Peran Sertifikasi Pendidik dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran IPA SD di Kabupaten Magelang
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.9043Keywords:
sertifikasi, kualitas, pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah sertifikasi pendidik dapat meningkatkan kualitas pendidikan, atau meningkatkan kesejahteraan guru saja. Penelitian dilakukan di tiga SD di kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sebelum dan sesudah sertifikasi mengalami perubahan. Pasca sertifikasi metode yang digunakan lebih bervariasi. Perubahan ini terfadi karena guru tersebut memperoleh pengetahuan bermacam-macam metode pembelajaran tersebut pada saat PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Gum). Pendekatan yang digunakan guru pada pembelajaran IPA juga mengalami perubahan. Sebelum bersertifikat menggunakan pendekatan konsep, dan sesusah bersertifikat menggunakan pendekatan ketrampilan proses, dan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, sertifikasi selain meningkatkan kesejahteraan guru juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.Downloads
References
Amien, Mohammad, Hakikat Sains, FMIPA UNY Muhamad Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Anonim, Kurikulum Pendidikan Dasar: IPA-SD, Jakarta: Depdiknas, 2006.
Crow and Crow, Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1994.
Darwis AS, Teori dan Praktek Pengajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 1979.
Fajar, Arnie, Peranan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Dalam Makalah Seminar Nasional Sosialisasi Sertifikasi Guru dalam memaknai UU No, 14 Tahun 2005, Bandung: Disdik Jawa Barat, 2006,
http://mediaindonesia.com/index,php?ar_id= NDMOjY =,diakses7Juni 2013.
Ibrahim, Nurdin, Hubungan Tempat Tutorial Tatap Muka dengan Hasil Belajar Siswa SLTP Terbuka, www,pustekom,go,id, 2003.
INyoman S,D, Ilmu Pengajaran: Taksonomi Variabel, Jakarta: Ditjend Dikti Depdiknas, La Maronta Galib, 2005, Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah, www.depdiknas.com, 1989.
Komara, Endang, Peran Sertivikasi dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, 2009.
Mayke S Tejasaputra, Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: Grasindo, 2001.
Mudlofier, Teknologi Instruksional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
Pikiran Rakyat, 6 Oktober 2006.
Rustaman, Nuryani Y, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA UPI, 2003.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003.
Samani, Muclas dkk, Mengenai Sertifikasi Guru di Indonesia, Surabaya: SIC, 2006.
Sanjaya,Wina, Pembelajaran dalam lmpelementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Prenada Media, 2005.
Semiawan, Conny, Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar) Jakarta: PT Prenallindo, 2002.
Syaiful Bahri Djamaroh dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: Eka Jaya, 2006.
Zulkifli L, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.