Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.9047Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab.Abstract
Latar belakang penulisan penelitian ini adalah adanya kondisi yang memprihatinkan generasi penerus bangs a yang semakin jauh dari nilainilai karakter dan budaya bangs a. Sekolah sebagai institusi pendidikan mempunyai tanggungjawab untuk membentuk dan mengembangkan karakter siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran bahasaArab dalam pendidikan karakter, aplikasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab serta nilai-nilai apa saja yang bisa diinternalisasikan di dalam pembelajaran bahasa Arab.Downloads
References
Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Buku Panduan lnternalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Asrori, Imam. 2001. Konsepsi Kurikulum Tentang Pengajaran BA di MI dan Kelemahan Pengembangannya dalam Buku Teks. Makalah disajukan pada PINBA II di UGM Yogyakarta.
Boang, Aisyah dalam Supiana. Mozaik Pemikiran Islam: Bunga Serampai Pemikiran Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikti.
Dirjen Pendidikan Islam Depag RI. 2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tentang RI tentang Pendidikan. Jakarta: Depag Rl.
Doni Koesoema A. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Echols, Jhon. 2005. Kamus Populer. Jakarta: Rineka Cipta Media.
Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Harold Palmer. Principles ofLanguage-study. dalam terjemahan bahasa Arab: Usus Ta'lim al-Lugah al-'Arabiyah. oleh Kamal Ibrahim Badri dan Salih Muhammad Nasir. Jakarta : Jami'ah al-Imam Muhammad bin Su'ud al-Islamiyah. t.th.
Kemendikanas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah. Malang Press.
Khan, D. Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri; Mendongkrak
Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik Edisi II. Jakarta: Gramedia.
Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
M. Abdul Hamid, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Pendekatan. Metode Strategi. Materi dan Media. Malang : UIN Malang Press.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensonal. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.