Implikasi Etika dalam Fungsi-Fungsi Bisnis Islam
Abstract
Bisnis adalah suatu sistem yang terbuka. Hal ini berarti bahwa nilai-nilai yang dianut oleh pelaku bisnis akan mempengaruhi suatu bisnis dijalankan. Sebagai suatu sistem bisnis mengandung fungsi-fungsi yang satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Pengaruh masing-masing fungsi tersebut juga ditentukan oleh nilai yang dipegang oleh pelaku dan pelaksana fungsi bisnis tersebut. Oleh karena itu, pelaku bisnis muslim hendaknya memiliki kerangka etika bisnis yang kuat, sehingga dapat mengantarkan aktivitas bisnis yang nyaman dan berkah. Aktivitas bisnis akan terlihat pada siap tidaknya fungsi-fungsi bisnis berjalan, sehingga dapat menghilangkan masalah dalam sistem bisnis itu sendiri.
Full text article
References
Alfazalurrahman, Muhammad Seorang Pedagang, terjemahan, Jakarta; Ikadin, 1997.
Hertanto Widodo, et.al. PAS (Pedoman Akuntansi Syariat) Panduan praktis Operasional Baitul Mal wat Tamwil (BMT), Bandung: Mizan, 1999, h. 183.
Ikatan Akuntan Indonesia, Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Bank Syari'ah, Jakarta:
Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia, 2002.
Institute of Islamic Banking and Insurance, Accounting Issues in Islamic Banking, London, 1994.
Iwan Triyuwono, "Akuntansi Syari'ah Implementasi Nilai Keadilan dalam Format Metafora Amanah", Makalah Kuliah Umum, Fakultas Syari'ah IAIN Walisongo Surakarta, 1997.
Iwan Triyuwono, Organisasi dan Akuntansi Syari'ah, Yogyakarta: LKIS, 2000.. Fahim Khan, "Theory of Consumer Behaviour in an Islamic Perspective", dalam Sayyid Tahir et.al. Reading in Microeconomics An Islamic Perspective, Malaysia:
Longman, 1992, h. 73.
M. Umer Chapra, Islam dan Tantangan Ekonomi, (terjemahan), Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Muhamad, Akuntansi Lembaga Keuangan Syari'ah: Panduan Praktis bagi Pengelola Bank Syari'ah dan BMT, Yogyakarta: STIS Yogyakarta, 1998.
Muhamad, Pengantar Akuntansi Syari'ah, Jakarta: Salemba Empat, 2002.
Muhammad Ismail Yusanto dan Muhammad Karebet Wijayakusuma, Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Muhammad, Manajemen Bank Syari'ah, Yogyakarta: UPP-AMP ΥΚΡΝ, 2003.
Muslich, Etika Bisnis Pendekatan Substantif dan Fungsional, Yogyakarta: Ekonisia, 1998.
Philip Kotler, Marketing Manajemen, Millenium Edition, New York: Prentive Hall, 2000.
Rudy Harisyah Alam, "Manajemen : Sulitnya Pendekatan Teologis- Etis," Jurnal Ilmu dan Kebudayaan Alumul Qur'an, (7) Vol. II, 1990, h. 44.
Yusuf Qardhawi, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, (terjemahan), Jakarta: Robbani Press, 1997.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.