Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Murtono Murtono UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8957

Keywords:

thematic learning, characteristics of child development, meaningful learning.

Abstract

Pengembangan model pembelajaran selalu dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Salah satu model yang menjanjikan adalah model pembelajaran tematik yang sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual dan karakteristik anak usia sekolah dasar. Dengan pembelajaran ini akan diperoleh pembelajaran yang bermakna, memberikan pengalaman langsung kepada siswa, dan mendapatkan materi yang lebih utuh. Pembelajaran ini berimplikasi pada siswa, guru, sekolah dan sarana-prasarana yang diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo, Psikologi Be/ajar, Rineka Cipta, 2003.

Hamalik, Oemar , Perencanaan Pengajaran berdasarkan pendekatan rystem, Bumi Aksara, 2006.

http:// wordpress.com/ tag/ inovasi-pembelajaran/

Pusat Kurikulum, Balitbang Diknas, Panduan Pengembangan Pembelqjaratt IPA Terpadu, 2003.

R., Fogarty, How to Integrate The Curricula, Illinois: IRI/Sky Publishing Inc, 1991.

Rustaman, N.Y, Dirdjosaemarto S., Yudianto, S.A., Ahmad Y., Subekti R., Rochimtaniawati, D., dan Kusumawati, M.N., Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common Textbook (Edisi Revisi). Bandung: FPMIPA UP I, 2003.

S. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, 2005.

Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Mata Pelajaran IPA SD /MI

Suryosubroto, Proses Balajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta. 2002.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Murtono, M. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8957