Pendidikan Karakter Pada Materi PAI Dalam Pembentukan Manusia Berkualitas
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9054Keywords:
karakter, PAl, manusia berkualitasAbstract
Visi Pendidikan nasional diorientasikan pada terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa guna memberdayakan semua warga negara Indonesia. Diharapkan manusia Indonesia berkembang dan berkualitas sehingga mampu menjawab tantang zaman yang telah semakin maju. Di era globalisasi ini telah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi yang berada di tengah-tengah derasnya arus informasi yang sedemikian bebas. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi, peran guru dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mengantarkan generasi muda yang berkarakter kebangsaan. Agenda terpenting dalam konteks pembinaan karakter bangsa adalah adanya reformasi kolektifterhadap komponen-komponen bangsa untuk sanggup melakukan pergantian atau changes setelah menjalani setiap proses pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah, A., Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial. Dalam Usa, M. & Widjan, A. (Eds), Perspektif "Ink and Macth" Lembaga Pendidikan Tinggi Tenaga Kependidikan Agama Islam, Rekonstruksi Atas Tinjauan Metodologis Pembudayaa Nilai Keagamaan, Yogyakarta: Aditya & FAI. UII, 1997.
Azra, A., Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru,
Jakarta: Logos, 1992.
Baidhawy, Z., Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.
Blornrn, B.S., Taxonomi of Educational Objectives: Cognitive Domain, New York: David Mc. Kay, 1964.
Daradjat, Z., Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1993.
Depag, Pedoman Umum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2003.
Fadjar, M., Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.
Joseph Zins, et.al, Emotional Intelligence and School Success, London, 2001.
Marvin Berkowitz. buletin, Character Educator, yang diterbitkan oleh Character Education Partnership. University of Missouri- St. Louis.
Nurokhim Bambang, "Membangun Karakter dan Watak Bangsa Melalui Pendidikan Mutlak Diperlukan", 2009.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendiknas, Standar lsi dan Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
Porter Michael, Daya Saing sebuah Bangsa (The Competitiveness of A Nation), 1999.
Rahmat Efendi, "Peran Pemerintah dalam Penyediaan Fasilitas untuk
Membangun Karakter Bangsa", 2009.
Suparno, P, et.al, Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
Tilaar, H.A.R., Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2002.
Tilaar, H.A.R., Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2002.
Yaqin, A., Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural Understanding Demokrasi. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Zamroni, Pendidik untuk Demokrasi: Tantangan Menuju Civil Society, Jogjakarta: Bigraf Publishing, 2001.
Zuhairini, et.al, Metodik Khusus PendidikanAgama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.