Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Kegunaan Melalui Penerapan Metode Make A Match
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9052Keywords:
motivasi, hasil, belajar, metode, make a matchAbstract
Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa sehingga prestasi be/ajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kenaikan. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil be/ajar IPA bidang energi listrik. Penelitian dilakukan selama empat bulan dan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pungsari 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Obyek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan populasi 16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode make· a match bidang pembelajaran IPA. Pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi,praktek langsung dan interview. Penelitian ini dlakukan melalui dua siklus, dan make a match sebagai metode pendekatannya. Hasil penelitian dimulai dari kondisi awal (siklus I) dan kondisi akhir (siklus II). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada motivasi maupun rata-rata nilai IPA. Nilai motivasi 65,5 menjadi 81,3 dan nilai rata-rata IPA pada kondisi siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 73,4, proses pembelajaran diorentasikan pada trend peningkatan proses pelajaran IPA.
Downloads
References
Ali, Muhammad, Peneliti dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindon, 1996.
Depdiknas, Kurikulum 2004 Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas, 2004.
Dimyati dan Mujiyono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Eli, M. Nur, Metode PAIKEM GEMBROT, Jakarta: PT. Sinergi Kreasi, 2012.
Gagne, Briggs dan Wager, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka, 1992.
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Huda, Nurul, Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Sinergi, 2012.
Lapono, Nabisi, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, (Terjemahan Munandir), Jakarta, 2008.
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Metodologi Penelitian Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Triyanto, Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.