Pembentukan Karakter Peserta Didik Dengan Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.9000Keywords:
character, mathematics learningAbstract
Gerak langkah pendidikan tidaklah dapat dilepaskan dari arus perkembangan yang ada dalam masyarakat yang sedang membangun, yaitu perkembangan sains dan teknologi beserta produknya, tuntutan kuantitas dan kualitas produk pendidikan, teori pendidikan dan kenyataan di lapangan. Pembelajaran matematika harus mempunyai kontribusi dalam pembentukan karakter bangsa demi menghadapi perkembangan arus globalisasi.
Matematika sebagai salah satu ilmu dasar baik aspek terapan maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai pada batas tertentu matematika perlu dikuasai oleh segenap warga negara Indonesia, baik penerapannya maupun pola pikirnya. Matematika sekolah yang merupakan bagian dari matemaika yang dipilih atas dasar kepentingan pengembangan kemampuan dan kepribadian peserta didik serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu selalu dapat sejalan dengan tuntutan kepentingan peserta didik menghadapi tantangan kehidupan masa depan.
Pendidikan karakter akhir-akhir ini menjadi isu utama pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa. Pendidikan karakter menjadi fokus pendidikan di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Pendidikan matematika tidak dapat terlepas dari kewajiban memberikan pendidikan karakter. Oleh karena itu, untuk mencari pembentukan karakter peserta didik dengan menggunakan nilai-nilai filosofis pendidikan matematika akan lebih baik jika terlebih dahulu mengungkap karakteristik dari matematika yaitu obyeknya yang abstrak, simbol yang kosong dari arti, kesepakatan dan pemikiran deduktif aksiomatik, dan anti kontradiksi. Ada beberapa nilai didik dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan karakteristik dari matematika yang dapat diintegrasikan dengan Al Qur' an, yang diharapkan dapat mendukung tujuan pendidikan nasional, di antaranya: kesepakatan, ketaatasasan/konsistensi, deduksi, semesta. Karakter peserta didik yang dapat dibentuk dengan pembelajaran matematika diantaranya adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, dan komunikatif.
Downloads
References
Bell, Frederick H., Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Wm. C. Brown Company. Dubuque. Iowa, 1981.
Ibrahim dan Suparni., Strategi Pembelajaran Matematika. POKJA Akademik. UIN Sunan Kalijaga. Y ogyakarta, 2008.
Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum, balitbang Depdiknas, 2003.
Soedjadi,R, Mencari Strategi Pengelolaan Pendidikan Matematika Menyongsong Tinggal Landas Pembangunan Indonesia. Surabaya, 1985.
Soedjadi, R, Matematika Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya Suprijono, Agus,2009. Cooperative Laming: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1995.
Surya, H. Mohamad, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy. 2004.
Wahyudin, Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran Seri 3. Jakarta: CV. IP A Abong, 2008.
----• AI Qur'an. Departemen Agama RI, 2009.
----• Kerangka Dasar Keilmuan dan Pengembangan Kerikulum UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta, Pokja Akademik, 2006.
----• Kurikulum KTSP. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2006.
----• UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan. Jakarta, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.