Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9041Keywords:
Modul, Kontekstual, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul m(ltematika SDI MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu ana/isis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/Ml dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian be/ajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SDIMI dengan pendekatan kontekstuallayak digunakan.
Downloads
References
Baumgartner, Adult Learning Theor, Columbus: Center on Education and Training for Employment, 2003.
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung :
Remaja Rosdakarya, 2012.
Holstein, Hermann, Murid Be/ajar Mandiri, Bandung : Remadja Karya, 1986.
Johnson, Elaine B, Contextual Teaching & Learning, Bandung
:MLC, 2008.
Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung : Refika Aditama, 2011.
Mudjiman, Haris, Belajar Mandiri, Solo: LPP dan UNS Press, 2008.
Mulyati, Yeti, Pokok-pokok Pikiran Tentang Penulisan Modul Bahan Ajar dan Diklat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Bahasa, 2002.
Muslich, Mansur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstua,. Jakarta : Bumi Aksara, 2007.
Nasution,. BerbagaiPendekatan dalam Proses Be/ajar dan Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1988.
Purwanto, Pengembangan Modul, Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pendidikan, 2007.
Prastowo, Andi, Panduan KreatifMembuat Bahan Ajar Inovatif,
Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Penelitian,
Jakarta: Kencana, 2008.
Santiasa, I Wayan, Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangan Modul, Universitas Pendidikan Ganesha, 2009.
Sardiman, Jnteraksi dan Motivasi Be/ajar Mengajar, Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Slameto, Be/ajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,
Jakarta: Rineka Cipta, 1987.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Be/ajar Mengajar, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2009.
Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 1996.
Vembriarto, Pengantar Pengajaran Modul, Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramitra, 1985.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.