Evitalisasi Pendidikan Humanis Religius di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9022Keywords:
Revitalisasi, Pen, didikan Humanis ReligiusAbstract
Pendidikan merupakan upaya untuk membantu peserta didik agar berkembang menjadi manusia yang potensial secara intelektual melalui proses transfer of knowledge, dan potensial secara spiritual melalui proses transfer of values. Muatan upaya yang dibawa dalam proses pendidikan merupakan proses yang padu dan komprehensif, tidak direduksi menjadi pemenuhan kebutuhan praktis sesaat. Dimensi humanis akan mengarah pada pendidikan yang berakar pada nilai-nilai kemanusian, dimensi religius akan membawa ke pendidikan yang berpihak pada religiusitas manusia. Tugas sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan adalah melakukan revitalisasi/penguatan kembali pendidikan humanis religius agar dapat mengembalikan pendidikan pada dimensi yang hakiki.
Downloads
References
A., Mangunharjana, Isme-isme dalam Etika dari A sampai Z, Yogyakarta: Kanisius, 2003.
Abidin, Zainal, Filsafat Manusia: Memahami Manusia melalui Filsafat, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Achmadi, ''PendidikanlslamAntisipatoris", Edukasi, Vol. II, No. I, Fakultas Tarbiyah lAIN Walisngo Semarang, Januari 2004.
Arifin, Zainal, “Pendidikan Multikultural-Religius untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik Yang Humanis-Religius”, Jurnal Pendidikan Islam, Volume I, Nomor 1, Jun_2012/1433.
Baharuddin dan Moh. Makin, Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori dan Aplikasi Praktis dalam dunia Pendidikan, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Chayati, Nur, ''MenelusuriAkar Bungkamnya Daya Kritis", Edukasi, Vol. II, No.1, Januari, 2004, Fakultas Tarbiyan IAIN Walisongo Semarang.
Darmanto, Djatman, Psikologi Terbuka, Semarang: Limpad, 2005.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Kamus besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Freire, Paulo, Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, Diterj. Oleh: Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyartanto, Yogykarta : Pustaka Pelajar & READ, 2002.Pius A.
Geoge R. Knight, Filsafat Pendidikan, Diterj. Oleh: Mahmud Arit, Yogyakarta: Gama Media, 2007.
Hendro Widodo, Revitalisasi Pendidikan Humanis Religius
Kuntoro, Sodiq A., "Sketsa Pendidikan Humanis Religius". Paper disampaikan sebagai bahan diskusi dosen di FJP, 5 April 2008. Yogyakarta.
Lorens Bagus, Kamus Filsafat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
Mas'ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: GamaMedia: 2002.
Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
Nurjannah, "Menuju Pendidikan Etik Humanistik: Sebuah Rekonstruksi Paradigma", Jurnal, Studi keislaman, Ulumuna, STAIN Mataram, 2003.
Partanto dan Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka, 2001.
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Rajabi, Mahmud, Horison Manusia, Jakarta: Al-Huda, 2006.
Setya Rahatja, “Penyelenggaraan Pendidikan lndonesia Nederlandche School (INS) Kayu Tanam dalam Perspektif Pendidikan Humanis-Religius”, Jurnal Manajemen Pendidikan, No.01/th IV/April 2008.
Tholkah, Imam, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grafmdo Persada, 2004.
Zuchdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.