Problematika Produksi di Indonesia dan Solusinya (Suatu Tinjauan Etika Bisnis Islam)

Abdul Mughits(1)
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Produksi merupakan sektor yang menentukan roda ekonomi-bahkan pembangunan-suatu negara, meskipun dalam prakteknya juga harus diimbangi dengan sektor lainnya, seperti distribusi. Tujuan fundamental produksi adalah memenuhi kebutuhan masyarakat (secara praktis) dan menciptakan kesejahteraan ekonomi (secara makro). Ada lima prinsip dalam produksi, yaitu (1) Unity (keesaan Tuhan/Tauhid), integritas vertikal, interaksi sistem sosial yang bermuara kepada keesaan Tuhan. (2) Equilibrium, keseimbangan (keadilan). (3) Free will atau bebas berkehendak (ikhtiar). (4) Responsibility (pertanggunganjawab) terhadap lingkungan sosial, politik, ekonomi, budaya, fisik, pemerintah, stake holders, manusia dll.. dan (5) Kebenaran: Kebijakan dan kejujuran. Sementara faktor yang menentukan produksi ada empat, yaitu (1) tanah; (2) tenaga kerja; (3) modal dan; (4) organisasi, termasuk dalam organisasi (lembaga) ini adalah manajemen.

Full text article

Generated from XML file

References

al-Khafif, 'Ali, Mukhtasar Ahkam al-Mua'amalat asy-

Syar'iyyah, cet. 1, Kairo: Matba'ah as-Sunnah al-

Muhammadiyyah, 1952. Al-Mawardi, al-Ahkam as-Sultaniyyah, Beirut: Dar al-Kutub al- 'Ilmiyyah, 1978.

al-Qasim, Abu 'Abid, Kitab al-Amwal, Beirut: Dar al-Fikr, 1395/1975.

Asy'arie, Musa, Filsafat Islam, Sunnah Nabi dalam Berpikir, cet. 1 Yogyakarta: LESFI, 1999.

asy-Syatibi, Abu Ishaq, al-Muwafaqat fi Usul asy-Syari'ah, Mesir: Tnp., t.t., Juz II.

Beekum, Rafik Issa, Etika Bisnis Islam (Islamic Bussinnes Athics), penerj. Muhammad, cet. 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

De George, Richard T., Bussines Ethics, New Jersey: Prentice Inc. A. Simon and Schuster Company, 1990.

Karim, Adiwarman, Ekonomi Mokro Islami, cet. 1, Jakarta: IIIT Indonesia, 2002. Mannan, M. Abdul, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, penerj. M. Nastangin, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf Yasa, 1997.

Muhammad dan R. Lukman Faurani, Visi Al-Qur'an tentang Etika dan Bisnis, Jakarta: Salemba Diniyyah, 2002.

Musa, Muhammad Yusuf, Figh al-Kitab wa as-Sunnah; Al- Buyu' wa al-Mu'amalat al-Mu'asirah, cet. 1, Mesir: Dar al-Kitab al-'Arabi, 1954.

Muslich, Etika Bisnis Islam, Landasan Filosofis, Normatif dan Substansi Implementatif, cet. 1, Yogyakarta: Ekonosia, 2004.

Rahman, Afzalur, Doktrin Ekonomi Islam Jilid 1, penerj. Soeroyo dan Nastangin, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1995-

Authors

Abdul Mughits
mughits2007@yahoo.co.id (Primary Contact)
Mughits, A. (2024). Problematika Produksi di Indonesia dan Solusinya (Suatu Tinjauan Etika Bisnis Islam). Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 4(2), 231-256. https://doi.org/10.14421/aqsyb319

Article Details

How to Cite

Mughits, A. (2024). Problematika Produksi di Indonesia dan Solusinya (Suatu Tinjauan Etika Bisnis Islam). Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 4(2), 231-256. https://doi.org/10.14421/aqsyb319