Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Dan Model Pembelajaran MID (Meaningful Instruksional Design) Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Ditinjau Dari Kreatifitas Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri Sekecamatan Balerejo
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9069Keywords:
Writing Skills, MID Models, Circuit Learning ModelsAbstract
Proses pembelajaran yang berlangsung dalam bentuk belajar mengajar melibatkan dua pihak antara guru dan siswa yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam Pembelajaran keterampilan bahasa terdapat empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling sulit. Keterampilan Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Pembudayaan menuangkan gagasan atau ide siswa dalam bentuk tulisan dapat dikembangkan melalui pendidikan. Namun, sayang pembiasaan ini belum ditanggapi dengan serius dalam sistem pendidikan, sehingga budaya menulis pada kalangan siswa masih rendah dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk melaksanakan menulis cerita. Maka untuk mengatasi kesulitan tersebut menggunakan model pembelajaran MID (Meaningfull instructional Design) dan model pembelajaran Circuit Learning. Penggunanaan model pembelajaran MID (Meaningfull instructional Design).
Downloads
References
Achmadi, Muchsin, Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependudukan, 1988.
Aris Shoimin, 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta, 2013.
Alwaisilah, Chaedar, Pengajaran Bahasa Komunikatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1996.
Ghazali, Syukur, Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa Kedua, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependudukan, 2000.
Hardjono, Sartinah, Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra, Jakarta: Dekdikbud, 1988.
Munandar. U., Kreativitas dan Keterbakatan.Strategi mewujudkan potensi kreatifitas dan Bakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
------------------, Psikolog belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2009.
Utami Munadar, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia Widia Sarana, 2002.
Raimes A, Techniques in teaching writing, Oxford: oxford university press, 1983.
Slameto, Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dan Cara Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1989.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.