Mengajarkan Perkalian di Kelas II SD/MI Dengan Strategi Permainan
DOI:
https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8978Keywords:
Pembelajaran, Permainan Matematika, Active LearningAbstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika selama ini dilakukan dengan cara konvensional. Paling tidak hal inilah yang terjadi di kelas II MIN Tempel Sleman. Pada waktu pelajaran siswa tidak aktif dan suka bermain sendiri. Guru jarang memvariasikan dengan metode yang lain. Hal ini berakibat pada hasil prestasi yang rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan pendekatan active learning dapat meningkatkan suasana pembelajaran matematika menjadi aktif dan menyenangkan? Apakah hal ini berakibat meningkatnya hasil prestasi belajar? Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru jika melakukannya?
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas IIB MIN Tempel Sleman, tahun pelajaran 2008/2009. Jumlah siswa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur, dan tes evaluasi.
Downloads
References
Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar, PT Bumi Aksana, Jakarta 2003.
Dr. Mulyani Sumantri, M.Ed dan Drs. H. Johar Permana, MA, Strategi Belajar Mengajar, CV. Maulana, Bandung, 2001.
Gino, Dkk, Belajar dan Pembelajaran, L UNS Press, Surakarta, 1998.
Gordon Driden dan Jean Nette Fos, alih bahasa : Ahmad Baikhum, The Learning Revolution, Kaifa, Bandung, 2001.
Harloks, B, Elizabeth, Perkembangan Anak, jilid 2, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1990.
Hisyam Zaini, Barnawi Munthe, Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, CTSD, Yogyakarta, 2001.
Lexy.J. Meleong, Metodologi Pendidikan Kwalitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.
Mel Siberman, Avtive Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yapendis, Yogyakarta, 2001.
Mel Siberman, Avtive Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yapendis, Yogyakarta, 2001.
Monks, F, J, Dkk, Psikologi Perkembangan, Universiti Press, Yogyakarta, 2004.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung
Purwanto, Strategi Belajar Mengajar, UNS Press, Surakarta, 2003.
Ruseffendi, Pengantar Pembantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Tersitu, Bandung, 1998.
Ruseffendi, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non Eksata Lainnya, IKIP Semarang Press, Semarang.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.
Slameto, Metodologi Penelitian Pendidikan, UNS Press, Surakarta, 1992.
Sriyono, Tehnik Belajar Mengajar dalam CBSA, Rieneka Cipta, Jakarta, 1992.
Suharsini, Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.
Winkel, Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta, 1996.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.