Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Kegunaan Melalui Penerapan Metode Make A Match

Authors

  • Suratiyem Suratiyem Sekolah Dasar Negeri Pungsari Plupuh, Sragen

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9052

Keywords:

motivasi, hasil, belajar, metode, make a match

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa sehingga prestasi be/ajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kenaikan. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil be/ajar IPA bidang energi listrik. Penelitian dilakukan selama empat bulan dan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pungsari 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Obyek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan populasi 16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode make· a match bidang pembelajaran IPA. Pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi,praktek langsung dan interview. Penelitian ini dlakukan melalui dua siklus, dan make a match sebagai metode pendekatannya. Hasil penelitian dimulai dari kondisi awal (siklus I) dan kondisi akhir (siklus II). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada motivasi maupun rata-rata nilai IPA. Nilai motivasi 65,5 menjadi 81,3 dan nilai rata-rata IPA pada kondisi siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 73,4, proses pembelajaran diorentasikan pada trend peningkatan proses pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad, Peneliti dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindon, 1996.

Depdiknas, Kurikulum 2004 Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas, 2004.

Dimyati dan Mujiyono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Eli, M. Nur, Metode PAIKEM GEMBROT, Jakarta: PT. Sinergi Kreasi, 2012.

Gagne, Briggs dan Wager, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka, 1992.

Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Huda, Nurul, Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Sinergi, 2012.

Lapono, Nabisi, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, (Terjemahan Munandir), Jakarta, 2008.

Suharsimi, Arikunto, Prosedur Metodologi Penelitian Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Triyanto, Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Suratiyem, S. (2024). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Kegunaan Melalui Penerapan Metode Make A Match. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9052