Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9053Keywords:
pendidikan karakter, kepramukaan, siaga mulaAbstract
Gerakan pramuka hadir sebagai alat untuk pembentukan karekter yang berbentuk
kegiatan pendidikan non formal di sekolah. Pendidikan kepramukaan di SDIT
Salsabila 2 Klaseman merupakan sebuah organisasi yang dikemas dalam kegiatan
yang menarik dan menyenangkan tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan.
Pendidikan kepramukaan dilaksanakan di luar ruangan sehingga memberikan unsur
rekreatif untuk peserta didik setelah seharian penuh melalui proses pembelajaran.
Pembina pramuka memberikan permainan-permainan yang mengandung unsur
pendidikan yang dipadukan dengan materi kepramukaan.
Downloads
References
Asmani, Jamal Ma'aruf, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Anggadiredja, Jana T., Kursus Mahir Dasar Untuk Pembina Pramuka, Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2013.
Azwar, Azrul, Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, SK Kwarnas No. 203, 2009.
Azwar, Azrul. 2009. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. SKKwarnas No. 203 Th. 2009.
Dibba, Eva Farrah, Aspek-Aspek PendidikanAgama Islam Dalam Kegiatan Pramuka di Madrasah Ali yah Mu' Allimaat muhammadiyah Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005.
Anggoro, Risma Tri, Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Anggota Pramuka Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Fitri, Agus Zaenul, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Arruz Media, 2012.
Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung:
Alfabeta, 2012.
Maryati, Siska, Peranan Kegiatan Ekstra Kulikuler untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Bidang Pengembangan Diri di MAN Wonokromo Bantul, Skripsi, Yogyakarta: mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Mulyasa, Manajemen Pendidikan karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Muhit, Muhammad Abdul, Nilai pendidikan Islam Berbasis Budaya Jawa, Skripsi. Fakultas Yogyakarta: Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Sahlan, Asmaun & Prasetyo, Angga Teguh, Desain Pembinabelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Arruz Media, 2012.
Sarjono dkk, Panduan Penulisan Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Sari, Nur Endah Puspita, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Ekstra kurikuler Pramuka di MAN Sabdodadi Bantul, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007.
SDIT Salsabila, Profit Sekolah, Diakses 11 Juni 2013 jam 18.22, http:// sditsalsabilaKlaseman.sch.id/profil/.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumkadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2009.
Sunardi, Andri Bob, Bayman Ragam Latihan Pramuka, Bandung: Nuansa
Muda, 2010.
Sunyoto, Pendidikan karakter dalam Prespektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNYPress. 2011.
Supono, Panduan Praktis Buku Pramuka Siaga-Penggalang Penegak-Pandega, Yogyakarta: Pustaka Mahardika, 2012.
Tim Penelitian program DPP Bakat Minat dan Ketrampilan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Aura Pustaka, 2012.
Tim Pusdiklatnas, Kursus Mahir Dasar Untuk Pembina Pramuka, Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2011.
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana, 2010.
Widodo HS, Agus, Ramuan Lengkap Bagi Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pembina Pramuka, Yogyakarta: Kwartir Daerah XII DIY, 2003.
Wiyani, Novan Ardy, Pendidikan Karakter dan Kepramukaan, Yogyakarta:
Citra Aji Parama, 2012.
Undang-Undang Tahun 2010 Nomor 12 Tentang Gerakan Pramuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.