Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Ipa Terpadu Berbasis Model Iqra' Dan Mitigasi Bencana Erupsi Merapi
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9040Keywords:
LKPD, IPA Terpadu, Iqra ', Mitigasi Bencana, Erupsi MerapiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadaptasi prosedur Borg dan Gall yang dilakukan dengan lebih sederhana, yang melibatkan 5 langkah utama yaitu: (I) Ana/isis produk, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap validasi dan penilaian. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas LKPD untuk ahli materi, media, dan guru· SMPIMTs menggunakan skala Likert!. Instrumen untuk peserta didik berupa skala respon peserta didik menggunakan skala Likertyang dibuat dalam bentuk checklist. Menurut ahli materi dan ahli media, produkyang dikembangkan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80% dan 81,48%. Sedangkan penilaian dari guru SMPIMTs, memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 90%. Maka Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber be/ajar IPA di SMP/MTs.
Downloads
References
Borg, W.R. & Gall, M.D, Educational Research: An Introduction, 4'h Edition. New York: Longman Inc, 1983.
Sasongko Triyoga, Lucas, Merapi dan Orang Jawa: Persepsi dan Kepercayaanny, Jakarta: Grasindo, 2010.
Pemprov DIY. (Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 20ll tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya).
Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada MG, 2012.
Suastra, I Wayan, Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha, Jilid 43 No. 2, 8-, 2010.
Sukardjo dan Permana Sari, Lis, Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia, Yogyakarta: FMIPA UNY, 2009.
Tim, Metode Penelitian Pengembangan, Jakarta: Puslitjaknov Balitbang Depdiknas, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.