Revitalisasi Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Pengintegrasian Pendidikan Karakter pada Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9025Keywords:
Principal roles, manager, studentsAbstract
Mencuatnya beberapa tindakan kekerasan, ketidakjujuran, penyalahgunaan obat terlarang, sek bebas serta hal lain membahayakan eksistensi generasi bangsa. Untuk menguatkan dan mengembangkan karakter luhur siswa pendidikan tingkat dasar dalam kehidupan sehari-hari, maka peran dan fungsi kepala sekolah diperlikan secara optimal. Beberapa peran yang dapat dimainkan oleh kepala sekolah pada tingkat dasar adalah peran sebagai seorang perencana, pelaksana, pengontrol serta sebagai evaluator guna mengontrol atau memastikan bahwa semua aktivitas tersebut terkait terhadap pengembangan dan penumbuhkembangan ni/ai-nilai yang telah disepakati pada sekolah bersangkutan. Us aha ini diyakini cukup efektif untuk memberikan modal bagi siswa, sehingga siswa diharapkan mempunyai kompetensi memadahi untuk berkompetisi dimanapun dia berada.
Downloads
References
B., Aliyah Hasan, Purwakania, Psikologi Perkembangan Islami , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Cameron, Lynne, Teaching Language To Young Learners, England, Cambridge University press
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.
Hidayat, Asep Saifullah, “Manajemen Sekolah Berbasis Karakter”, Jumal Inovasi dan Kewirausahaan, No.I Januari 2012.
Hidayat, Syarif, Demokratisasi dan Desentralisasi Pendidikan, Paradigma Baru Pendidikan Nasional Menuju Terwujudnya Masyarakat Madani, dalam Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru 70 Tahun Prof. Dr. Tilar, Jakarta: PT. Grasindo, 2002.
Kamil, Sukron, Pemikiran Politik Islam Tematik, Jakarta: Prenada Media Group, 2013.
Kemenag, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Lapis, 2008.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa, Panduan Sekolah, Jakarta, 2011.
Kusuma, Dharma dkk., Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.
Malik, Fajar, “Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan”, Pidato llmiah, IAIN Sunan Ampel Malang, 1995.
Marzuki, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama”, Makalah Seminar Pendidikan karakter dengan Tema, Intemasisasi Pendidikan Karakter Melalui Proses Pembelajaran Ahmad Salim, Revitalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Rangka mewujudkan Generasi yang Nurani, Cendekia, dan Mandiri DI SMPN 5 Wates Kulon Progo, 2011.
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Munir, Abdullah, Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Musfah, Jujen, Membumikan Pendidikan Holistik (Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Permen Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Depdiknas.ac.id. diakses pada 12 Oktober 2013.
Rahman, Hibana S., Konsep PAUD, Yogyakarta: Bina Insan Mulia press, 2004.
Salim, Ahmad, Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah, Sebuah Konsep dan Penerapannya, Yogyakarta: Sabda Media, 2013.
Satriyo, Karakteristik Perkembangan Peserta Didik Anak Masa Sekolah, pba-iainsu. diakses, 27 November 2013.
Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Thomas Lickona 1999 Religion and Chapter Education, Phi Delta Kappa, 00317217, Sep.1999, Vol. 81. Issue 1.
Tilar, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi, Visi, Misi dan Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020, Jakarta: PT. Grasindo, 1997.
Yaumi, Muhammad, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.