Mengajarkan Perkalian di Kelas II SD/MI Dengan Strategi Permainan

Authors

  • Endang Sulistiyowati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8978

Keywords:

Pembelajaran, Permainan Matematika, Active Learning

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika selama ini dilakukan dengan cara konvensional. Paling tidak hal inilah yang terjadi di kelas II MIN Tempel Sleman. Pada waktu pelajaran siswa tidak aktif dan suka bermain sendiri. Guru jarang memvariasikan dengan metode yang lain. Hal ini berakibat pada hasil prestasi yang rendah.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan pendekatan active learning dapat meningkatkan suasana pembelajaran matematika menjadi aktif dan menyenangkan? Apakah hal ini berakibat meningkatnya hasil prestasi belajar? Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru jika melakukannya?

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas IIB MIN Tempel Sleman, tahun pelajaran 2008/2009. Jumlah siswa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur, dan tes evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar, PT Bumi Aksana, Jakarta 2003.

Dr. Mulyani Sumantri, M.Ed dan Drs. H. Johar Permana, MA, Strategi Belajar Mengajar, CV. Maulana, Bandung, 2001.

Gino, Dkk, Belajar dan Pembelajaran, L UNS Press, Surakarta, 1998.

Gordon Driden dan Jean Nette Fos, alih bahasa : Ahmad Baikhum, The Learning Revolution, Kaifa, Bandung, 2001.

Harloks, B, Elizabeth, Perkembangan Anak, jilid 2, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1990.

Hisyam Zaini, Barnawi Munthe, Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, CTSD, Yogyakarta, 2001.

Lexy.J. Meleong, Metodologi Pendidikan Kwalitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Mel Siberman, Avtive Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yapendis, Yogyakarta, 2001.

Mel Siberman, Avtive Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yapendis, Yogyakarta, 2001.

Monks, F, J, Dkk, Psikologi Perkembangan, Universiti Press, Yogyakarta, 2004.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung

Purwanto, Strategi Belajar Mengajar, UNS Press, Surakarta, 2003.

Ruseffendi, Pengantar Pembantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Tersitu, Bandung, 1998.

Ruseffendi, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non Eksata Lainnya, IKIP Semarang Press, Semarang.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.

Slameto, Metodologi Penelitian Pendidikan, UNS Press, Surakarta, 1992.

Sriyono, Tehnik Belajar Mengajar dalam CBSA, Rieneka Cipta, Jakarta, 1992.

Suharsini, Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Winkel, Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta, 1996.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Sulistiyowati, E. (2018). Mengajarkan Perkalian di Kelas II SD/MI Dengan Strategi Permainan. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2). https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8978