Tinjauan Keunggulan dan Kelemahan Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9020Keywords:
Penerapan, Kurikulum 2013, Keunggulan, KelemahanAbstract
Ketercapaian kurikulum tingkat SD/MI di 6 bulan penerapannya terhitung dari bulan Juli 2013 sampai Desember 2013 masihjauh dari harapan. Hal ini terbukti dengan masih sangat banyak SDIMI yang belum mempunyai buku pegangan kurikulum 2013, sarana prasarana belum siap, dan masih sangat banyak guru yang belum siap untuk menerapkan kurikulum 2013. Keunggulan yang dimiliki oleh kurikulum 2013 bisa menjadi bumerang bagi pemerintah karena ketidaksiapan dalam penerapan kurikulum 2013, justru kelemahannya yang menonjol jika tidak secepatnya tertangani. Untuk itu menjadi PR besar bagi Kemdikbud dan Kemenag, dan diharapkan bahwamereka bekerjasama secepatnya.Downloads
References
Glatthom A., Developing A Quality Curriculum, Alexandria:ASCD, 1994.
Habibi, Ahmad, Keunggulan dan kekurangan pendidikan pada kurikulum 2013, Tersedia:http://www.beritahu.me/20 13/09/keunggulan-dan-kekuranganpendidikan.htmll#sthash,zB51FhOO,dpuf, Diakses: 19 September 2013.
Kompas.com tanggal 30 Maret 2013, Diakses tanggal 29 Desember 2013.
Nere, Gladys, Kelebihan dan Kekurangan kurikulum 2013, Tersedia: http://gladysnereweb.b1ogspot.com/2013/05/kelebihan-dan-kekuranga-kurikulum2013.html, Diakses: 19 September 2013.
Permendikbud Kurikulum 2013, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah atas/Madrasah Aliyah Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah atas/Madrasah Aliyah.
Permendikbud Kurikulum 2013, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rogers, M, Everett, Dijfitsion of Inovations: Third Edition, London, Collier Macmillan Publishers, 1983.
S, Nasution, M,A, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: BurniAksara, 2008.
http://pakyad:imbs.wordpress.com/2013/09/13/kurikulum-2013-harapan-peningkatan-efektifitaspendidikan/, (Diakses tanggal 29 Desember 2013).
http://edukasi.kompas.com/read/2014/0110211611598/Penerapan.Kurikulum2013.Hanya.Sekadar.Fonnalitas/. (Diakses tanggal 6 Januari 2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.