Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI

Authors

  • Danuri Danuri Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9041

Keywords:

Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul m(ltematika SDI MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu ana/isis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/Ml dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian be/ajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SDIMI dengan pendekatan kontekstuallayak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baumgartner, Adult Learning Theor, Columbus: Center on Education and Training for Employment, 2003.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung :

Remaja Rosdakarya, 2012.

Holstein, Hermann, Murid Be/ajar Mandiri, Bandung : Remadja Karya, 1986.

Johnson, Elaine B, Contextual Teaching & Learning, Bandung

:MLC, 2008.

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung : Refika Aditama, 2011.

Mudjiman, Haris, Belajar Mandiri, Solo: LPP dan UNS Press, 2008.

Mulyati, Yeti, Pokok-pokok Pikiran Tentang Penulisan Modul Bahan Ajar dan Diklat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Bahasa, 2002.

Muslich, Mansur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstua,. Jakarta : Bumi Aksara, 2007.

Nasution,. BerbagaiPendekatan dalam Proses Be/ajar dan Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Purwanto, Pengembangan Modul, Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pendidikan, 2007.

Prastowo, Andi, Panduan KreatifMembuat Bahan Ajar Inovatif,

Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Penelitian,

Jakarta: Kencana, 2008.

Santiasa, I Wayan, Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangan Modul, Universitas Pendidikan Ganesha, 2009.

Sardiman, Jnteraksi dan Motivasi Be/ajar Mengajar, Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Slameto, Be/ajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,

Jakarta: Rineka Cipta, 1987.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Be/ajar Mengajar, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2009.

Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 1996.

Vembriarto, Pengantar Pengajaran Modul, Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramitra, 1985.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Danuri, D. (2024). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9041