Peran Blog Sebagai Media Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Eka Sulistiyowati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8998

Keywords:

blogs, learning media, technology fluency, MI

Abstract

Literasi digital telah memasuki kelas dan pengajaran di sekolah. Salah satu media berbasis internet yang mulai dilirik sebagai media pembelajaran sains di level pendidikan dasar adalah blog atau weblog. Blog memiliki berbagai manfaat diantaranya bagi guru sebagai tempat berbagi lesson plan, link ke sumber-sumber online dan search engines, menyebarluaskan informasi dan berkomunikasi sesama guru. Bagi siswa blog dapat memberikan kemudahan berkomunikasi secara online dan melatih siswa untuk berinteraksi sosial dengan lebih mandiri dan percaya diri. Blog juga menyediakan ruang pencarian informasi yang bermanfaat bagi siswa SD/MI untuk memahami konsep sains secara mandiri.

Beberapa sekolah dan guru di Amerika telah menggunakan blog sebagai media pendidikan. Kebanyakan menggunakan blog sebagai sumber infomasi, mencari lesson plan, dan kurikulum. Contoh dari blog-blog yang bermanfaat di dunia pendidikan diantaranya http://librarygoddess. blogspot.com, http:// www.educationlibrarian.com, http://edsourceonline. blogspot.com, dan lainlain. Dengan melihat manfaat dan kelebihan blog, artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan blog sebagai media pembelajaran bagi siswa SD/MI. Dengan eksplorasi tersebut diharapkan lebih banyak guru dan peserta didik yang dapat mengembangkan technology fluencynya melalui blog.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, H., Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Bhatt, J., Blbgging as a tool: Innovative approaches to information access. Library High Tech News (9) p 28-32. Emerald Group Publishing Limited, 2005.

Bouillion, L.M and De Gennaro, The interrelationship between technological fluency and scientific literacy. In Tobin, K. Teaching and learning science, a handbook. Vol. 2. Paeger Publishers, 25pp, 2006.

Buchori, M., The meaning of science education for madrasah, Diakses dari www.laksamana.net , 2002.

Clyde, L.A., Educational blogging. Teacher Librarian (32):3. Research Library Core. p. 43, 2005.

Cole, Peter G., and Chan, Lorna, Teaching principles and practices, 1994.

Australia: Prentice Hall Doctorow, C., et al, Essential Blogging. O'Reilly publisher. Ebook retrieved 13 February 2006 from http://proquest.safaribooksonline.com/, Database: Proquest database, 2002.

Kelly, K, Blogging. Research Library Core (103), p. 52 Loft, J.B. (2004). Understanding Community Weblogs. Desertation. Minnesota: Proquest Information and Learning Company, 2000.

National Academy of Engineering, Techically speaking: Why all Americans need to know more about technology, www.nap.edu/booksI0309082625/html, 2002.

Prasetyo, E., Orang miskin dilarang sekolah. (Poor people are forbidden to go to schools). Yogyakarta: Resist Book, 2005.

Rose Embrey, T., You blog, we blog: A guide to how teacherlibrarians can use web logs to build communication and research skills. Teacher Librarian (30):2 p7, 2002.

Santrock, J.W., Psikologi Pendidikan, Edisi 2, Jakarta: Kencana, 2007.

Steenbrink, K.A., Pesantren, Madrasah, Sekolah, Jakarta: LP3ES, 1974.

US Department of Commerce, A nation online. Washington, DC, 2002.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Sulistiyowati, E. (2024). Peran Blog Sebagai Media Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8998