandzur, Jalaluddin Muhammad Ibnu. Lisan al-Arab. Beirut: Dar ash-Shad, 1994. XI.

Maruzi, Manshur bin Muhammad al-. Qowathi’il adillah fil Usul. Beirut: Darul Kutub ‘Ilmiah. 1999.

Minhajuddin, Illat Hukum Dalam Kajian Kitab Usul Fiqh yang Mu’tabar. Ujung Pandang: BPPPM IAIN Alauddin, 1992.

Mubarok, Jaih dan Hasanuddin. Fikih Mu’amalah Maliyyah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2018.

Munawwir, Ahmad Warson. Al Munawwir: kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Nadwi, Ali Ahmad an-. Al-Qowa’idul Fiqhiyah. Damaskus: Darul Qolam. 1919.

Nasiri, “Puncak Prestasi Tariqah Mutakallimin (Telaah Kitab Al Mahsul Fi ‘Ilm Al Usul Karya Fakhruddin Ar-Razi),” Jurnal Keislaman 3, no. 2 (2020).

Praja, Juhaya S. Filsafat Hukum Islam. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas, 2003.

Qarafi, Ahmad bin Idris al-. Syarh Tanqih al-Fusul Fi Ikhtisharul Mahsul Fil Usul. Ttp:Darul Fikr, t.t.

Razi, Fakhruddin ar-. Al Mahsul fi ‘Ilmi Usul il Fiqh. Beirut: Darul Kutub al ‘Ilmiah, 1988.

Ridzwab Bin Ahmad, “Permasalahan Ta’lil al-Ahkam Sebagai Asas Penerimaan Maqashid al-Syari’ah Menurut Ulama Usul,” Jurnal Fiqh, no.5 (2008).

Sa’di, Abdul Hakim as-. Mabahitsil ‘Illah fil Qiyas ‘Indal Usuliyyin. Beirut: Darul Basyair. 2000.

Salabi, M. Mustafa. al-Madkhal, cet. Ke-2. Iskandariyah: Dar at-Ta’lif, 1380 H./1960 M.

Salam, Izzuddin Abd al-. Qawaid al-Ahkam fi Masalih al-Anam. Beirut: Darul Kutub ‘ilmiah. 2018.

Salmiy, ‘Iyadh bin Nami as-. Usul ul Fikih al ladzi la yasa’u al faqih jahlahu. Riyadh: Darut Tadmiriyah. 2005.

Sanun, Mun’im as-. “Mawqif al-Imam Fakhrur Razi min qodiyyatit ta’lil,” Jurnal Al Ihya’ 1 (2013) .

Subki, Taqiyuddin Ali bin Abdul Kafi As-. Jam’ul Jawami’. Beirut: Darul Kutub ‘ilmiah. 2007.

-------, Taqiyuddin Ali bin Abdul Kafi As-. Al-Ibhaj Syarh al-Minhaj. Beirut: Darul Kutub ‘Ilmiah. 1995.

Syaf’i, Muhammad bin Idris asy- ar-Risalah. Beirut: Darul Kutub ‘ilmiyah, 1997.

Syalabi, Muhammad Mushtofa. Ta’lilul Ahkam ‘irdhun wa tahlilulut thoriqoh ta’lil. Beirut: Darun Nahdhah Al ‘arabiah, 1918.

Syarifuddin, Amir. Usul Fikih. cet. 5. Jakarta: Kencana. 2014.

Syatibi, Abu Ishaq Ibrahim asy-. al Muwafaqat Fi Usul al Ahkam. Lebanon: Darul Fikr. Tt.

Syinqithi, Ahmad bin Mahmud asy-. al-Wasfu al-Munasib Li Syar’il Hukm. Madinah: Imadatul Bahtsi al-’Ilmi. 1415 H.

Weiss, Bernard G. “The Primacy of Relevation in Classical Islamic Legal Theorics as Expounded by Sayf ad Din al-Amidi,” Studia Islamica 59, (1984).

Yazid, Ibrahim Walad Al “At-Ta’lil bil hikmah ‘indal Usuliyyin wa atsaruhu fil furuq al fiqhiyyah,” Tesis S2 Universitas Sudan (2014).

Zahrah, Abu. Usul Fiqh. Kairo: Darul Fikr. Tt.

Zarqa’, Mustafa al-. al-Fiqh al-Islam fi Saubih al-Jadid, cet. Ke-6 Damaskus: Tnp, 1965.

Zuhaili, Wahbah az-. al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh. cet. Ke-3. Damaskus: Dar al-Fikr, 1989.

---------, Wahbah Az-. al-Wajiz Fi Usul il Fiqh. Damaskus: Jami’ah Damaskus, tt.

---------, Wahbah az-. Usul Fiqh al-Islami. Beirut: Darul Kutub ‘Ilmiah, 1997.

Authors

Muhammad Minanur Rahman
Rahmanminan459@gmail.com (Primary Contact)
Wawan Gunawan Abdul Wahid
‘Illat, Hikmah, Qiyas: Studi Pemikiran Imam Ar-Razi dan Imam Al-Amidi tentang Penetapan Hukum dalam Istinbat Qiyasi. (2023). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 11(1), 23-46. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v11i1.3045

Article Details

How to Cite

‘Illat, Hikmah, Qiyas: Studi Pemikiran Imam Ar-Razi dan Imam Al-Amidi tentang Penetapan Hukum dalam Istinbat Qiyasi. (2023). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 11(1), 23-46. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v11i1.3045