Peningkatan Perolehan Dana Zakat Melalui Penggunaan Teknologi Online

fitri maghfirah

Abstract


Teknologi online tidak hanya memudahkan beberapa aspek kehidupan manusia. Dalam konteks media online yang berimplikasi pada kemudahan komunikasi, selain itu pada era revolusi industri 4.0, hampir segala lini kehidupan manusia telah diakomodir oleh sistem teknologi online yang tidak hanya sebatas kemudahan dalam informasi saja. Kemudahan-kemudahan tersebut mengakomodir hingga dalam lingkup pengelolaan zakat, oleh karena itu penulis tertarik terhadap proses mobilisasi zakat melalui teknologi online. Ruang lingkup penelitian ini hendak mengidentifikasi pengaruh pengumpulan zakat melalui sistem teknologi online sekaligus juga pengaruh sosialisasi zakat melalui sosial media yang kemudian menggunakan pisau analisa Maqāṣid asy-Syarī’ah Jasser Audah untuk menemukan jawabannya. Penelitian ini memberi hasil sebagai berikut: pertama, penggunaan layanan online untuk pembayaran zakat di LAZ kota Yogyakarta memberi dampak kemudahan bagi muzakki dalam menyetorkan zakat sebagai upaya memenuhi kewajibannya. Kedua, adanya sosialisasi zakat melalui media social disamping untuk mengakomodir para muzakki yang peka terhadap penggunaan teknologi online, juga berdampak pada kesadaran masyarakat dalam membayar zakat melalui informasi yang disebarkan di sosial media. Dalam hal ini, perwujudan Maqāṣid asy-Syarī’ah melalui strategi pengembangan jumlah penghimpunan dana zakat jelas secara juziyyah nya bertujuan untuk mencari jalan keluar dari tidak optimalnya penghimpunan dana zakat menuju optimalnya penghimpunan dana zakat. Hal tesebut dapat diupayakan melalui sistem sosialisasi zakat dan penggunaan pembayaran zakat melalui teknologi online, sehingga dapat tercapai hifzu al-mal dan hifzu ad-din bagi para muzakki dan mustahik.


Kata kunci: Teknologi Online, Zakat, Maqāṣid asy-Syarī’ah


Full Text:

PDF

References


Achmad Syaiful Hidayat Anwar,Model Tatakelola Badan Dan Lembaga Amil Zakat Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Badan/Lembaga Amil Zakat Di Kota Malang), Jurnal Humanity, ISSN: 0216-8995, Vol. 7, No. 2 ( Juli 2012 ).

Ahmad Juwaini, Panduan Direct Mail Untuk Fundrising, Depok: Piramedia, 2005.

Any Nugroho, Hukum Perbankan Syariah, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.

British Library Cataloguing In Publication Data “Distributive Justice and Need Fulfilment In an Islamic Economic” (Islam abad and London: International Insitute Of Islamic).

Jasser Auda, Membumikan hukum Islam, Melalui maqashid syariah, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2015.

Martini Dwi Pusparini, Konsep Kesejahteraan Dalam Ekonomi Islam (Perspektif Maqasid Asy-Syari’ah), Islamic Economic Journal Vol. 1, No.1 ( Juni 2015 ).

Muhammad Abdul Qadir Abu Faris, Kajian Kritis Pendayagunaan Zakat, Semarang: Dina Utama, 1996.

Muhammad Daud Ali, Sistem ekonomi Islam Zakat dan Wakaf, Jakarta: UI-Press,1988.

Nuruddin, Zakat Sebagai Instrumen dalam Kebijakan Fiskal, Jakarta: Raja Grafindo, 2006.

Oni Sahroni, Adiwarman A. Karim, Maqashid Bisnis dan Keuangan Islam: Sintesis Fikih dan Ekonomi, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Rama Wijaya Kesuma Wardani, “Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional dalam Pengumpulan Zakat Maal”, lmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Vol. 11, No. 1 ( 2017 ).

Yusuf Qardhawi, Fiiqh al-Zakat, terj. Salman Harun, Didin Hafiduddin, Hasanuddin, Jakarta: Lentera, 1991.

http://digilib.uinsby.ac.id/19435/5/Bab%202.pdf

https://ekonomi.bisnis.com/read/20180516/105/795912/bayar-zakat-bisa-pakai-qr-gopay , diakses tanggal 13 Maret 2019

https://sharinghappiness.org/tentangkami Diakses tanggal 12 Maret 2019

https://www.antaranews.com/berita/796967/baznas-gunakan-fintech-kumpulkan-zakat-digital diakses tanggal 12 Maret 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.