Faktor Pengaruh Minat Membayar Zakat Mal Studi pada LAZ 'Baitul Mal MJK' di Yogyakarta

Widyarini Widyarini, Wahyu Yuliana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pengaruh minat muzaki di dalam membayar zakal mal pada LAZ ‘Baitul Mal MJK’ Yogyakarta. Di dalam model menggunakan variabel Religiusitas, Kepercayaan, Promosi dan Image/Citra. Populasi penelitian ini adalah masyarakat muslim di daerah LAZ ‘Baitul Mal MJK’ Yogyakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 67 orang. Metode yang digunakan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas tidak lolos uji reliabilitas. Sedangkan variabel kepercayaan dan promosi tidak signifikan. Variabel image/citra adalah satu-satunya variabel signifikan.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anton M. Moeliono dkk., 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Siti Rahayu Haditono, 2001, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada Univercity Press.

Wahabah Al Zuhayly, 1997, Zakat Kajian Berbagai Mazhab, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widyarini, 2013, Penyusunan Kuesioner, untuk Riset Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Ekonisia,

Abdul Hafiz Daulay dan Irsyad Lubis, 2015, Analisis Faktor-faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Mal Melalui Instansi BAZIS/LAZ (Studi Kasus di Kecamatan Medan Tembung, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.3 No.4, Hlm.24-251.

Agus Nelin Nuha, 2016, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Mal (Stui Kasus di Badan Amil Zakat Kota Yogyakarta, Skripsi, Prodi Keuangan Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tidak Diterbitkan.

Deni Riani, 2012, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Muzaki dalam Membayar Zakat (Studi Kasus pada Baznas Kota Yogyakarta), Skripsi, tidak diterbitkan, Keuangan Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Galuh Parmita Ardani Swari, 2014, Faktor yang mempengaruhi Konsisten Muzakki dalam Membayar Zakat Mal, Skripsi, Tidak diterbitkan, Keuangan Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.