Peningkatan Nilai-Nilai Sosial Melalui Metode Permainan Dalam Pembelajaran IPS di MI Al Huda Boyolali

Authors

  • Isna Rahmawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8979

Keywords:

Nilai-nilai Sosial, Metode Permainan, Pembelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai sosial siswa kelas IV MI Al Huda Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2009/2010 melalui metode permainan dalam pembelajaran IPS.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak sembilan pertemuan dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang pada tiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, obeservasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al Huda Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 16 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penerapan metode permainan dasebagai pelaksana tindakan dan seorang guru sebagai observer bersama dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan.  Instrumen yang digunakan adalah lembar  observasi, pedoman wawancara, lembar tes,  dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskritif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa I) Upaya peningkatan nilai-nilai sosial siswa melalui metode permainan dalam pembelajaran IPS dipadukan dengan metode ceramah bervariasi dan diselingi dengan melakukan permainan "Pecahkan Sandi Temukan Makna". 2) Metode permainan dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan nilai sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya penzngkatan rata-rata skor munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan santun sebelum dilakukan tindakan adalah 32.29. Pada sikus I meningkat menjadi 38.02, siklus II menjadi 48.44, siklus III menjadi 58.59. Rata-rata persentase munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan santun sebelum tindakan: nilai positifsebanyak 8.34%, pada siklus I menjadi 11.98%, siklus II menjadi 22.40%, dan pada siklus III meningkat menjadi 30.73%. Rata-rata persentase munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan santun yang pasif (blank) sebelum tindakan sebanyak 48.96%, pada siklus I menjadi 52.08%, siklus II menjadi 53.13%, dan pada siklus III menjadi 56.25%. Sedangkan rata-rata persentase munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan san tun yang negatif mengalami penurunan di setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan yang negatif sebanyak 42.71%, dan pada siklus I turun menjadi 35.94%. siklus II menjadi, 24.48%, dan pada siklus III menjadi 13.02%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abul'id, 'Athif & Marsa, Sa'id, Muhammad, Syeikh, Bermain lebih baik dari pada nonton tv, Surakarta: Ziyad Visi Media, 2009.

Atmajaya. Tanamkan Nilai-Nilai Kehidupan Dengan Keteladanan, Diambil pada tanggal 10 Juni 2009, dari http://www.atmajaya/content.asp?f-O&id=320.

Cremer, Hildegard Wenzeler & Siregar, Maria Fischer, Proses Pengembangan Diri: Permainan dan Latihan Dinamika Kelompok, Jakarta: Grasindo, 1999.

Depdiknas, Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Depdiknas, Permen Diknas Nomor 19 Tahun 2005 Ten tang Stan dar Nasional Pendidikan.

Depdiknas, Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Drake, Christopher, The Journal Of Moral Education Trust: The Importance Of a Values-Based Learning Environment. Diambil pada tanggal1 0 Juni 2009, dari http://www.livingvalues.net.

Elliot, Stephen. N, et al, Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning 3. McGraw-Hill Companies, Inc, 2000.

Elmubarok, Zaim, Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan yang Terserak, Menyambungyang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai, Bandung: Alfabeta, 2008.

Encyclopedia of Children's Health, Play, Diambil pada tanggal 10 Januari 2010, dari http://www.healthofchildren.com/P/Play:html.

Fatkhul Anas, Relevansi Pendidikan Nilai Untuk Anak. Piambil pada tanggal 10 Juni 2009, dari http://groups.yahoo.com/group/message/2QZ2.

Ghofur, Abdul, Penanaman Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Siswa Kelas Jauh Program Otomotif di MAN Gandekan Bantul, Tesis, tidak diterbitkan, PPs UNY, 2008.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Hyun, E, Making Sense Of Developmentally and Culturally Appropiate Practice (DCAP) In Early Childhood Educational, New York: Peter Lang, 1998. Diambil pada tanggal 10 Juni 2009, dari http://ruby.fgcu.edu/courses.

Ismail, Andang, Education Games, Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif, Yogyakarta: Pilar Media, 2006.

Juhana, O & Sartono, Budi Pekerti, Jakarta: Mediantara Semesta, tt.

Kemmis, S, And Me. Taggart, R, The Action Research Planner, Victoria: Deakin University, 1991.

Kozulin, Alex, et al, Vygotsky’s Educational Theory In Cultural Context, New York: Cambridge University Press, 2007.

Muksin, Outbound for Kids Kumpulan Permainan Kreatifdan Komunikatif, Yogyakarta: Cosmic Books, 2009.

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.

Musfiroh, Tadkiroatun, Cerdas Melalui Bermain, Cara Mengasah Multiple Intelligence Pada anak Sejak Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2008.

Ratri, Yosita, Safitri, yang berjudul "Keefektifan Metode Permainan Pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Mahasiswa PGSD," Tesis, tidak diterbitkan, PPs UNY, 2009.

Regina, Nora, 120 Permainan Kreatif Untuk Menggali Kecerdasan Anak, Yogyakarta: Wahana Totalita Publisher, 2009.

Sandiman, S, Arif, dkk, Mediapendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers, 2006.

Sanjaya, Wina, Strategi Pmbelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008.

Santosa, Endy, Vincentius & Mulyani, Mendah, Iin, 100 Permainan Kreatif Untuk Outbound dan Training, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.

Santrock, John, W, A Tipical Approach to Life Span Development 3ed, Boston: McGraw Hill, 2007.

Shaver, James P, (Ed.), Handbook of Research on Social Studies Teaching and Learning, a Project Of The Nation Council for The Social Studies, New York: McMillan Publishing Company, 1991.

Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral Intelektual Emosional Dan Social Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sudaryanti, “Pengembangan Nilai-Nilai Kejujuran, Keberanian, dan Cinta Damai Melalui Pembelajaran Berdasarkan Minat di TK Negeri 2 Yogyakarta,” Tesis, tidak diterbitkan, PPs UNY, 2007.

Sukmadinata, Syaodih, Nana, Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Zidniyati, Keefektifan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Nilai dan Ketrampilan Berbahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyyah, Tesis, tidak diterbitkan, PPs UNY, 2009.

Zubaedi, (Ed), Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Rahmawati, I. (2018). Peningkatan Nilai-Nilai Sosial Melalui Metode Permainan Dalam Pembelajaran IPS di MI Al Huda Boyolali. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2). https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8979