Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Proses Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Kelas V MI Nurul Khair
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i1.8990Keywords:
realistic mathematics, mastery of concepts, learning, geometryAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pemahaman siswa MI Nurul Khair terhadap konsep geometri yang memprihatinkan. Ini diakibatkan dari karakteristik matematika yang mempunyai objek bersifot abstrak yang memuat aturan-aturan yang harus dipahami dan dihapal. Selain itu belajar matematika di sekolah terpisah dari pengalaman mereka sehari-hari maka anak cepat lupa dan tidak dapat mengaplikasikan matematika. Sifot abstrak, banyaknya aturan serta cepat lupa tersebut yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan memecahkan masalah dalam matematika terutamanya yang berhubungan dengan konsep Geometri. Oleh karena itu tujuan umum dari penelitian ini untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada kelas V MI Nurul Khair. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan. proses belajar mengajar materi geometri datar dengan menggunakan matematika relistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan matematika relistik dapat mengaktijkan proses pembelajaran, mempertinggi pemahaman konsep, merubah sikap siswa dari tidak tertarik belajar matematika menjadi tertarik dan dapat mempertinggi prestasi belajar. Hal ini terlihat dari kenaikan nilai rata-rata siklus satu sebesar 5, 6 menjadi 8, 8 pada siklus dua.
Downloads
References
Anitah Sri, Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Endang Sulistyowati, Modul kuliah Matematika dan Pembelajarannya; Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2010.
Erman Suherman dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, UPI Bandung, 2003.
Gatot Muhsetyo, Pembelajaran Matematika SD, Universitas Terbuka. Jakarta. 2009.
Paul Suparno, Teori perkembangan kognitif Jean Piaget, Kanisius Yoyakarta, 2001.
Mikarsa H. L., Taufik A., Prianto P. L. Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2002.
Nisbet, Changing views on ability. In Enwisde (Ed) New directions in educational psychology learning and teaching.p 43; London, The Falmer Press, 1985.
Soedjadi R, Pembelajaran Matematika Realistik, Makalah disajikan pada seminar RME. Yogyakarta, 2001.
Yohanes Surya, Pintar Berhitung (CASING), PT Kandel Tangerang, 2010.
Y. Marpaung, Sosialisasi PMRI. Yogyakarta, Diklat Pembelajaran Matematika SD PMRI, tgl 16 s/d 29 Juli 2010, P4TK Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.