Fenomena Pedagang dan Salesman Jawa Tengah di Lubuk Linggau dan Sekitarnya

Abdul Mughits

Abstract


Fenomena pedagang dan salesman Jawa di Lubuk Linggu Sumatera Selatan dan sekitarnya mendeskripsikan adanya jenis bisnis yang khas bagi orang Jawa di Sumatera dan lapangan kerja bagi unemploiment Jawa. Bisnis yang melibatkan ratusan pemodal dan ribuan salesman saat ini dan sudah berjalan sejak tahun 1980-an cenderung akan terus berkembang dan melibatkan lebih banyak lagi tenaga kerja. Hanya saja model bisnis nyales orang Jawa yang etos kerjanya selalu terkesan imperior dibanding dengan etnis lainnya hampir tidak terekam dalam program dan laporan pemerintah dan penelitian akademik. Tentu, model bisnis ini menyisakan banyak pertanyaan, seperti faktor-faktor determinanya mengapa model bisnis nyales ini masih bertahan dan cenderung meningkat, karakter segmen pasar yang menjadi sasarannya dalam marketing yang mayoritas adalah warga tarnsmigrasi Jawa di Sumatera, jenis produk yang laku dijual, strategi pemasarannya, interaksi sosialnya dengan warga lingkungan rumah kontrakan dan dengan pangsa pasar, dan prospek ke depannya bagiamana.  Oleh karena itu, penelitian ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara,, 2007,

Bonner dalam Fitriani, C., “Interaksi Sosial Transmigran Jawa Dengan Masyarakat Lokal Di Desa Kayuagung Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Mouton”. Jurnal Geo Todelako, 2, 2014.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung,Tahun 2011,

Direktorat Jenderal Mobilitas Penduduk Tahun 2017.

Fitraza, Vicky, Teori Interaksi Sosial (Symbolic Interaction Theory), Bandung: PT Rineka Cipta, 2008.

Hunger, David & Wheelen, Thomas., Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi), 2007.

Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran I, Edisi ke-12, Jakarta: PT. Indeks, 2007.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat, 2002.

Kotler. P., Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005.

Leopold von Wiese dan Howard Becker dalam Elly M. Setiadi dkk, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Kencana, 2006.

Herimanato dan Winarno, Ilmu sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Moleang, Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyadi, John S., Sistem Perencanaan Pengendalian Managemen, Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Murdiyamoko, Janu, Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat, Bandung: Grafindo Media Pratama, 2007.

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C., Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Philip, Kotler, dan Gary Armstrong, Manajemen Pemasaran, Alih bahasa Hendra Teguh dkk. Jakarta: PT Prenhallindo, 1997.

Purnaya, I Gusti Ketut., Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi), 2016.

Rewoldt, Stewart Henry., Strategi Harga dalam Pemasaran, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1987.

Robert T Hall Gerungan, W. A., Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama, 2004.

Saladin, Djasmin, Manajemen Pemasaran, Bandung: PT. Linda Karya, 2007.

Sekaran, Uma, Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4 Buku 1, Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Setiadi, Elly M., Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Kencana Predana Media Goup, 2007.

Shahab, K. Sosiologi Pedesaan, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2013.

Singarimbun, Masri, Sofiyan Effendi, Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES, 1995.

Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Sujarwanto, I. “ Interaksi Sosial Antar Umat Beragama (Study Kasus Pada Masyarakat Karangmalang Kedung Banteng Kabupaten Tegal)”, Journal of Educational Social Studies 1, 2012.

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta: Liberty, 2002.

Swastha, Basu, Manajemen Pemasaran I, edisi ketiga, Yogyakarta: BPFE, 2001.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005

Tjiptono Fandi., Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Tjiptono, Fandy, Marketing Scales, Yogyakarta: Andi, 2004.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2009 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1997 Tentang Ketransmigrasian

William, Stanton J., Prinsip Pemasaran, edisi ke tujuh, Jakarta: Erlangga, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.